Kamis, 28 Juli 2016

Pentingnya Membangun Jaringan Dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis kata jaringan tentu sudah tidak asing lagi. Jaringan dan bisnis seakan seperti dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Seorang wirausaha tidak dapat hidup dan menjalankan bisnisnya sendirian. Selalu ada keterkaitan dengan pihak luar sebagai pelanggan, pemasok dan perantara. Oleh karena itu jaringan dalam kegiatan bisnis sangat menentukan masa depan bisnis itu sendiri. Kelihaian seorang wirausaha dalam membangun jaringannya akan sangat berpengaruh.


Gambar1. Membangun jaringan dalam bisnis

Jaringan sendiri di beda bedakan menjadi beberapa macam di antaranya:
  1. Jaringan produksi
  2. Jaringan pelayanan
  3. Jaringan pemasaran
  4. Jaringan kerjasama
  5. Jaringan antar kelompok usaha, swasta,dan BUMN.

Sangat mustahil bagi seorang wirausaha dapat menjalankan bisnisnya sendiri tanpa adanya jaringan. syarat penting bagi seorang wirausaha untuk memulai segala sesuatunya dalam menjalankan usaha adalah jaringan kerja

Berikut hal hal yang bisa anda lakukan untuk membangun jaringan kerja:

  1. Memiliki rasa percaya diri

    Rasa percaya diri sangat penting dalam membangun jaringan. Saat memasuki dunia bisnis kita akan dihadapkan dengan berbagi lingkungan baru, serta banyak orang orang baru. Nah, pada saat inilah kemampuan seorang wirausaha benar benar diasah karena pada tahap ini seorang wirausaha dituntut untuk mampu meraup atau mencari orang- orang di sekitarnya agar berminat bergabung dengan usahanya. Tanpa rasa percaya diri yang tinggi seorang wirausaha tidak mungkin dapat membangun jaringan yang kuat. Dan pada kenyataanya banyak wirausaha yang gugur pada tahap ini membangun jaringan

  2. Berusahalah seakrab dan seramah mungkin kepada orang orang sekitar

    Sikap santun, peduli terhadap orang lain hal hal ini memang diajarkan saat kita masih sekolah namun memang hanya sebatas teori, dan dalam kehidupan nyata kita harus mampu mempraktekannya. Sikap sikap di atas sangat penting dalam membangun jaringan sikap ramah dan cepat akrab memberi nilai plus anda di mata masyarakat. Anda dapat disegani masyarakat dengan sifat sifat sederhana tersebut. Dengan nilai plus yang anda miliki akan sangat mudah bagi anda merangkul orang – orang sekitar untuk bergabung di usaha yang anda miliki. Jadi sekarang saatnya anda berpikir sudahkan anda melaksanakan kedua sikap sederhana itu.

  3. Menggunakan media sosial

    Perubahan zaman terutama di bidang komunikasi sangat menguntungkan bagi mereka yang mau memanfaatkannya. Seperti Instagram, Twitter, facebook, path, dan lain sebagainya. Akhir-akhir ini twitter banyak dimanfaatkan oleh mereka yang sedang membangun jaringan bisnis. Di sinilah, orang bisa mengetahui dan menemukan siapa yang paling tinggi kedudukannya dalam jenis bisnis anda. Dengan cara membuat sebuah daftar dan mengikuti hastag khusus.

  4. Lakukan team work

    Bisnis adalah sebuah kepercayaan. Dalam berbisnis sangat erat kaitannya dengan gotong royong. Berusahalah membentuk tim yang solid. Menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan para anggota. Di era internet seperti sekarang buatlah blog atau website bisnis sendiri untuk berkomunikasi dan mempromosikan barang atau jasa yang anda miliki.

  5. Berikan motivasi dan bangunlah impian jaringan anda

    Bangunlah mimpi anda bersama-sama, mempunyai tujuan dan cita-cita yang sama kan mempermudah anda mencapai apa yang anda serta jaringan anda inginkan, sebagai pemimpin anda harus mampu merangkul semua orang yang bergabung di jaringan anda memberikan motivasi. Serta membantu anggota yang sedang mengalami kesusahan.

Tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini, meskipun kelihatannya sangat sulit membangun jaringan dalam bisnis. Namun, dengan usaha, semangat, dan tekad yang kuat anda pasti mampu membangun sebuah jaringan yang solid dengan masa depan perusahaan yang bersinar terang.

Oleh : Lintang Rahmawati

Referensi gambar:
1. http://mebiso.com/5-cara-untuk-membangun-jaringan-bisnis-dengan-mudah/


Related Posts :