Rabu, 27 Juli 2016

Scottish Fold, Si Kucing Berwajah ‘Burung Hantu’ Dari Skotlandia

Bila berbicara tentang kucing Scottish Fold agaknya asing terdengar bagi kalangan masyarakat secara umum akan tetapi bagi para pencinta kucing hias nama kucing tersebut tentu sudah begitu familiar. Ya, kucing Scottish Fold adalah salah satu dari sekian banyak kucing hias peliharaan yang paling banyak digandrungi oleh para pecinta kucing hias. Disamping itu kucing Scottish Fold juga dikatakan mirip dengan burung hantu yang sama-sama memiliki bentuk kepala yang bulat serta telinganya yang tampak melipat.

Disebutkan bahwa kucing Scottish Fold merupakan kucing impor yang berasal dari Skotlandia dan telah didaftarkan di Governing Council of the Cat Fancy (GCCF) di Inggris untuk mendapatkan izin dalam mengembangbiakkannya pada tahun 1966. Selanjutnya di Indonesia, ras kucing Scottish Fold ramai diperbincangkan pada tahun 2007 dan selanjutnya dicoba untuk mengembangbiakkannya sendiri agar tidak perlu lagi melakukan pembelian kucing dari luar negeri. Adapun di Indonesia penjual sekaligus pembudidaya kucing Scottish Fold hanya ada di beberapa tempat seperti Jakarta, Bandung, dan daerah lainnya.


Gambar 1: Kucing Scottish Fold yang telah dewasa

Berdasarkan ciri-cirinya secara umum kucing asal Skotlandia ini memiliki bulu yang lebat, ukuran tubuh yang sedang, berbadan gemuk, memiliki hidung yang pesek, ekor yang panjang dan berbulu lebat, kaki yang pendek dan gemuk, dan mempunyai ukuran mata bulat yang besar. Adapun menjadi ciri khas dari kucing Scottish Fold adalah bagian telinganya yang melipat atau menekuk ke bawah dan membuatnya tidak bisa berdiri tegak seperti telinga kucing pada umumnya. Dalam pengembangbiakan kucing Scottish Fold tidak hanya menghasilkan jenis bulu yang pendek saja tapi ada juga yang berbulu panjang. Begitu juga dengan telinganya ada juga kucing Scottish Fold yang memiliki bentuk telinga yang tegak lurus atau tidak melipat. Akan tetapi yang paling dikenal luas ialah ras kucing Scottish Fold yang bertelinga melipat atau menekuk ke bawah.


Gambar 2: Kucing Scottish Fold yang masih kecil

Begitu pula dengan karakteristik sifatnya yang cukup aktraktif saat diajak bermain oleh pemiliknya. Selain itu, kucing Scottish Fold adalah jenis kucing ramah dengan kucing atau hewan lain yang ada di dekatnya dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Ditambah juga ras kucing asal Skotlandia ini tergolong kucing yang pendiam disebabkan jarangnya ia mengeluarkan suara ‘meow’ saat bermain. Dikatakan juga, kalau kucing Scottish Fold adalah kucing cerdas yang cukup mudah diajari untuk melakukan beberapa kegiatan salah satunya seperti mandiri dalam membuang kotorannya di tempat yang telah disediakan.

Berbicara tentang harganya bahwa kucing Scottish Fold adalah jenis ras kucing peliharaan yang tergolong mahal dan mewah. Di tempat penjualan kucing yakni cattery disebutkan harga untuk tiap-tiap ekor kucing jenis Scottish Fold dibandrol mulai 10 sampai dengan 25 jutaan. Mahalnya harga kucing Scottish Fold ditentukan oleh banyak faktor yang di antaranya usia, panjang tubuh, jenis bulu, jenis telinga, jenis kelamin, dan kelengkapan surat-suratnya yang berupa sertifikat resmi. Di samping itu, yang membuat harganya mahal juga dipengaruhi oleh sulitnya dalam pengembangbiakannya. Dalam pengembangbiakannya kucing Scottish Fold hanya dibenarkan dengan mengawinkan antara yang bertelinga melipat dengan yang lurus. Ini dimaksudkan untuk menghindarkan dari gangguan genetik yang bisa menghasilkan anak kucing yang rentan terserang penyakit.

Walaupun harga kucing Scottish Fold bukanlah terbilang murah akan tetapi banyak sudah para pencinta kucing hias yang memelihara. Di samping itu, kucing Scottish Fold yang mempunyai bentuk wajah yang tampak bulat dan badan yang gemuk serta karakteristiknya yang jinak membuat kucing ini amat layak untuk dijadikan kucing peliharaan yang menggemaskan. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://ternakkucing.blogspot.co.id/2012/07/burung-hantu-yang-lucu-kucing-scotish.html
2. http://www.meongku.com/scottish-fold-kucing-istimewa-peliharaan-anda/
3. http://kucingterbaru.blogspot.com/2015/08/mengenal-lebih-dekat-kucing-scottish.html
Sumber Gambar:
1. http://www.pets4homes.co.uk/images/breeds/124/large/804cd20f25953a81bf982f982eb43a1e.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/-0QUZZETdtr8/TnO8TDqekEI/AAAAAAAAAfY/7OrgiA_LLRg/s1600/cutest%2Bkitten%2Bin%2Bthe%2Bworld%2Bscottish%2Bfold%2Bmunchkin%2Badorable%2Btiny%2Basian%2Blolcat%2Bkitty%2Bbaby%2Bi%2Bhaz%2Bflavor%2Btoo.jpg


Related Posts :