Selasa, 09 Agustus 2016

Keunikan Taman Jomblo di Kota Bandung

Mungkin jika ditanya pada para pembaca sekalian tentang Taman Jomblo yang ada di kota Bandung agaknya siapapun semuanya akan tahu tentang taman tersebut. Tapi jika ditanya mengenai Taman Pasupati yang juga di kota Bandung agaknya tidak semuanya ada yang tahu apalagi bagi mereka yang bukan warga kota Bandung. Padahal kedua nama taman tersebut adalah satu taman yang letaknya sama-sama di bawah jembatan Pasupati kota Bandung. Hanya saja masyarakat lazim mengenal sebutan Taman Pasupati tersebut sebagai Taman Jomblo yang kehadirannya sudah ada sejak tahun 2014 lalu.

Taman Jomblo yang akrab disebut-sebut oleh masyarakat selama ini dalam penamaannya dicetuskan oleh Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung yang juga turut meresmikan kehadiran taman ini bagi masyarakat umum. Penamaan Taman Pasupati sendiri yang disebut juga sebagai Taman Jomblonya kota Bandung adalah dikarenakan tempat duduk yang tersedia di taman tersebut berbentuk kubus dan hanya bisa diduduki oleh seorang saja. Selain itu letak antar bangku kubus itu pun dibuat berjarak dengan dipadupadankan dengan corak yang berwarna-warni dan ukuran bangku ada tinggi atau pula rendah.


Gambar I: Nama Taman Pasupati yang dikenal dengan Taman Jomblo

Fasilitas lainnya yang ada di Taman Pasupati atau Taman Jomblo tidak hanya diisi oleh bangku yang berbentuk kubus saja tetapi juga ada fasilitas penunjang lainnya. Adapun fasilitas lainnya yang ada di taman tersebut tersedianya internet gratis yang dapat diakses melalui jaringan wifi. Di taman itu juga terdapa bangku yang ukurannya lumayan panjag untuk bisa diduduki oleh lebih dari satu orang. Selain itu juga bagi anak muda yang hobi olahraga dengan menggunakan papan seluncur dapat menggunakan Taman Jomblo yang di bagian belakangnya sengaja dibangun taman papan selunjur (Skateboardpark). Tujuannya agar para penikmat olahraga ini tidak lagi menggunakan jalan trotoar yang dapat mengundang bahaya bagi siapapun yang melintas di sana.


Gambar II: Fasilitas Bangku yang berbentuk kubus di Taman Jomblo

Adapun sebelum Taman Jomblo dibangun oleh pemerintah kota Bandung dulunya kolong jembatan Pasupati merupakan tempat yang tidak terawat dengan baik. Kondisinya ketika itu sangat memperihatinkan yang keadaannya cukup kotor, gelap, dan juga sepi. Begitu terabaikannya kolong jembatan Pasupati yang tampak gelap dan kotor membuat tempat tersebut terlihat tampak angker saat malam menjelang. Artinya dengan dimanfaatkannya lokasi kolong jembatan Pasupati sebagai sebuah taman maka keberadaannya akan mampu menjadi tempat wisata atau sekedar kumpul-kumpul saat senja menjelang datang. Dan juga dengan diubahnya kolong jembatan Pasupati menjadi Taman Jomblo yang kondisinya sangat indah dan terawat seperti sekarang ini maka kesan angker yang dimiliki daerah tersebut seakan lenyap ditelan keramaian orang-orang yang berkunjung ke taman itu.

Kehadiran Taman Jomblo tidak hanya dikarenakan untuk memanfaatkan lahan yang tak terpakai di bawah jembatan Pasupati saja tapi dibalik itu dengan adanya taman ini dapat membuat masyarakat bisa lebih sering berinteraksi dan berkumpul bersama. Dibangunnya Taman Jomblo juga dijadikan ajang bagi masyarakat utamanya bagi kaula muda agar dapat lebih bisa berinteraksi dengan yang lainnya dan tidak hanya disibukkan oleh gadget yang dipegangnya saja. Untuk itu hadirnya Taman Jomblo juga dapat lebih mengeratkan jalinan persahabatan bagi orang-orang yang datang ke sana agar bisa mengenal satu sama lainnya.

Di samping itu juga, dinamakannya Taman Pasupati itu menjadi Taman Jomblo bukan karena taman tersebut hanya boleh dikunjungi bagi mereka yang memang menjomblo atau tidak ada pasangan. Tapi lebih kepada agar membuat orang-orang yang berkunjung ke taman itu mampu berbaur dengan pengunjung lainnya dan tidak merasa sendirian atau jomblo. Akan tetapi bagi siapapun entah itu yang udah memiliki pasangan maupun tidak dan baik itu kaula muda serta yang telah lanjut usia pun bisa berkunjung ke Taman Jomblo. Untuk bagi siapapun yang tertarik untuk mengunjungi Taman Pasupati atau juga dikenal dengan nama Taman Jomblo jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan. Agar keindahan taman yang telah menjadi ikon kota Bandung tersebut tetap terus terawat sampai kapanpun dan bisa terus dinikmati oleh semua orang. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://tempatwisatadibandung.info/taman-jomblo-bandung/
2. http://www.bintang.com/lifestyle/read/2415309/taman-jomblo-tempat-nongkrong-asyik-bagi-anak-anak-bandung
Sumber Gambar:
1. http://news.detik.com/jawabarat/2457738/ridwan-kamil-siapkan-banyak-kejutan-di-kolong-jembatan-pasupati
2. https://sebandung.com/2014/09/taman-jomblo-bandung/


Related Posts :