Rabu, 31 Agustus 2016

Mengulas Ketenaran Kucing Exotic Shorthair

Perkembangan kucing hias yang ada di Indonesia memang berasal dari masuknya kucing impor dari eropa dengan beragam bentuk dan jenis serta harga yang berbeda-beda pula. Hampir semua kucing hias yang masuk ke tanah air memiliki penggemarnya masing-masing tampak selalu ada saja orang-orang yang membeli kucing dengan ras tertentu di tempat penjualan kucing. Adapun salah satu jenis kucing hias impor yang cukup terkenal beberapa tahun terakhir ini yang tampak dari begitu banyaknya orang-orang memeliharanya adalah kucing Exotic Shorthair. Sekilas penjelasan tentang kucing Exotic Shorthair yang memiliki keturunan darah kucing persia berbulu panjang akan tetapi kucing ini tampak berbeda dengan ukuran bulunya yang pendek.

Kucing Exotic Shorthair sebenarnya bukanlah kucing persia murni melainkan hasil dari perkawinan silang dengan kucing ras asal amerika yang berbulu pendek atau American Shorthair. Adanya perkawinan kucing persia dengan American Shorthair yang dilakukan pada tahun 1950-an ternyata mampu menghasilkan anakan yang mewarisi gen dari masing-masing kedua jenis kucing hias yang berbeda tersebut tanpa mengalami kecacatan fisiknya. Di samping itu kucing hias Exotic Shorthair yang telah lama terkenal di belahan dunia eropa dan amerika mulai masuk ke Indonesia awalnya pada tahun 2005. Pada awal masuknya kucing ini ke tanah air banyak dari para penyuka kucing hias tidak terlalu menggemarinya yang dikarenakan bentuk fisiknya secara umum mirip seperti kucing kampung yang menjamur jumlahnya di setiap rumah. Akan tetapi seiring berjalannya waktu orang-orang yang menyukai kucing hias mulai melirik kucing Exotic Shorthair untuk memeliharanya.


Gambar I : Kucing Exotic Shorthair yang masih anakan

Selain dari ukuran bulunya yang tampak pendek bila dibandingkan dengan kucing persia pada umumnya. Di samping itu kucing Exotic Shorthair juga memiliki postur badan yang pendek tapi berotot. Hal ini terlihat dari ciri-ciri fisiknya yang mana pada bagian kepalanya tampak bulat dengan pipi yang tampak berisi, dahi yang besar, dan telinga yang berjarak agak berjauhan. Adapun untuk matanya berukuran lumayan besar dengan warna yang berbeda-beda tergantung dari jenis indukan yang dikawinkan. Sedangkan untuk leher dan kaki biasanya berukuran pendek akan tetapi padat atau tebal. Untuk ekornya sendiri lazimnya berukuran pendek dan tebal tapi ada juga yang berukuran lumayan panjang mirip seperti kucing persia.

Melihat sifat yang menjadi karakter dari kucing Exotic sedikit sama dengan kucing Scotish Fold yakni sama-sama gemar bermain bersama pemiliknya dan jarang sekali mengeong. Kucing Exotic Shorthair adalah tipikal kucing aktraktif yang memiliki gerakan lincah dan lebih aktif ke sana dan kemari untuk bermain dengan kucing lainnya atau pemiliknya. Di samping itu juga, kucing bertubuh gempal ini mempunyai sifat manja yang selalu ditujukannya kepada pemiliknya. Sifat manja yang ada pada sosok kucing Exotic Shorthair tampak dari tingkahnya yang selalu mengikuti kemanapun pemiliknya pergi dan juga terkadang tanpa disadari saat pemiliknya sedang istirahat maka kucing ini pun ikut merebahkan dirinya bersampingan dengan pemiliknya. Uniknya sifat yang ada pada kucing Exotic Shorthair merupakan warisan dari masing-masing kedua indukannya.


Gambar II: Kucing Exotic Shorthair yang telah dewasa

Sedangkan harga dari tiap ekor kucing Exotic Shorthair tergolong lumayan terjangkau dibandingkan dengan jenis kucing hias lainnya. Adapun harga untuk satu ekor kucing Exotic Shorthair yang dijual dari cattery resmi sekitar satu sampai lima juta rupiah tergantung dari usia, bentuk tubuh, dan kelengkapan surat berupa sertifikat resminya. Sedari itu memang disarankan agar dalam membeli kucing Exotic Shorthair sesuai dengan kriteria dan budget yang dimiliki sebaiknya dicari di cattery resmi. Tujuannya agar para pembaca sekalian bisa secara rinci mengerti tentang kucing Exotic Shorthair tanpa takut harus tertipu. Selain itu juga dengan membeli ditempat penjualan kucing ras hias yang resmi maka kita akan diajari seputar cara perawatan harian yang dibutuhkan oleh kucing Exotic Shorthair kesayangan para pembaca sekalian. Oke.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Exotic_Shorthair
2. http://www.duniaq.com/mengenal-kucing-exotic-shorthair/
3. http://www.kucingras.com/2016/02/kucing-exotic-shorthair-dan-harga.html
4. http://www.kucingkita.com/ras-kucing/exotic-shorthair
Sumber Gambar:
1. http://www.manhattan-puppies.com/kitten/short-hair-kittens/exotic-shorthair/
2. http://petcarefacts.com/blog/breeds/exotic-shorthair-cats


Related Posts :