Kamis, 11 Agustus 2016

Olahraga Jalan Kaki, Mudah dan Gratis

Berolahraga, pada dasarnya, merupakan salah satu kebutuhan manusia. Sebabnya, tanpa berolahraga, kita akan cepat merasa letih. Dan juga, biasanya tubuh akan terserang berbagai penyakit Terlebih, bila memiliki segudang aktivitas melelahkan. Bahkan, bisa juga menyebabkan kita mudah bad mood

Diantara sekian banyak olahraga, ada satu olahraga yang sangat mudah dilakukan siapapun. Dan juga, tak membutuhkan biaya yang besar. Bahkan, mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu, apakah olahraga tersebut? Olahraga tersebut yaitu jalan kaki.

Mengapa olahraga ini sangat mudah dilakukan siapapun? Sebabnya, tentu saja hanya cukup berjalan-jalan saja selama jangka waktu tertentu. Dan juga, tak ada ‘rule of the game’ seperti halnya olahraga bulu tangkis ataupun sepakbola. Lalu, mengapa olahraga ini tak membutuhkan biaya yang besar? Untuk melakukannya, kita tak terlalu membutuhkan berbagai peralatan olahraga seperti sepatu ataupun pakaian olahraga. Bahkan, hanya dengan mengenakan pakaian seadanya dan memakai sandal jepit, kita dapat berolahraga jalan kaki.

Nah, apa saja manfaatnya? Dilansir dari situs Mayoclinic (mayoclinic.org), manfaat-manfaat jalan kaki diantaranya memperkuat keseimbangan tubuh, meningkatkan mood atau suasana hati, memperkuat tulang dan otot, mencegah serangan jantung, menjaga berat badan, dan mengurangi risiko darah tinggi.


Gambar 1. Berolahraga Jalan Kaki

Terkait waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya, kita tak perlu meluangkan banyak waktu. Sebabnya, melakukan olahraga jalan kaki tak membutuhkan waktu yang lama seperti olahraga pada umumnya. Lalu, berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk melakukannya? Berdasarkan penelitian National Academy of Sport Medicine, salah satu lembaga kesehatan di Amerika Serikat, manfaat berjalan kaki akan terasa bila melakukannya selama 30 menit setiap hari. Beberapa ahli kesehatan pun menyarankan melakukannya dalam frekuensi waktu yang sama agar manfaatnya terasa.

Olahraga yang menggerakan dua kaki ini pun tak terlalu berisiko dan berbahaya, dibandingkan dengan olahraga umumnya. Bandingkan dengan olahraga lari yang sempat booming beberapa waktu yang lalu. Ketika berlari, risiko terjatuh ataupun mengalami cedera seperti cedera otot kaki lebih besar dibandingkan berolahraga jalan kaki. Terlebih, bila kurang menguasai teknik berlari.

Bandingkan juga dengan futsal, olahraga yang saat ini sangat digemari sebagian masyarakat. Ketika bermain futsal, tak tertutup kemungkinan akan mengalami cedera. Terlebih, bila kurang menguasai teknik bermain olahraga yang mirip olahraga sepakbola tersebut. Bandingkan juga dengan olahraga bersepeda yang saat ini mulai digemari sebagian masyarakat. Tak tertutup kemungkinan, terserempet kendaraan bermotor ataupun terjatuh saat mengendarainya di jalan raya.

Olahraga jalan kaki dapat menjadi pilihan bagi siapapun. Terlebih, bagi yang tak mempunyai banyak waktu untuk berolahraga. Nah, tertarik dengan olahraga ini? Bila ya, agar lebih ceria saat melakukannya, ajaklah keluarga ataupun teman-teman berolahraga jalan kaki. Agar lebih segar melakukannya, pagi hari menjadi waktu yang tepat.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://en.fbw.vn/wp-content/uploads/sites/2/2013/04/Woman-walking-3.jpg


Related Posts :