Selasa, 02 Agustus 2016

Tips Beradaptasi Dengan Lingkungan Kerja

Memasuki lingkungan kerja ibarat memasuki dunia baru. Karenanya, kita akan menemukan banyak hal baru seperti atasan baru, suasana kerja baru, ataupun rekan baru. Tentunya, agar kita dapat nyaman berada di lingkungan kerja, kemampuan beradaptasi sangat dibutuhkan. Sebabnya, bila kurang mampu beradaptasi, biasanya akan merasa kurang nyaman sehingga merasa ingin keluar dari perusahaan tempat kita bekerja. Terlebih, bagi karyawan yang masih fresh graduated atau belum berpengalaman bekerja. Untuk memudahkan kita beradaptasi dengan lingkungan kerja, terutama bagi fresh graduated, Berikut tips-tips beradaptasi dengan lingkungan kerja.


Gambar 1. Memasuki Lingkungan Kerja Ibarat Memasuki Dunia Baru

Pahami Job Desk Sebaik Mungkin

Ketika memasuki lingkungan kerja, tentunya kita akan menerima job desk. Secara mendasar, job desk yaitu deskripsi mengenai pekerjaan. Termasuk di dalamnya, kualitas pekerjaan yang mesti kita selesaikan. Nah, sebelum kita memulai bekerja, pahami job desk sebaik mungkin. Ada baiknya kita bertanya mengenai detail job desk kepada orang yang terkait seperti divisi sumber daya manusia (SDM) ataupun atasan kita. Sebabnya, menurut suatu penelitian, bila karyawan kurang memahami job desk yang diberikan kepadanya, akan berujung menjadi pemutusan hubungan kerja. Bila job desk dipahami dengan baik, sangat membantu kita beradaptasi dengan lingkungan kerja. Kita akan berusaha mengerahkan kemampuan terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan job desk.

Pahami Bagaimana Menyelesaikan Suatu Pekerjaan Secara Team Work

Menurut suatu penelitan, tantangan terbesar bagi karyawan yang memasuki lingkungan kerja baru yaitu menyesuaikan diri agar dapat menyelesaikan suatu pekerjaan secara team work. Sebabnya, dalam menyelesaikan pekerjaan secara team work, terdapat tumpang tindih. Dan juga, sangat membutuhkan komunikasi yang baik dan kerja sama yang solid. Dengan demikian, pahami sebaik mungkin bagaimana pekerjaan tersebut diselesaikan secara team work. Pahami juga ‘posisi’ kita dalam pekerjaan tersebut. Agar memudahkan kita menyelesaikan pekerjaan tersebut, sangat penting untuk membina hubungan baik dengan seluruh karyawan yang terlibat dalam pekerjaan tersebut. Tanpa adanya hubungan baik, cenderung memunculkan ketidakpercayaan.

Hindari Negatif Thinking

Tak tertutup kemungkinan, muncul hal negatif dalam benak kita saat memasuki lingkungan kerja. Misalnya, kita merasa ada seseorang yang kurang menyukai kehadiran kita. Padahal, belum tentu seseorang tersebut benar-benar demikian. Contoh lainnya, kita merasa ada seseorang yang merendahkan kita. Padahal, seseorang tersebut tak bermaksud demikian. Nah, bila kita terus diselimuti negatif thinking, tentunya akan menghambat proses adaptasi. Untuk menghindari munculnya negatif thinking, berusahalah dan tetaplah berpikir positif.

Pahami Budaya Perusahaan Sebaik Mungkin

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Pepatah yang artinya kita mesti menjunjung tinggi budaya setempat ini berlaku juga dalam lingkungan kerja. Terkait proses adaptasi, semakin baik kita mengenal budaya perusahaan maka semakin memudahkan proses adaptasi. Ada baiknya kita mempelajarinya sebelum menginjak hari pertama bekerja.

Demikian, tips-tips beradaptasi dengan lingkungan kerja. Kemampuan beradaptasi menjadi salah satu fondasi penting untuk meraih kesuksesan berkarir. Tak salah menyebutkan kemampuan ini menjadi salah satu soft skill yang mesti dimiliki. Tips-tips yang disajikan membantu kita untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1.http://1.bp.blogspot.com/-IqRaEJHMcq4/UVeHaDCQ18I/AAAAAAAAAQI/2ZhfFfemj6w/s1600/media+sosialisasi.jpg


Related Posts :