Rabu, 24 Agustus 2016

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Untuk mendapatkan pekerjaan, wawancara kerja menjadi tahapan yang mesti dilewati pelamar kerja. Setelah berhasil melewati tahapan ini, biasanya pelamar kerja dinyatakan diterima kerja. Lalu, bagaimana sebaiknya menghadapi wawancara kerja terlebih bagi para fresh graduated? Berikut tips-tips menghadapi wawancara kerja.


Gambar 1. Wawancara Kerja

  • Munculkan Kesan Pertama yang Baik
    Dalam ilmu komunikasi, kesan pertama sangat penting saat bertemu dengan orang yang baru dikenal. Sebabnya, kesan pertama cenderung menjadi landasan dalam menilai kepribadian dan integritas. Terkait wawancara kerja, munculkan kesan pertama yang baik. Misalnya, dengan tersenyum ramah dihadapan para pewawancara. Ataupun, berjalan dengan gestur tubuh yang sopan. Dengan menanamkan kesan pertama yang baik, maka memperbesar peluang berhasil melewati wawancara kerja.
  • Jawablah Pertanyaan Wawancara dengan Gaya Bahasa Lugas
    Saat menjawab pertanyaan wawancara, jawablah dengan gaya bahasa lugas. Secara mendasar, gaya bahasa lugas yaitu gaya bahasa yang tak berbelit-belit dan ‘to the point’. Nah, dengan menjawab pertanyaan wawancara secara lugas, memudahkan pewawancara mencerna jawaban sehingga memperbesar peluang lulus wawancara kerja.
  • Perluas Pengetahuan Seluk Beluk Perusahaan yang Kita Lamar
    Pelamar kerja pada umumnya kurang menyadari pentingnya pengetahuan tentang perusahaan. Begitu pun dengan sebagian besar fresh graduated yang melamar kerja, Padahal, pengetahuan ini sangat penting saat wawancara kerja. Menurut suatu penelitian, salah satu hal yang memengaruhi keberhasilan melewati wawancara kerja yaitu pengetahuan pelamar kerja mengenai seluk beluk perusahaan. Nah, untuk memperluas pengetahuan mengenai seluk perusahaan, kita dapat googling ataupun mencari artikel-artikel terkait perusahaan
  • Berusaha Menuturkan Ragam Bahasa yang Lebih Formal
    Dalam keseharian, kita memang terbiasa menuturkan ragam bahasa casual (sehari-hari). Contoh bahasa casual yang biasa kita tuturkan yaitu mengucapkan kata kerja berakhiran -in. Nah, saat wawancara kerja, sebaiknya menuturkan ragam bahasa yang lebih formal. Sebabnya, bila menuturkan ragam bahasa casual, secara psikologis cenderung memunculkan kesan ‘main-main’ dan kurang serius. Agar memudahkan menuturkan ragam bahasa formal, ada baiknya berlatih terlebih dahulu beberapa hari sebelum hari ‘h’ wawancara kerja.
  • Perhatikan Gaya Berpakaian Sedetail Mungkin
    Apakah gaya berpakaian saat wawancara pun menjadi faktor yang menentukan keberhasilan melewati wawancara kerja? Jawabannya, iya. Menurut suatu penelitian, bila terdapat banyak pelamar kerja yang menjawab pertanyaan wawancara dengan baik, gaya berpakaian menjadi aspek yang dipertimbangkan untuk memilih karyawan yang diterima kerja. Ataupun, untuk tahapan seleksi selanjutnya.

    Nah, berdasarkan penelitian tersebut, ada baiknya memperhatikan gaya berpakaian sedetail mungkin. Misalnya, memperhatikan ukuran pakaian kemeja. Bila terlihat kurang begitu ‘pas’ dengan tubuh kita, sebaiknya ganti dengan yang lebih pas. Contoh lainnya, perhatikan warna-warna yang tampak pada pakaian kita. Misalnya, bila warna dasi kurang ‘matching’ dengan warna kemeja, sebaiknya ganti dengan warna yang ‘matching’.
  • Bagi Wanita, Kenakan Pakaian Formal yang Feminim
    Bagi wanita, sangat disarankan mengenakan pakaian formal yang feminin agar berhasil melewati wawancara kerja. Lalu, mengapa? Menurut penelitian Karen Pine, seorang pakar psikologi fashion yang telah menggeluti fashion selama bertahun-tahun, peluang diterima kerja wanita yang berpakaian dengan feminim lebih besar daripada wanita yang berpakaian kurang feminim.
  • Jawablah Pertanyaan Wawancara dengan Gaya Bahasa Lugas
    Saat menjawab pertanyaan wawancara, jawablah dengan gaya bahasa lugas. Secara mendasar, gaya bahasa lugas yaitu gaya bahasa yang tak berbelit-belit dan ‘to the point’. Nah, dengan menjawab pertanyaan wawancara secara lugas, memudahkan pewawancara mencerna jawaban sehingga memperbesar peluang lulus wawancara kerja.

Demikian, tips-tips menghadapi wawancara kerja. Agar memperbesar peluang diterima kerja, tak ada salahnya menerapkan tips-tips tersebut. Semoga berhasil…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. https://img.okezone.com/content/2016/01/28/65/1299011/tips-menjawab-pertanyaan-wawancara-kerja-IMt0kv6INi.jpg


Related Posts :