Kamis, 08 September 2016

5 Karakter yang Menunjang Kesuksesan Berkarier

Setiap orang ingin meraih kesuksesan berkarier. Akan tetapi, meraihnya memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Nah, salah satu hal yang sebenarnya memengaruhi kesuksesan berkarier yaitu bagaimana karakter kita dalam dunia kerja. Lalu, seperti apa karakter yang sebaiknya kita miliki agar peluang meraih kesuksesan berkarier semakin terbuka lebar? Berikut 5 karakter yang menunjang kesuksesan berkarier.

Pertama, Positive Attitude (Perilaku yang Positif)
Nah, seperti apa perilaku yang positif itu? Contoh perilaku yang positif diantaranya tenang dalam mengambil keputusan, tak mudah mengeluh, berpikir positif, optimis dan percaya diri, tak menyalahkan orang lain atas kesalahan tertentu, dan sebagainya. Lalu, mengapa kita sebaiknya memiliki karakter ini? Dengan berperilaku positif, kita akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Misalnya, bila kita tenang dalam mengambil keputusan, akan lebih matang dalam mengambil keputusan. Sebaliknya, bila kurang tenang dalam mengambil keputusan, kemungkinan besar akan mengambil keputusan yang salah. Contoh lainnya, dengan memiliki karakter optimis, kita akan mampu mengerjakan suatu pekerjaan yang terasa sulit.

Kedua, Berkarier Tak Hanya Untuk Mendapat Gaji Saja Tetapi Juga Mencari Pengalaman
Berkarier sesungguhnya tak hanya untuk mendapatkan gaji saja. Tetapi juga, untuk mendapatkan pengalaman. Terkait kesuksesan berkarier, dengan memiliki pengalaman yang cukup, sangat membantu perjalanan karier hingga meraih kesuksesan. Sebaliknya, tanpa memiliki pengalaman yang cukup, biasanya karier akan berjalan stagnan.

Ketiga, Disiplin
Dalam dunia kerja, kita mesti menyelesaikan berbagai pekerjaan. Nah, bila kurang memiliki karakter disiplin, kemungkinan besar pekerjaan yang mesti kita selesaikan tak akan selesai tepat pada waktunya. Bahkan, bisa saja terbengkalai. Nah, bila memiliki karakter disiplin, kita akan mampu menyelesaikan seluruh pekerjaan tepat pada waktunya. Terkait kesuksesan berkarier, bila kita tak menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya, biasanya akan menurunkan integritas di mata atasan. Integritas yang kurang baik tentunya akan menghambat perjalanan karier. Misalnya, tak dipromosikan naik jabatan. Bahkan, bisa saja mengakibatkan kehilangan pekerjaan.

Keempat, Bekerja Keras
Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Inilah pepatah yang menggambarkan orang yang bekerja keras demi meraih kesuksesan berkarier. Bila terbiasa bekerja keras, walaupun tak menyukainya, peluang kesuksesan berkarier akan semakin terbuka. Sebaliknya, bila kurang terbiasa bekerja keras, peluang meraih kesuksesan berkarier akan semakin tertutup.

Kelima, Menjaga Kondisi Fisik
Tanpa kondisi fisik yang prima, perfoma kerja biasanya akan menurun. Terlebih, bila mesti menyelesaikan banyak pekerjaan. Karenanya, untuk meraih kesuksesan berkarier, sangat penting menjaga kondisi fisik di lingkungan kerja. Untuk menjaga kondisi fisik di lingkungan kerja, hal yang dapat kita lakukan diantaranya memanfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin, memperhatikan asupan gizi saat makan siang, tak melakukan aktivitas yang sebenarnya tak diperlukan, dan sebagainya.

Demikianlah, 5 karakter yang menunjang kesuksesan berkarier. Dengan memiliki karakter-karakater tersebut, peluang meraih kesuksesan berkarier akan semakin terbuka.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)


Related Posts :