Selasa, 20 September 2016

Mengenal Jepang Dari Sudut Pandang Yang Berbeda

Judul Buku : Shocking Japan, Sisi Lain Jepang yang Mengejutkan.
Penulis : Junanto Herdiawan
Penerbit : B First
Tahun Terbit: 2012
ISBN : 9786028864640


Gambar: Cover buku Shocking Japan, Sisi Lain Jepang yang Mengejutkan

Siapa orang yang ada di dunia ini tidak mengenal negara Jepang? Agaknya sulit ditemukan orang-orang yang memang sama sekali tidak pernah atau paling tidak mendengar nama negara Jepang. Yup, hal ini dikarenakan hampir semua negara yang ada tentunya pernah mencicipi produk yang dijajakan oleh negara Jepang. Di samping itu juga orang-orang yang lazimnya mengenal Jepang sebagai negara yang memiliki teknologi maju, tertib, mampu menjaga kebersihan, dan penghasil manga / komik terbanyak di dunia. Akan tetapi pernahkah kita mengetahui bahwa ternyata Jepang memiliki sesuatu yang banyak orang-orang tidak mengetahuinya.

Ya, hal inilah yang coba diungkapkan oleh Junanto Herdiawan dalam bukunya yang berjudul “Shocking Japan, Sisi Lain Jepang yang Mengejutkan”. Dalam buku tersebut penulisnya menuliskan tentang pengalamannya selama tinggal di Jepang. Pengalaman-pengalaman yang dituangkan oleh Junanto Herdiawan dalam bukunya tersebut menceritakan bagaimana tentang Jepang yang banyak orang-orang tidak mengetahuinya. Ini bisa disimak ternyata di Jepang tidak hanya ada sumo untuk orang dewasa saja melainkan anak bayi pun ada sumonya. Akan tetapi tentunya beda maksud dari sumo yang diperuntukkan bagi para bayi. Bayi-bayi yang ikut bukanlah seperti dalam bayangan akan melihat dua orang bayi saling adu fisik satu sama lainnya. Melainkan kedua bayi tersebut hanya diminta untuk menangis sekencang mungkin dengan cara bayi yang ikut sumo akan digendong oleh dua pesumo dewasa dan saling dihadap-hadapkan. Selanjutnya juri dan pesumo yang menggendong bayi itu pun akan berusaha untuk menakuti-nakuti agar bayi yang digendong tadi bisa menangis.

Selain sumo bayi yang diberi nama “Naki Sumo” juga banyak hal yang menarik lainnya diungkapkan oleh penulis buku Shocking Japan ini yang beberapa di antaranya tentang ramen halal di Tokyo, toilet bernyanyi, bir halal, makan daging kuda mentah, dan masih banyak lainnya. Membaca dari beberapa bahasan itu tentunya membuat kita semakin ingin tahu tentang Jepang yang tidak hanya dikenal dari betapa majunya teknologi yang dimiliki negara tersebut.

Buku yang diterbitkan B First ini sebenarnya memiliki banyak fungsi selain bisa menjadi petunjuk bagi sesiapapun yang ingin berlibur ke Jepang. Fungsi lain yang coba peresensi tangkap dari buku ini adalah konten yang dimuat di dalamnya mampu untuk menjadi buku pegangan bagi Anda yang ingin tinggal lama di Jepang. Kenapa demikian? Tampak dari bahasannya yang coba menjelaskan tentang bagaimana cara perilaku masyarakat di berbagai kota di Jepang, budaya yang sering mereka praktikkan, dan kuliner yang biasa mereka makan tapi jarang dikenal oleh orang-orang di luar Jepang.

Untuk itulah kenapa buku yang ditulis oleh Junanto Herdiawan ini sangat tepat untuk dibaca oleh Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang Jepang yang sebenarnya. Apalagi bila Anda berkeinginan menginjakkan kaki di tanah Jepang mungkin dengan membaca buku ini bisa sedikit membantu dalam menentukan langkah untuk memilih tempat liburan di daerah mana saja di Jepang. Di samping itu bahasa yang digunakan oleh penulis dalam bukunya ini adalah bahasa keseharian yang lazim kita dengar dan baca. Sehingga tidak mungkin bagi sesiapapun yang membaca buku Shocking Japan ini akan mengalami kesulitan dalam memahmi kata-kata yang tertuang di dalam buku tersebut.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar:
http://junantoherdiawan.com/wp-content/uploads/2012/08/378326_4389289177460_1538756722_n.jpg


Related Posts :