Selasa, 13 September 2016

Tips Menanamkan Kedisiplinan dalam Diri Kita

Salah satu hal penting yang tak bisa diabaikan untuk meraih kesuksesan berkarir yaitu disiplin. Success is nothing more than a few simple disciplines, practiced every day. Itulah quote dari Jim Rohn, salah seorang motivator asal Amerika paling berpengaruh di dunia. Lalu, bila kita merasa belum memiliki karakter disiplin, bagaimana cara menanamkan disiplin dalam diri? Untuk membantu menanamkan karakter disiplin, berikut tips-tips menanamkan kedisiplinan dalam diri kita.

Terapkan Reward and Punishment Kepada Diri Sendiri

Secara mendasar, reward and punishment yaitu adanya imbalan ataupun hukuman terhadap suatu pekerjaan yang dilakukan. Reward and punishment dapat kita terapkan untuk menanamkan sekaligus juga membiasakan kedisiplinan. Sebagai contoh penerapan reward and punishment kepada diri sendiri, ambil contoh kita menetapkan target menyelesaikan suatu hal selama dua hari. Bila berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut selama dua hari ataupun kurang, kita beri reward kepada diri kita. Misalnya, membeli makanan lezat yang tak pernah kita coba. Sedangkan bila tak berhasil menyelesaikan pekerjaan tersebut selama dua hari, kita beri punishment kepada diri kita. Misalnya, push up sebanyak seratus kali.

Membangun Disiplin dari Disiplin Melakukan Hal-Hal yang ‘Kecil’

Segala hal yang besar dapat dibangun dari hal yang kecil. Begitu pun dengan membangun kedisiplinan. Kita dapat membangun kedisiplinan dari disiplin melakukan hal-hal yang ‘kecil’. Misalnya, bangun tidur pada waktu yang sudah kita tetapkan ataupun mengerjakan hal-hal yang sudah kita catat sebelumnya. Semakin kita disiplin melakukan hal-hal yang ‘kecil’, maka akan menciptakan fondasi dalam diri untuk membangun kedisiplinan dalam hal-hal yang ‘besar’.

Jadikan Kedisiplinan Sebagai Kebutuhan Primer

Salah satu hal yang menyebabkan kurang tertananmnya kedisiplinan dalam diri yaitu tak dianggapnya kedisiplinan sebagai kebutuhan primer seperti halnya makanan pokok. Bila kedisiplinan dianggap sebagai kebutuhan primer, kita akan berusaha maksimal untuk menjaga kedisiplinan.Dengan demikian, agar kedisiplinan tumbuh dalam diri kita, anggaplah kedisiplinan sebagai kebutuhan primer.

Pahami Kembali Tujuan Kita

Hal lain yang dapat menyebabkan kurang tertanamnya kedisiplinan dalam diri yaitu kurang dipahaminya apa yang sesungguhnya menjadi tujuan. Bila memahami apa yang sesungguhnya menjadi tujuan, maka akan membuat kita berusaha maksimal dan bekerja keras untuk mendapatkannya. Karena berusaha maksimal dan bekerja keras untuk mendapatkannya, akan membangun kedisiplinan dalam diri kita. Sebagai contoh orang yang disiplin karena memiliki tujuan yang jelas, ambil seorang petinju. Bila ia ingin mengalahkan petinju lainnya, tentunya ia mesti berusaha maksimal dan bekerja keras agar mampu mengalahkannya. Karena berusaha maksimal dan bekerja keras, akan membangun disiplin. Misalnya, disiplin berlatih.

Demikian, tips-tips menanamkan kedisiplinan dalam diri kita. Karena kedisiplinan menjadi salah satu fondasi meraih kekuksesan berkarir, sangat penting untuk menanamkan kedisiplinan dalam diri kita. Nah, bila merasa belum memiliki karakter disiplin, dapat mencoba menerapkan tips-tips yang sudah diberikan. Selamat menanamkan kedisiplinan…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)


Related Posts :