Jumat, 02 September 2016

Tips-Tips Menemukan Bakat Terpendam

Setiap orang sebenarnya dianugrahi bakat oleh Sang Maha Pencipta. Akan tetapi, tak semua orang menyadari bakat yang dimilikinya. Sangat disayangkan bila seseorang memiliki bakat hebat namun ia tak menyadarinya. Nah, bila kita merasa tak memiliki bakat apapun, bagaimana agar dapat menemukan bakat yang sesungguhnya ada dalam diri kita? Berikut tips-tips menemukannya.


Gambar 1. Ilustrasi Menemukan Bakat yang Terpendam

Temukan sesuatu yang dapat dapat kita lakukan dengan mudah, namun tak dapat dilakukan orang umumnya dengan mudah

Ambil contoh, kita memiliki kemampuan bernyanyi yang baik sehingga dapat melantunkan lagu dengan sangat merdu. Karena tak semua orang dapat bernyanyi dengan baik, maka kemungkinan besar kemampuan tersebut adalah bakat kita sesungguhnya. Contoh lainnya, kita dapat melawak hingga membuat orang lain tertawa terpingkal-pingkal. Kemampuan tersebut kemungkinan besar menjadi bakat kita yang sesungguhnya. Sebabnya, tak semua mampu mampu melawak dengan baik.

Catatlah hal-hal yang kita kuasai. Lalu, pilihan satu atau beberapa yang bagi kita mudah melakukannya.

Ambillah secarik kertas. Lalu, catatlah hal-hal apa saja yang kita kuasai. Baik hal yang sering ataupun yang jarang kita lakukan. Diantara hal-hal tersebut, hal manakah yang bagi kita mudah melakukannya? Hal yang menurut kita mudah melakukannya, kemungkinan besar merupakan bakat kita yang terpendam.

Ketahui Sisi Otak Kita yang Dominan

Secara ilmiah, otak tersusun dari dua sisi. Sisi kanan berhubungan dengan aktivitas manusia yang ‘berbau’ logika. Contohnya, menghitung, bermain catur, membuat program, menganalisis, mengkalkulasi, mengukur, dan sebagainya. Sedangkan sisi kanan otak berhubungan dengan aktivitas yang ‘berbau’ seni. Contohnya, melukis, bernyanyi, menari, bermain suatu alat musik, berbicara di hadapan orang banyak, melawak, dan sebagainya. Nah, bila sisi otak yang dominan yaitu sisi kanan, maka kemungkinan besar memiliki bakat dalam bidang teknik. Bila sisi otak yang dominan yaitu sisi kiri, maka kemungkinan besar memiliki bakat bidang seni.

Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui sisi otak mana yang dominan? Menurut suatu penelitian, kita dapat mengetahuinya dari karakteristik kamar atau ruangan kerja kita. Bila kamar atau ruangan kerja cenderung berantakan, kemungkinan besar sisi otak yang dominan yaitu sisi kanan. Sebaliknya, bila cenderung tertata dengan baik, kemungkinan besar sisi kiri menjadi sisi otak yang dominan.

Bertanya Kepada Teman Dekat

Terkadang, manusia tak menyadari bahwa ia kurang mengenal dan memahami dirinya sendiri. Karenanya, tak memahami bakat yang sesungguhnya ada dalam dirinya. Bila kita merasa demikian, tak ada salahnya bertanya kepada teman dekat mengenai bakat yang kita miliki. Dengan bertanya kepada teman dekat, sangat membantu untuk menemukan bakat yang sesungguhnya.

Demikian, tips-tips menemukan bakat terpendam. Kita dapat mencoba tips-tips tersebut untuk menemukan bakat terpendam. Nah, setelah mengetahui bakat yang sesungguhnya ada dalam diri kita, tak ada salahnya giat mengasahnya. Akhir kata, selamat menemukan bakat yang terpendam…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
Gambar Milik Pribadi


Related Posts :