Senin, 31 Oktober 2016

Jebakan zona aman

Coba amati dirimu dan orang lain yang ada di sekitarmu. Apakah kamu pernah mendengar percakapan yang isinya seperti yang ada di bawah ini ?, atau bahkan kamu sendiri pernah mengalaminya.

A : “selamat ya ide kamu berhasil kamu kembangkan dengan baik, tadi pas kamu presentasi aja atasan kayaknya terkesan banget”

B : “makasih ya. Eh tapi, ide – ide kamu bagus juga lho!. Kenapa enggak di bikin laporan sekalian sama presentasi aja. Aku yakin akan ada banyak orang yang suka sama ide kamu!.”

A : “entarlah, masih belum fokus ngejar – ngejar hal – hal yang begituan. Lalu aku enggak pintar ngembangin ide. ”

B : “aku yakin kamu mampu kok, belum pernah dicoba kan?A : “iya juga sih. Tapi entarlah aku belum kepingin. Kamu aja dulu entar pasti aku dukung deh”


Gambar 1. Zona aman

Ada yang merasa kesindir?. Saya disini enggak maksud menyindir siapapun lho ya. Saya hanya menuliskan secuplik dialog kecil yang menggambarkan kehidupan dan juga karakter manusia dalam kesehariaannya yaitu suka ngeles alias menunda – nunda kesempatan. Coba bicaralah dengan dirimu sendiri coba kenalilah karakter dan kepribadian yang kamu miliki lebih dalam lagi seperti apa kamu sebenarnya?.

Apakah kamu selalu optimis menyambut tantangan baru atau kamu suka menghindar dari yang namanya tanggung jawab. Apakah kamu selalu menolak kesempatan untuk bisa berkembang dengan lebih baik.jika hal – hal di atas masih sering kamu lakukan itu tandanya kamu masih berat untuk meninggalkan zona aman anda.

Pernah mendengar kata zona aman ?.

Apa sebenarnya zona aman itu ?.

Banyak yang mengatakan bahwa zona aman adalah posisi yang cukup memuaskan kita, di posisi itu kita merasa aman, tidak mengalami tantangan, dan tidak menuntut kita belajar menghadapi masalah alias hidup yang kita jalani datar – datar saja kamu juga tidak ingin mengalami masalah yang berat selama kamu hidup. Anda hanya ingin menjalani kehidupan sesuai apa yang anda rencanakan tanpa berekspetasi lebih jauh atau menginginkan sebuah hal yang besar yang akan kamu jalani di hidup kamu. Singkatnya kamu aman dari semua ketidak nyamanan menurutmu saat itu.

Coba perhatikan lingkungan yang ada di sekitar kamu. Jika ada pemilihan ketua masjid misalnya, mana yang lebih banyak lebih banyak yang menyanggupi atau lebih banyak yang saling lempar. Kalau dilihat daris segi kemampuan banyak orang yang mampu melakukannya, tapi karena senang berada dalam zona aman maka kamu memilih untuk mati – matian menolaknyadan mengusulkan nama yang lain. Selain pemilihan ketua masjid hal yang sama juga terjadi pada pemilihan ketua organisasi, ketua rt, dsb. Semua berhak memilih di zona mana dirinya akan berada tetapi bukankah lebih baik jika kita mampu menerima kesempatan untuk berkembang menjadi orang yang lebih baik. Semua pilihan ada di tangan anda berada di zona manakah anda saat ini. Apakah anda ingin berada di zona yang lebih jauh lagi.

Oleh : Lintang Rahmawati

Refensi gambar :
1. http://aquariuslearning.co.id/keluar-dari-zona-nyaman-sebagai-kunci-sukses-mengembangkan-diri/


Related Posts :