Kamis, 17 November 2016

Bersiap Menghadapi Dunia Baru

Untuk yang sekarang baru mau masuk SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Perasaan puas yang kita dapatkan kala kita berhasil masuk ke sekolah lanjutan yang kita ingin – inginkan. Bertahun – tahun belajar mengenyam pendidikan agar bisa masuk ke sekolah lanjutan yang di idam – idamkan. Berharap agar waktu cepat berlalu sehingga bisa lebih cepat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan ketika harapan itu menjadi kenyataan senyum dan raut wajah kebahagiaan pastilah terpancar.


Gambar 1 siswa saling berekenalan

Namun, yang menjadi masalah adalah banyak siswa yang menyikapi keadaan itu dengan berlebihan baiknya kebahagiaan itu disikapi dengan arif. Jangan sampai kebahagiaan itu menjadi bumerang. Menghadapi dunia baru sebaiknya di arahkan ke kegiatan- kegiatan yang bersifat positif . Seperti mempersiapkan hati dan mental untuk menerima serta menghasilkan pendidikan yang lebih baik.berada dalam suasana baru dan teman - teman yang baru memiliki dampak positif serta dampak negatif.

Dampak positif yang dapat siswa dapatkan di antaranya mendapatkan lebih banyak teman. Memiliki teman dengan karakter dan sifat yang berbeda - beda membuat siswa berlatih untuk selalu bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Negatifnya suasana yang dulu siswa rasakan mungkin akan sangat berbeda dengan suasana yang baru. Lingkungan dengan pergaulan lebih bebas menuntut siswa untuk lebih selektif dalam bersikap. Jika siswa tidak mempunyai prinsip yang teguh siswa akan terseret ke arah kenakalan remaja seperti tawuran, pergaulan bebas, merokok, dan mabuk – mabukan.

Berikut tiga hal yang perlu di persiapkan siswa dalam menghadapi lingkungan yang baru
  1. Segeralah beradaptasi
    Siswa harus mampu secepatnya beradaptasi dengan lingkungannya. Seperti teman – teman sekelas, satu sekolah, bapak serta ibu guru yang baru. Serta semua penghuni sekolah. Ada sebuah ungkapan yang berbunyi “tak kenal maka tak sayang”. Dengan mengenal dan dikenalnya semua penghuni sekolah. Komunikasi akan terjalin akrab seperti layaknya keluarga besar.
  2. Siapkan semangat belajar baru
    Pelajaran dan materi di sekolah yang baru tentu akan lebih sulit dibandingkan jenjang yang ada di bawahnya. Kesempatan yang didapatkan siswa untuk belajar lebih banyak materi harus dipelajari siswa dengan penuh suka cita. Jika dulu siswa masih sering malu – malu ketika akan bertanya kepada guru tentang materi yang belum jelas baiknya siswa menghilangkan rasa malu itu sekarang. Gunakanlah waktu luang untuk kegiatan – kegiatan yang bersifat positif. Berkunjunglah ke perpustakaan karena buku merupakan gudang ilmu. Rajin membaca adalah kunci menguasai semua materi yang ada.
  3. Berhati – hatilah dalam berteman
    Teman dan lingkungan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi masa depan siswa. Anak yang dulunya biasa – biasa saja bisa saja karena pengaruh lingkungan dan teman anak tersebut menjadi nakal. Salam memilih teman dapat berakibat buruk. Sebaiknya pilihlah teman yang mempunyai sifat terpuji, rajin belajar, dan berpenampilan sederhana.

Menghadapi dunia baru harus diimbangi dengan peneguhan prinsip hidup agar siswa tak mudah terjerumus ke hal – hal yang bersifat negatif.

Oleh: Lintang Rahmawati

Referensi gambar: https://espadax2.wordpress.com/2010/08/23/10s-in-espada-10s-ciri-ganesha-purbalingga/


Related Posts :