Senin, 07 November 2016

Bijak Menanggapi Instannya Keadaan

Dewasa ini kehidupan manusia seolah tidak dapat dipisahkan dari yang namanya internet. Internet memang memberikan banyak kemudahan bagi manusia. Semua terasa sangat mudah dilakukan dengan adanya internet. Adanya internet juga berpengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Bayangkan saja saat ini kita dengan mudah mengirim pesan kepada orang yang jaraknya ber mil- mil dari tempat kita berada saat ini hal itu dapat terjadi dengan bantuan smartphone yang kita miliki.


Gambar 1. Potret kehidupan generasi sekarang

Internet juga menyediakan berbagai layanan informasi dan komunikasi atau yang biasa di sebut sosial media. Sosial media itu sendiri menyediakan berbagai aplikasi komunikasi sebut saja twitter, facebook, path, instagram, bbm (blackberry massager), whatsapp, dan lain sebagainya.adanya internet memudahkan kita bertatap muka dengan orang yang berada di berbagai benua di dunia ini kita bisa sharing dan mengobrol layaknya orang tersebut sedang berada di samping kita. Kecanggihan dan kehebatan segala teknologi yang ada di internet memang tak perlu diperdebatkan lagi. Bahkan seorang ahli sdm menuliskan bahwa generasi sekarang adalah generasi singa yang mengembik. Generasi yang di besarkan dengan adanya kemudahan kemudahan yang sudah sangat instan. Mereka besar oleh didikan orang tua yang sudah mapan secara ekonomi dan tidak perlu bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain berbagai contoh kemudahan yang dirasakan dengan adanya internet yang sudah saya sebutkan di atas ada beberapa hal yang perlu anda tahu betapa instannya keadaan saat ini.

Zaman dahulu, bila seseorang ingin belajar misalnya mengaji. Orang tersebut harus berjalan jauh menuju rumah sang ustaz. Dia harus melewati bukit, jalanan terjal, dan berbagi rintangan yang menghadang. Meskipun begitu terkadang orang tersebut tidak mendapati sang ustaz berada di rumah karena sang ustaz sedang berpergian. Akhirnya, perjalanan harus kandas dan tidak bisa belajar mengaji bersama ustaz yang ia impikan.

Kalau sekarang ?, enggak usah ditanya dia hanya tinggal klik alamat page ustaz tersebut. Di situ sudah terdapat rekaman kajian sang ustaz. Sudah ada artikel yang ditulis sang ustaz. Dan bahkan sudah ada video kajian dari sang ustaz itu di banyak tempat, instan memang itu kata yang tepat untuk menggambarkan keadaan saat ini.

Walaupun hal ini menyediakan berbagi kemudahan namun, di sisi lain juga memunculkan sebuah fenomena baru, yaitu fenomena kemalasan. Generasi ini akhirnya malas untuk mendapatkan sesuatu yang sifatnya penuh perjuangan. Mereka sudah terlanjur terbiasa dengan kemudahan – kemudahan teknologi yang tersedia. Mungkin suatu saat nanti, soal – soal yang menggunakan daya pikiran akan terganti dengan teknologi yang perkembanganya tidak dapat di bendung lagi.

Bijaklah menanggapi instannya keadaan yang terjadi saat ini pandai- pandailah dalam memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang benar, mana yang harus diterima dan mana yang harus dibuang.

Oleh: Lintang Rahmawati

Referensi gambar:
1. http://chip.co.id/news/op-ed-from_the_magazine/7424/generasi_digital


Related Posts :