Rabu, 23 November 2016

Bijak Menanggapi Kritik Dan Saran

Dalam kehidupan masyarakat kita tidak bisa di lepaskan dari yang namanya kritik dan saran. Kritik yang dimaksud di sini adalah kritik yang bersifat membangun bukan kritik yang bersifat menjatuhkan orang – perorangan maupun kelompok. Kritik biasanya di sertai dengan saran. Sekarang jelas bahwa kritik berbeda dengan yang namanya ejekan.



Gambar 1. Bijak menaggapi kritik dan saran

Namun, dewasa ini tidak semua orang bisa menerima kritik yang di sampaikan orang lain terhadap diri maupun kelompoknya. Banyak manfaat yang di dapat ketika kita mau mendengarkan kritik yang di sampaikan orang lain. Hal ini di sebabkan apa yang kita lihat atau pikirkan mungkin tidaklah sama dengan apa yang dilihat dan di pikirkan orang lain.

  1. Sebagai sarana introspeksi diri
    Yang namanya manusia pasti tak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Sayangnya kita kadang tidak sadar dengan kesalahan yang kita lakukan. Di saat inilah saran dari orang lain akan sangat berguna. Jangan mudah tersinggung dengan apa yang orang lain katakan. Sebagian dari mereka berkata sesuai dengan apa yang mereka lihat. Untuk itu gunakanlah kritik mereka yang kadang nyelekit di hati sebagai sarana introspeksi diri supaya kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi.
  2. Menambah masukan masukan baru yang belum pernah terpikir sebelumnya
    Masukan – masukan ini menjadi sangat penting jika dalam usaha yang anda dirikan anda kekurangan ide segar yang membuat usaha anda sama sekali tidak kreatif. Berbagai macam saran yang anda dengar dapat anda kembangkan menjadi sebuah ide kreatif untuk perusahaan anda
  3. Menandakan bahwa orang lain masih peduli dengan kita
    Terkadang ketika kita menerima kritik dari orang lain kita menganggap bahwa orang itu sedang mengejek kegagalan kita. Jika anda berpikir demikian lebih baik jernihkan pikiran anda sekarang. Kritikan yang kita terima menandakan bahwa orang tersebut masih peduli dengan kita dan ingin kita menjadi orang yang lebih baik. Seperti sebuah kutipan yang berbunyi “yang lebih menyakitkan bukanlah sebuah ejekan, kritikan atau sindiran yang lebih menyakitkan adalah didiamkan tidak di tegur tidak disapa dianggap tidak ada”.
  4. Membuat kita/ usaha yang kita lakukan menjadi lebih baik
    Jika kita mampu secara bijak menyaring berbagai kritik dan saran yang kita dengarkan dan menerapkannya dalam usaha dan kehidupan kita. Bukan sebuah rahasia lagi jika anda akan menjadi orang yang lebih baik dalam kepribadian maupun usaha yang anda lakukan. Meskipun banyak hikmah yang di dapat dengan mendengarkan kritik dan saran yang di sampaikan orang lain. Tapi, jangan semua saran anda terima. Pikirkan untuk menjadi diri sendiri. Selain itu, tidak semua orang tau apa yang sebenarnya terjadi pada diri dan usaha anda. Tetaplah menerima kritik dan saran yang sesuai dengan keadaan anda sesungguhnya.

Oleh: Lintang Rahmawati

Referensi gambar:
1. http://id.wikihow.com/Menyampaikan-Kritik-yang-Membangun


Related Posts :