Senin, 14 November 2016

Lawan Rasa Kantuk Saat Jam Pelajaran

Mengantuk merupakan sinyal alami tubuh yang menandakan bahwa tubuh kelelahan, otak kekurangan oksigen, dan suasana terlalu membosankan atau yang lainnya.

D:\Anti_Ngantuk_di_Kelas.jpg
Gambar 1. Tertidur saat jam pelajaran.

Namun mengantuk saat jam pelajaran tentu akan sangat mengganggu terlebih jika guru sedang menjelaskan materi yang penting kita malah mengantuk. Mengantuk saat jam pelajaran tentu akan sangat mengganggu. Mengantuk saat jam pelajaran membuat kita berada di dalam dilema besar kalau mau tidur (nurunin kepala di meja) ketahuan guru urusanya bisa panjang mulai dari disindir, diomelin dan dimarahi, selain dimarahi guru. Kita juga bakalan rugi sendiri. Kalau seharusnya kita bisa memahami materi tapi karena mengantuk kita jadi enggak paham akibatnya kita memerlukan jam tambahan atau les untuk mengejar ketertinggalan materi yang tentunya tidak gratis.

Menurut survei lebih dari separuh siswa yang ada di kelas mengalami masalah yang sama yaitu mengantuk saat jam – jam pelajaran. Untuk mengatasi masalah di atas ada baiknya anda mencoba menerapkan tips – tips berikut :
  1. tidur lebih awal. Bagi yang suka begadang nonton tv, main game, nonton bola dan lain sebagainya. Kurangi atau bahkan tinggalkan kebiasaan tersebut dan tidurlah paling malam jam 10.00 minimal dalam sehari kita butuh waktu sekitar 6 – 8 jam untuk tidur, selain cukup waktu tidur. Pastikan tidur yang kita miliki adalah tidur yang berkualitas gunakan obat nyamuk bakar, kelambu atau hal lainnya yang dapat di gunakan untuk mengusir nyamuk jangan lupa, untuk selalu membersihkan dan merapikan tidur agar tidur lebih nyenyak. Waktu tidur yang cukup dan berkualitas membuat tubuh menjadi lebih segar ketika bangun tidur sehingga tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk.
  2. Sarapan pagi. Usahakan untuk selalu sarapan setiap pagi. Hal ini bertujuan supaya konsentrasi tetap terjaga. Namun, menu sarapan juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan menu sarapan juga harus memenuhi gizi seimbang. Hindari makan sarapan terlalu banyak dan terlalu manis karena hal ini dapat mengundang kantuk.
  3. Duduklah dengan tegak. Cara duduk yang salah ( terlalu membungkuk) menyebabkan otot menjadi lelah. Dikarenakan sendi – sendi harus bekerja ekstra dibandingkan kalau tubuh kita duduk secara tegak. Selain itu, otot yang lelah dapat menurunkan aliran darah ke otak sebesar 30 %.
  4. Lakukan olahraga ringan. Renggangkan otot tangan ke kanan dan ke kiri renggangkan juga otot leher. Gerakkan kaki mengayun secara bergantian dan perlahan.jika guru bertanya apa yang sedang kamu lakukan jawablah dengan jujur bahwa kamu sedang mengantuk.
  5. Latihan pernapasan. Tarik nafas dalam dalam tahan selama beberapa detik dan hembuskan secara perlahan selama 30 detik. Latihan ini bertujuan mengisi paru – paru sampai ke dasar untuk membantu kamu tetap terjaga karena saat itulah tubuh kita secara otomatis mengisi aliran darah dengan oksigen.
  6. Mengunyah permen karet.
  7. Jika masih mengantuk. Izinlah ke kamar mandi basuhlah mukamu menggunakan air hal ini dapat mengurangi rasa kantuk yang kamu rasakan.

Oleh: lintang rahmawati

Refesensi gambar :
1. http://jadiberita.com/59576/kamu-sering-merasa-mengantuk-saat-di-kelas-ikuti-tips-ini-untuk-mengatasinya.html


Related Posts :