Selasa, 15 November 2016

Malu Mengenakan Kacamata

Untuk memperjelas penglihatan sebagian orang memerlukan kaca mata sebagai alat bantu baca atau alat bantu penglihatan. Kacamata sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan, seperti penderita rabun jauh (mata plus), penderita rabun dekat (mata minus). Meskipun pemakaian kacamata bagi penderita kelainan mata di atas, masih ada beberapa orang yang malu mengenakan kacamata karena takut dianggap culun, kutu buku, kuper (kurang pergaulan), norak, dan lain sebagainya.


Gambar 1. Percaya diri mengenakan kacamata

Walaupun mereka perlu mengenakan kacamata dalam menjalani aktivitas sehari – hari. Tapi, karena malu mereka enggan mengenakan kacamata meski mereka merasa kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari –hari.

Lalu bagaimana cara menepis rasa malu ketika mengenakan kacamata ?.

Seiring dengan perkembangan zaman bentuk dan model kacamata pun bermacam-macam dan mengikuti tren mode. Kita bisa memilih mode kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah, warna kulit dan gaya khas yang kita miliki. Hal tersebut memasukan kacamata sebagai salah satu dari daftar fasion yang harus anda miliki.

Bagi kalian yang disarankan dokter untuk mengenakan kacamata, sebaiknya kacamata tersebut dipakai secara terus menerus agar mata tidak mengalami kesulitan ketika membaca atau melihat suatu objek dan semakin memperparah kondisi penglihatan (minus ataupun plus bertambah).

Pada awal menjalankan sebuah perubahan berupa perubahan penampilan secara fisik. Semua orang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri. Menyesuaikan diri atau yang sering disebut sebagai adaptasi ini tergolong menjadi dua hal yaitu adaptasi secara internal dan adaptasi secara eksternal.

Adaptasi internal yang harus dijalani semisal adanya beban yang terletak di atas hidung dan telinga. Oleh karena itu kalian harus terbiasa dengan adanya kaca mata yang duduk manis di atas hidung kalian. Adaptasi exsternal adalah reaksi dari lingkungan dan teman – teman sekolah baik itu reaksi negatif maupun reaksi positif. Teman teman anda mungkin akan bergurau atau memuji penampilan baru anda. Namun, jangan menanggapi terlalu serius tentang apa yang mereka katakan, semua itu adalah hal yang wajar.

Sebagai saran, agar kalian lebih percaya diri ketika mengenakan kaca mata. Sebaiknya pilihlah kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah yang kalian miliki. Sesuaikan juga warna kacamata dengan warna kulit anda ada baiknya anda memilih kacamata berwarna mencolok seperti pink, kuning, biru muda meski terlihat menarik namun, dalam keseharian anda mungkin akan merasa kesulitan dalam memadukan baju yang anda pakai dengan bingkai kacamata yang anda miliki. Pilihlah bingkai kacamata berwarna netral seperti hitam, coklat, abu- abu dan lain sebagainya dengan memilih bingkai kacamata berwarna netral anda akan lebih mudah menyesuaikannya dengan baju yang anda kenakan.

Yakinlah pada diri – sendiri bahwa mengenakan kacamata bukanlah sebuah aib atau kesalahan yang harus ditutupi. Kacamata yang sesuai dapat membuat penampilan anda menjadi lebih bergaya. Selanjutnya, bijaklah menanggapi jangan takut!, jangan minder!, dan jangan cemas!.

Oleh: Lintang Rahmawati

Referensi gambar:
http://lifestyle.liputan6.com/read/2069175/tips-memilih-kacamata-sesuai-bentuk-wajah


Related Posts :