Senin, 21 November 2016

Mau Ikut Bimbingan Belajar?, Jangan Sampai Salah Pilih!

Bagi kalian yang masih sekolah atau sudah lulus sekolah pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bimbingan belajar biasa disingkat bimbel. Bimbel sendiri merupakan sebuah alternatif bagi siswa yang merasa kesulitan dengan mata pelajaran yang diajarkan guru di sekolah. Namun faktanya banyak siswa pandai bahkan bisa dikatakan berprestasi. Alasannya beragam mulai dari persiapan ujian nasional, ulangan harian, ulangan kenaikan kelas, dan masih banyak lagi.

Tempat Kursus Bahasa Inggris
Gambar 1. Suasana di kelas bimbingan belajar

Dengan menjamurnya lembaga bimbingan belajar tidak sedikit para siswa bingung ke mana ia akan mendaftar bimbel. Bingung membedakan bimbel yang berkualitas dan bimbel yang abal-abal. Risiko yang ditanggung saat kita salah memilih bimbel bukanlah risiko yang enteng. Berikut adalah contoh – contoh jika kita sampai memilih bimbingan belajar.

  1. Anak akan merasa malas setiap kali akan berangkat ke tempat bimbel.
  2. Nilai yang didapat bukannya meningkat malah menurun setelah mengikuti bimbel.
  3. Buang buang waktu, waktu yang seharusnya bisa di gunakan untuk belajar harus di gunakan untuk mengikuti kelas bimbel yang sama sekali tidak berguna.dsb.

Banyakkan kerugiannya?, maka dari itu anda harus jeli sebelum memilih lembaga bimbingan belajar. Agar anda tidak menyesal di kemudian hari. Perhatikan beberapa tips berikut!,

  1. Ketahui kapasitas maksimal dari masing – masing kelas
  2. Semakin banyak siswa di suatu kelas akan berpengaruh pada konsentrasi siswa. Kelas dengan siswa sedikit akan lebih tenang di banding kelas dengan jumlah siswa yang banyak. Pilihlah bimbel dengan kapasitas maksimal 15 orang/kelas. Atau jika memungkinkan pilihlah kelas privat yang berisi 2 – 5 orang/kelas.
  3. Pastikan apa yang di ajarkan di bimbel sesuai dengan materi sekolah
    Percuma saja meluangkan waktu untuk ikut bimbel tapi apa yang di ajarkan di bimbel dan di sekolah berbeda 180o. Banyak bimbingan belajar yang mengajarkan materi yang tidak sesuai dengan kurikulum sekolah
  4. Usahakan agar teman di tempat bimbel tidak sama dengan teman sekolah
    hal ini bertujuan agar siswa lebih memperhatikan guru dan tidak tertarik untuk ngerumpi dengan teman Karena mereka tidak kenal akrab, selain itu, trik ini juga membantu siswa agar mereka tidak jenuh dengan teman yang itu – itu saja dengan begitu secara tidak langsung siswa juga berlatih berinteraksi dengan sesama manusia.
  5. Pastikan ruang kelasnya nyaman
    Agar siswa kerasan di dalam kelas pilihlah bimbel dengan ruang kelas yang nyaman. Usahakan bahwa kelas memiliki meja yang nyaman, papan tulis putih, serta ac
  6. Jangan hanya tergiur pada nama besar (merk)
    Biasanya orang hanya tergiur pada nama besar sebuah bimbel tanpa memperhatikan jasa yang di tawarkan. Pilihlah bimbel sesuai kebutuhan siswa.

Dengan beberapa tips di atas dapat memantapkan pilihan ke mana anda akan mendaftar bimbel.

Oleh : Lintang Rahmawati

Refesensi gambar :
http://chokyboys.com/memilih-tempat-kursus-bahasa-inggris-yang-menyenangkan/


Related Posts :