Selasa, 29 November 2016

Mengenal Keanggunan Kucing Anggora Turki

Kucing Anggora Turki merupakan jenis kucing hias alami yang memiliki sejarah lumayan tua yang menandingi kucing Persia. Sesuai dengan namanya bahwa kucing Anggora Turki awal perkembangannya memang berasal dari negara Turki yang merembet masuk ke negara Eropa sejak tahun 1600-an. Di samping itu kucing Anggora Turki juga disebut sebagai nenek moyang dari kucing Maine Coon karena memiliki persamaan dari ukuran tubuh, ekor, dan bulu yang sama-sama panjang. Dalam perkembangannya kucing Anggora Turki pada tahun 1968 diakui oleh Cat Fanciers’ Association sebagai ras kucing anggora dengan warna bulu putih.

Spesies kucing Anggora Turki tergolong sebagai jenis ras kucing hias yang sempat mengalami kelangkaan pada tahun 1900-an. Hal ini dilihat dari upaya pemerintah Turki dengan melakukan pengembangbiakkan terhadap kucing berbulu panjang ini. Selain itu pada tahun 1950-an ke atas telah terjadi pengiriman kucing Anggora Turki ke berbagai negara di eropa dan amerika untuk bisa lebih dikembangbiakkan untuk menghasilkan jenis kucing Anggora Turki yang paling bagus. Sedari itu, di Indonesia kucing Anggora Turki pun banyak yang meminatinya karena penampilan fisiknya yang begitu anggun dan perilakunya yang lincah serta setia pada pemiliknya.


Gambar I: Kucing Anggora Turki yang telah dewasa

Adapun kucing Anggora Turki memiliki penampilan yang anggun tampak dari ukuran tubuhnya yang cukup panjang dan begitu pula dengan ekornya. Pada wajahnya memiliki bentuk seperti segitiga dengan bentuk hidung yang mancung dan lesung pipi yang masuk ke dalam. Untuk telinganya berukuran lumayan panjang, tegak lurus, dan lebar, serta ditutupi oleh beberapa bulu yang panjang di depan daun telinga. Kaki pada kucing Anggora Turki berukuran agak lebih panjang dibanding kucing lainnya. Sedangkan warna bulunya ada berbagai warna yang terdiri dari putih, hitam, krim, hitam asap, perpaduan hitam dan putih, biru, dan warna lainnya. Yang menjadikan kucing Anggora Turki begitu tampak anggun adalah bulu-bulu yang tumbuh sedikit lebih panjang di area leher sampai ke bagian dadanya. Di samping itu warna mata pada kucing Anggora Turki ada yang terdapat dua warna mata yang berbeda pada satu ekor kucing yakni warna kuning dan biru.


Gambar II: Sepasang anakan kucing Anggora Turki

Berbicara tentang sifatnya perlu diketahui bahwa kucing Anggora Turki merupakan jenis kucing yang cukup aktif, lincah, dan gemar bermain. Begitu aktif dan lincahnya kucing Anggora Turki saat beraktivitas membuatnya tidak pernah duduk diam terlalu lama saat sedang tidak melakukan apa-apa. Di samping itu untuk soal mendidiknya bahwa kucing Anggora Turki adalah tipikal kucing yang mudah menangkap saat diajari sesuatu oleh pemiliknya. Kucing Anggora Turki ini juga adalah tergolong hewan yang setia dengan pemiliknya. Hal ini tercermin dari sifatnya yang hanya bisa sangat jinak dengan beberapa orang dari satu keluarga yang merawatnya. Dan juga saat pemiliknya sedang terancam maka kucing berbulu panjang ini siap untuk melindunginya.

Mengulik mengenai harganya diketahui bahwa kucing Anggora Turki tergolong sebagai hewan peliharaan yang memiliki harga cukup tinggi. Untuk kucing Anggora Turki yang termasuk dalam ras asli dibandrol dengan harga sekitar 4 sampai dengan 17 juta rupiah per ekornya. Mahalnya harga untuk tiap ekor kucing Anggora Turki didasarkan berbagai hal misalnya jenis kelamin, umur, keseluruhan fisiknya, perilaku, dan juga sertifikatnya. Walaupun kucing Anggora Turki dibandrol dengan harga yang tidak murah akan tetapi dengan melihat ciri-ciri fisik dan perilakunya membuat siapapun yang membelinya tidak akan pernah merasa kecewa.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
https://id.wikipedia.org/wiki/Anggora_Turki
http://www.kucingras.com/2015/12/Jenis-Kucing-dan-Ras-Kucing-Anggora-Turki.html
Sumber Gambar:
https://www.askideas.com/30-awesome-white-turkish-angora-cat-photos-and-images/
http://www.angelfire.com/poetry/purrs/turk/colors.html


Related Posts :