Selasa, 08 November 2016

Merindukan Masa Kecil

Lihatlah kecermin!. Seberapa besar dirimu saat ini, seberapa tinggi kamu sekarang.

Jasa siapa yang telah membesarkan kamu hingga sebesar dan setinggi saat ini!. Sosok ibu adalah sosok yang sering diidentikan sebagai pahlawan. Diibaratkan seperti seorang malaikat yang mengandung, melahirkan, dan membesarkan kita dengan kasih sayangnya yang begitu tulus. Setelah ibu kita pasti teringat pada sosok kepala keluarga yaitu ayah, ayahlah yang membina, mendidik, serta membiayai hidup kita. Ayah dan ibu merupakan dua orang yang saling melengkapi sama – sama menginginkan yang terbaik untuk kita.


Gambar 1. Indahnya masa kecil.

Di saat suatu masalah besar datang dan menghampiri kita saat kita merasa tak sanggup untuk menghadapinya. Terbayanglah, bagaimana nikmatnya masa kecil di mana kita bisa hidup dengan tenang tanpa ada beban masalah yang mengganggu pikiran kita. Masa di mana kita bebas bermain dan melakukan apapun yang kita sukai. Kita ingin terbang dan kembali ke masa lalu menikmati masa indah itu untuk kedua kalinya.

Masih teringat dalam diri kita setiap tahapan tahapan usia yang kita lalui mulai dari saat kita berumur satu tahun orang tualah yang menyuapi, memandikan, dan merawat kita. Lalu apa yang kita berikan kepada orang tua saat itu, balasannya kita menangis sepanjang malam sehingga mereka tidak tidur.

Saat berumur dua tahun kita di ajari berjalan dengan penuh kesabaran dan kehati-hatian. Saat berumur tiga tahun mereka memasakkan makanan untuk kita dan kita malah menumpahkan makanan tersebut ke lantai. Saat berumur empat tahun, mereka memberikan pensil warna kepada kita dan kita malah mencorat-coret tembok menggunakan pensil warna. Saat kita berumur lima tahun mereka membelikan kita baju-baju cantik nan indah balasanya kita malah mengotori baju itu menggunakan lumpur.

Masih ingin kembali ke masa kecil bersama ilusi-ilusi menyenangkan lainnya. Tentu ingin.

Melupakan sejenak keinginan kita kembali ke masa kecil pernahkan terpikir siapakah orang yang membuat masa kecil kita begitu indah dan menyenangkan serta tak terlupakan.

Yap, orang itu tak lain dan tak bukan adalah orang tua kita.

Pernahkan kamu berpikir bagaimana mengabdikan diri kepada orang tuamu?, saat kecil kita begitu menghargai orangtua kita berjanji akan membahagiakan mereka. Namun, setelah dewasa apakah kita masih ingat dengan janji – janji kita tersebut?. Masa kecil memang menyenangkan tapi tak akan lebih menyenangkan tanpa adanya orang tua. Sangat mustahil kita dapat mengulang suatu waktu untuk kedua kalinya.

Karena keinginan kita kembali ke masa kecil membuat kita lupa akan tanggung jawab kita sebagai seseorang yang sudah dewasa. Mengenang masa lalu ataupun masa kecil sekalipun memang tidak salah. Namun, hal tersebut menjadi salah ketika kita melupakan tugas kita dan lupa berbakti kepada orang tua.

Oleh: Lintang Rahmawati

Refesensi gambar:
1. http://oankomik.blogspot.com/2015/04/masih-inget-dengan-masa-kecil-di-sore.html


Related Posts :