Jumat, 04 November 2016

Semangat hidup motivasi dan tanggung jawab

Selalu tersenyum menghadapi kerasnya kehidupan adalah salah satu wujud semangat menjalani hidup. Kehidupan adalah sebuah anugerah dari tuhan yang maha esa terhadap semua insan-Nya oleh karena itu wajib bagi kita untuk bersyukur. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mensyukuri kehidupan yang tuhan berikan salah satunya adalah tanggung jawab. Dalam hal ini Tanggung jawab mempunyai arti perbuatan yang kita lakukan selama hidup selalu mempunyai konsekuensi. Mengenai tanggung jawab, tanggung jawab dalam kehidupan ditanggung oleh masing- masing individu.


Gambar 1. Semangat menggapai cita –cita

Setiap orang pasti memiliki impian baik impian jangka panjang maupun impian jangka pendek. Semua orang berharap apa yang diimpikannnya bisa menjadi kenyataan. Namun, kalau kita hanya berharap tanpa diimbangi suatu usaha dan tanggung jawab dalam menjalaninya impian tersebut pasti enggan menghampiri kita. Nah, di saat- saat pertama kamu memulai sebuah usaha semangat kamu menggebu- gebu setelah berjalannya waktu semangatmu akan semakin lemas semakin lama semakin lemah dan akhirnya kamu melupakan usahamu itu. Di saat seperti inilah sebuah motivasi diperlukan motivasi bisa berasal dari dirimu sendiri, dari lingkungan, dan dari orang lain.

Jika kita memiliki sebuah impian besar motivasi dan tanggung jawab juga perlu kamu bangun. Mulai dari sekarang tanpa ada kata “ah, nanti saja!”

Bagaimana cara menumbuhkan motivasi yang kuat terhadap cita- cita?

  1. Luruskan niatmu. Pahamilah bahwa keinginan itu berasal dari hati kecilmu sendiri. Keinginanmu murni dari hatimu bukan karena paksaan dari orang lain dengan begitu kamu akan memiliki lebih banyak semangat untuk menggapainya.
  2. Tanamkanlah rasa tanggung jawab jauh ke dalam hatimu. Mulailah bertanya pada dirimu sendiri “siapa yang akan menanggung semua beban kehidupan dan siapa yang dimintai pertanggung jawaban atas kehidupan yang kamu jalani?.” Dirimu sendiri, bukan orangtua kita, bukan teman kita, dan bukan orang lain. Maka bersungguh sungguhlah dalam menjalani hidup karena nikmat ataupun susah kamu yang akan menanggungnya sendiri.
  3. Perbanyak membaca, bacalah artikel – artikel mengenai motivasi diri. Carilah dan pahami kisah – kisah perjuangan seseorang yang bercita – cita tinggi. Renungkan dan pahami apa yang dikorbankannnya untuk cita – citanya. Jadikan pengalaman orang orang itu sebagai pengalamanmu sendiri.

Bagaimana caranya agar cita – cita yang besar dapat diimbangi dengan usaha yang besar pula?.

Jika kamu tahu untuk apa kamu ingin sukses dan kamu sudah tahu apa yang kamu peroleh setelah kesuksesan itu. Secara otomatis kamu pasti akan mengimbanginya dengan usaha yang besar.

Bagaimana caranya mengubah kebiasaan tidak mau mendengarkan orang lain?.

Meski kamu berpikir bahwa orang yang memberi nasihat tidak mengetahui seperti apa keadaan dirimu saat ini. Namun, cobalah untuk mendengarkan orang tersebut tidak ada salahnya menampung sebanyak mungkin saran dan kritik yang diutarakan orang lain selama kamu mampu menyaringnya.

Oleh : Lintang Rahmawati

Referensi gambar :
1. http://www.slideshare.net/kristal_koe/motivasi-mencapai-citacita


Related Posts :