Rabu, 09 November 2016

Tentang tinggi badan yang harus di ketahui

Tinggi badan di bawah rata - rata tinggi badan teman teman atau orang lain pada umumnya bagi sebagian orang keadaan tersebut mungkin akan berpengaruh terhadap rasa kepercayaan diri. Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan.


Gambar 1. Mengukur tinggi badan

Genetik dalam hal ini adalah faktor dari kedua orang tua apabila orangtua memiliki tinggi badan yang bisa dikatakan tinggi kemungkinan anak mereka akan memiliki postur tubuh yang tinggi. Genetik selalu berhubungan dengan faktor ras (keturunan ). Itulah sebabnya orang “bule” dan orang arab memiliki tinggi badan yang cenderung tinggi di atas rata – rata orang asia yang umumnya memiliki postur tubuh mungil.

Faktor gizi atau asupan nutrisi yang kita dapatkan juga akan mempengaruhi tinggi badan kita. Tubuh kita senantiasa memerlukan protein terutama bagi para remaja protein sendiri berperan untuk pertumbuhan tinggi badan dan perbaikan sel –sel yang rusak. Selain protein tubuh kita juga memerlukan asupan nutrisi lainnya seperti vitamin , protein, dan zat besi. Vitamin kita peroleh dari buah dan sayur. Protein dapat diperoleh dari lauk pauk utamanya tahu dan tempe sedangkan zat besi bisa kita dapatkan dari daging merah segar dan susu.

Faktor lingkungan dalam hal ini berarti olahraga juga berperan dalam pertumbuhan tinggi badan. Olah raga berfungsi melancarkan aliran darah dan membantu proses metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik. Olah raga yang disarankan untuk menambah tinggi badan semisal berenang, berlari, basket, dan jenis olahraga aerobik.

Penambahan tinggi badan dapat terjadi apabila lempeng pertumbuhan yang terletak di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada usia pubertas dan menutup pada saat manusia sudah berumur 20 sampai 21 tahun. Pada saat inilah pertumbuhan tinggi badan seseorang berhenti.oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan pertumbuhan tinggi pada usia pubertas. Dalam upaya pemaksimalan pertumbuhan tinggi para remaja sebaiknya menjaga asupan nutrisi yang mereka konsumsi setiap hari perbanyak konsumsi makanan mengandung kalsium dan zat besi. Para remaja juga di anjurkan untuk berolahraga ringan minimal dua kali dalam seminggu.

Sedangkan bagi yang sudah dewasa alias pertumbuhan tingginya sudah berhenti dan tingginya masih tergolong pendek percaya diri saja. Syukuri dan hargai pemberian tuhan. Usahakan selalu duduk dan berjalan dengan posisi tegak (tidak membungkuk) hal ini membuat anda terlihat lebih tinggi beberapa centi meter. Bagi perempuan yang merasa kurang percaya diri dengan tinggi badan yang dimiliki mereka bisa mengenakan high heels atau sepatu hak tinggi untuk menopang penampilan mereka.

Masih enggak percaya diri juga dengan tinggi badan yang anda miliki untuk para kaum hawa memiliki postur tubuh pendek dan mungil memiliki beberapa manfaat loh.
  1. memberi kesan imut dan manis
  2. menarik perhatian kaum adam untuk selalu melindungi atau mengayomi perempuan dengan postur tubuh mungil
  3. lebih mudah dalam memilih dan mempadu – padankan pakaian.
  4. awet muda dengan penampilan anda yang imut dan mungil.

Oleh: Lintang Rahmawati

Referensi gambar:
1. http://www.klikcara.com/2015/08/cara-mengukur-tinggi-badan.html


Related Posts :