Rabu, 21 Desember 2016

Kucing Manx, Kucing Tanpa Ekor dari Inggris

Lazimnya kucing hias yang ada selama ini selalu dikenal sebagai kucing yang memiliki ekor sedang ataupun panjang. Kucing hias yang memiliki ekor panjang akan tampak terlihat anggun, lucu, dan menarik untuk jadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Akan tetapi tidak semua kucing hias harus memiliki ekor berukuran sedang ataupun panjang. Karena terdapat satu kucing hias yang perawakan fisiknya hampir serupa dengan kucing lain hanya saja yang membedakannya tidak terdapat adanya ekor di bagian belakang tubuhnya. Nama kucing tersebut adalah kucing Manx.

Kucing Manx yang dikenal sebagai kucing tanpa ekor adalah kucing hias yang keberadaannya berasal dari negara Inggris. Orang-orang mulai mengenal kucing Manx yang tidak memiliki ekor ini terjadi pada abad ke-19 dengan diketemukannya di pulau Isle of Man. Dalam pengakuannya sebagai ras kucing hias oleh lembaga-lembaga dunia seperti TICA, FIFe, dan CFA berlangsung pada tahun 1903. Selain itu kucing Manx memiliki beragam pendapat mengenai ketiadaan ekor yang ada di tubuhnya. Pada pendapat pertama dijelaskan bahwa kucing Manx yang tidak memiliki ekor dikarekan telah terjadi perubahan genetik secara alami di tempat kucing ini berasal yakni di Pulau Isle of Man. Disebutkan pula hilangnya ekor kucing Manx dikaitkan dengan bahtera kapal Nabi Nuh yang terjadi ribuan tahun lalu.


Gambar I: Anakan Kucing Manx

Adapun ciri-ciri fisik pada kucing Manx yang jelas adalah tidak adanya ekor di bagian belakang tubuhnya. Kucing Manx juga tergolong sebagai kucing hias yang berbadan gembal atau gemuk di mana beratnya bisa mencapai 5 kilogram. Bagian kepalanya tampak besar dengan memiliki bola mata yang juga lumayan besar dan bulat. Kaki pada kucing Manx memiliki panjang agak berbeda antara depan dan belakang. Pada kaki bagian belakang terlihat lebih panjang dibanding bagian depannya sehingga bahunya tampak lebih pendek dibandingkan dengan bagian belakang tubuhnya. Umumnya kucing Manx memiliki bulu yang berukuran pendek akan tetapi terdapat juga kucing Manx yang bulunya berukuran lumayan panjang. Sedangkan warna bulu kucing Manx terdiri dari beberapa macam misalnya putih, kucing kecokelatan, belang tiga, dan lainnya.


Gambar II: Kucing Manx Dewasa

Mengulik tentang karakter dari kucing Manx terbilang agak berbeda dengan kucing pada umumnya. Diketahui bahwa kucing Manx memiliki sifat yang amat penurut dengan majikannya dan mudah dilatih dengan gerakan-gerakan sederhana seperti mengambil bola yang dilemparkan, duduk, dan lainnya. Begitu mudahnya kucing Manx dilatih membuat kepintaran kucing disetarakan dengan hewan anjing yang juga tidak sulit melatihnya. Selain itu juga perawakan kucing Manx terbilang tenang atau tidak mudah usil dengan mengganggu kucing atau hewan lainnya. Kucing Manx adalah tipikal kucing yang mudah beradaptasi dengan kucing atau hewan lain yang tidak memiliki sifat agresif.

Membahas mengenai harganya diketahui bahwa kucing Manx tergolong sebagai kucing hias yang mewah. Harga untuk kucing Manx yang telah dewasa bisa dibandrol dengan harga mencapai 20 jutaan ke atas. Hal ini didasarkan dari bentuk fisik, tingkat kependekan ekornya, perilaku, umur, dan sertifikat resminya. Walaupun kucing Manx memiliki harga yang tidak murah akan tetapi dengan membaca sejarah, karakter fisik, dan perilakunya agaknya jumlah nominal semahal itu rasanya sebanding. Untuk itu dalam membeli kucing Manx sebaiknya memang mencarinya ditempat resmi seperti cattery yang bersertifikat.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.cattery.co.id/kucing-manx/
2. http://www.kucingkita.com/ras-kucing/manx
3. http://www.agrinak.com/2016/08/kucing-manx-kucing-tanpa-ekor-yang.html
Sumber Gambar:
1. http://au.catsadoptions.com/catclassifieds/index/page:17/cat-breeds:manx-cat
2. http://animalia-life.com/data_images/manx/manx6.jpg


Related Posts :