Rabu, 25 Januari 2017

Resep Aneka Jajan Pasar [Part. 1]

Jajan pasar oh jajan pasar, pesona mu tak lekang oleh waktu. Setiap ke pasar dan melewati lorong khusus jajanan pasar itu membutuhkan kekuatan iman yang kuat. Iman yang kuat untuk tidak tergoda membeli ini dan itu. Banyak pertimbangan di kepala setiap melirik kue-kue yang berjajar menggoda itu . Pertama takut tidak higienis, yang ke dua sering tertipu rasa, tampilan menarik, setelah dimakan rasanya mengecewakan. Yang ke tiga dan yang paling penting adalah boros. Maklumlah wanita, yang dicari yang murah,enak rasanya pula. Mana bisa, ada rasa ada harga,kalau mau yang enak biasanya harganya juga lebih mahal.

Kalau sudah begini cara satu-satunya yang bisa dilakukan ya kita bikin sendiri saja, kebersihan terjamin, rasa memuaskan dan yang pasti irit. Kita mulai dari jajanan pasar yang paling mudah proses pembuatannya. Biasanya di pasar berwarna-warni, terbuat dari tepung beras, bentuknya mekar. Bentuknya sama dengan bolu kukus, hanya saja bahan dasarnya berbeda, kalau bolu kukus terbuat dari terigu.

Resep Kue Mangkuk / Kue Apem


Gambar 1. Kue mangkuk

Bahan-bahan yang di butuhkan:
  1. 200 gram tepung beras
  2. 150 gram tape singkong bisa juga menggunakan tape beras
  3. 250 gram gula pasir, untuk yang menginginkan warna coklat gunakan gula jawa
  4. 50 gram tepung terigu (opsional)
  5. 1 sendok teh baking powder
  6. 1 sendok teh ragi instan
  7. Pewarna makanan sesuai selera
  8. Air secukupnya

Jika bahan sudah siap semuanya, mari kita mulai eksekusi.

Cara membuat:
  1. Siapkan wadah yang besar untuk adonan. Masukkan tepung beras, tape singkong, gula pasir, dan tepung terigu. Campur bahan menjadi satu, tuang air sedikit demi sedikit hingga terbentuk adonan encer.
  2. Jika adonan sudah jadi masukkan ragi instan, aduk-aduk lagi. Diamkan lebih kurang 1 jam. Tunggu sampai adonan berbuih.
  3. Jika sudah berbuih, aduk-aduk kembali sampai hilang buihnya. Masukkan baking powder, aduk kembali adonan hingga rata.
  4. Masukkan juga pewarna makanan, tingkat ketajaman warna bisa anda atur sesuai dengan selera. Saya tidak menggunakan pewarna, soalnya suka yang rasa gula jawa.
  5. Siapkan panci pengukus, bisa juga anda mulai menyalakan kompor tadi sewaktu mau memasukkan baking powder. Jadi ketika adonan sudah siap, air di panci pengukus juga sudah siap.
  6. Olesi mangkuk cetakan dengan minyak, bisa juga gunakan mentega. Tipis-tipis saja ya.
  7. Tuang adonan ke dalam mangkuk cetakan, jangan terlalu penuh, beri ruang untuk adonan mengembang. Kukus kurang lebih 15 menit.
  8. Jika sudah matang, keluarkan dari panci. Kue mekar nan menggoda siap disantap.

Mudah sekali bukan membuat kue mangkuk ini, saking mudahnya sampai-sampai tingkat kegagalan untuk pemula juga sangat kecil. Tunggu apalagi segera praktikkan resep ini.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://2.bp.blogspot.com/-6wJ73pheZt0/VUd680jkTfI/AAAAAAAABoU/-blzn2lViv4/s320/kue%2Bmangkok.jpg


Related Posts :