Senin, 30 Januari 2017

Resep Aneka Jajan Pasar [Part. 3]

Yang ingin saya bagikan di resep aneka jajan pasar bagian 3 ini adalah makanan yang terbuat dari beras ketan, disiram saus gula merah, termasuk dalam golongan kue basah. Ini adalah jajanan tradisional khas orang jawa. Katanya sih kalau orang jawa ya sukanya yang manis-manis, walaupun tidak semua orang jawa suka manis ya. Namun ada beberapa yang beranggapan bahwa kue ini sebenarnya adalah kue khas Betawi. Entahlah yang mana sebenarnya yang benar, saya sih hanya tau cara membuatnya saja. Asal muasalnya kurang paham. Langsung saja yuk kita praktekkin.

Resep Kue Lupis Ketan



Bahan yang dibutuhkan untuk lupisnya:
  1. 1 kilogram beras ketan
  2. 1 sendok makan air kapur sirih
  3. ½ sendok teh garam halus
  4. Daun pisang untuk membungkus lupis
  5. ½ kelapa muda tanpa kulit, diparut. (kukus kurang lebih 5 menit, tanpa dikukus juga bisa tapi akan membuat lupis cepat basi, alias tidak tahan lama)
  6. Air secukupnya untuk merebus

Bahan untuk saus gula merahnya:
  1. 250 gram gula merah
  2. 100 gram gula pasir
  3. 3 lembar daun pandan
  4. 300 ml air
  5. sejumput garam

Cara membuat:
  1. Rendam beras ketan selama 3 sampai 4 jam, setelah direndam cuci bersih, tiriskan.
  2. Taburkan garam dan air kapur sirih, aduk2 sampai rata.
  3. Ambil satu sendok munjung beras ketan, bungkus dengan daun pisang membentuk segitiga. Sematkan lidi, supaya bungkusan daun tidak lepas ketika direbus. Gunakan tusuk gigi juga bisa. Ulangi sampai bahan lupis habis terbungkus semua.
  4. Ketika anda mulai membungkus beras ketan, anda bisa memanaskan air di panci. Untuk menghemat waktu. Jadi ketika anda sudah selesai membungkus semua beras ketan, air untuk merebus juga sudah panas.
  5. Rebus beras ketan selama kurang lebih 2 jam, atau sampai matang. Kurang lebih seperti proses perebusan ketupat.
  6. Jika sudah matang, keluarkan lupis dari panci, tiriskan. Tunggu sampai dingin supaya lupis kenyal. Jika masih panas teksturnya masih agak lembek. Jika sudah dingin, gulingkan lupis di parutan kelapa.

Sambil menunggu lupis dingin kita bisa membuat cairan gulanya. Pertama yang harus anda lakukan adalah sisir gula merah, lalu simpulkan daun pandan. Siapkan panci, masukkan semua bahan untuk saus gula merahnya. Didihkan di atas kompor, tunggu sampai agak mengental. Jika sudah agak mengental, angkat. Siap untuk menyajikan lupis. Saus gula merah ini bisa dikreasikan juga loh, bisa anda tambahkan santan kental. Sausnya akan membawa sedikit rasa gurih si santan. Gunakan saja santan kemasan, lebih praktis. Atau anda ingin menambahkan aneka rasa buah di sausnya, untuk mencoba rasa baru tidak masalah dicoba. Gunakan cairan perisa buah yang banyak dijual di toko bahan kue. Banyak varian rasanya. Bagi anda yang ingin menggunakan perisa buah, gunakan gula putih saja ya,skip gula merahnya.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://www.resepharian.com/wp-content/uploads/2015/08/Resep-Kue-Lupis-Ketan-Tradisional-Asli-Nusantara.png


Related Posts :