Jumat, 06 Januari 2017

Tips Memilih Sepatu Untuk Aktivitas Sehari-Hari

Sepatu menjadi salah satu hal penting yang menunjang aktivitas kita. Nah, karena di pasaran terdapat beragam jenis sepatu, kita mesti cermat memilihnya Sebabnya, bila kurang cermat, bisa saja sepatu yang dikenakan membuat kita kurang nyaman beraktivitas. Lalu, bagaimana memilih sepatu yang dapat membuat kita lebih nyaman beraktivitas? Untuk membantu memilih sepatu yang tepat, berikut tips-tips memilih sepatu untuk aktivitas sehari-hari


Gambar 1. Sepatu

Utamakan Kenyamanan Bukan Ukuran Sepatu
Umumnya, bila orang nyaman menggunakan sepatu berukuran tertentu, akan membeli sepatu yang berukuran sama. Ambil contoh, bila orang terbiasa menggunakan sepatu berukuran 42, akan membeli sepatu yang berukuran sama. Padahal, belum tentu sepatu dengan ukuran yang sama akan nyaman dikenakan. Terlebih, bila berbeda merk. Karenanya, agar sepatu lebih nyaman dikenakan, sebaiknya cobalah kenakan terlebih dahulu sebelum membelinya. Bila nyaman, kita dapat membelinya.

Belilah Sepatu Saat Sore Hari
Ukuran sepatu yang ‘pas’ membuat lebih nyaman beraktivitas. Nah, agar mendapatkan ukuran sepatu yang ‘pas’ dengan kaki, kita sebaiknya membelli sepatu saat sore hari. Lalu, mengapa? Sebabnya, keduanya kaki biasanya lebih besar saat sore hari.

Bila Kedua Kaki Tak Simetris, Belilah Sepasang Sepatu dengan Ukuran yang Berbeda
Belum tentu kaki semua orang, bila kedua kaki dirapatkan, berbentuk simetris. Karenanya, bila kaki kita saat keduanya dirapatkan tak berbentuk simetris, membeli sepasang sepatu yang berukuran sama tentunya akan membuat kita kurang nyaman beraktivitas. Tentu saja, karena ada salah satu sepatu yang ukurannya kurang ‘pas’ dengan kaki kita. Nah, agar lebih nyaman beraktivitas, tak ada salahnya membeli sepasang sepatu dengan ukuran berbeda.

Ada Ruang Antara Ujung Jari Kaki dengan Ujung Sepatu
Saat mencoba sepatu sebelum membelinya, rasakan apakah ada ruang yang cukup antara jari kaki dengan ujung sepatu bagian dalam. Bila terdapat ruang, kita dapat membelinya. Sebaliknya, bila tak ada ruang yang cukup, kita sebaiknya tak membelinya. Lalu, mengapa? Adanya ruang yang cukup antara jari kaki dengan ujung sepatu membuat kita lebih nyaman berjalan. Sebaliknya, bila tak ada ruang, kita akan kurang nyaman berjalan.

Cermati Kekuatan Sol Sepatu
Bila sol sepatu kurang kuat ‘mencengkram’ tanah, sepatu akan mudah tergelincir. Terlebih, bila berada di atas permukaan yang kasar yang miring. Karena sepatu mudah tergelincir, bisa saja akan menyebabkan kita terjatuh. Lalu, bagaimana memilih sepatu dengan bagian sol yang kuat? Saat mencoba sepatu sebelum membelinya, cobalah untuk berjalan di atas permukaan yang kasar seperti karpet dan berjalan di bidang miring. Bila sepatu tak mudah tergelincir, baik di atas permukaan kasar ataupun di bidang miring, kita dapat membelinya.

Demikian beberapa tips memilih sepatu. Dengan mengenakan sepatu yang tepat, tentunya kita akan lebih nyaman beraktivitas.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.sharebrandshop.com/images/Adidas/NEO/10-adidas-NEO-CASUAL-MID-Mens-SUEDE-SHOE_4.jpg


Related Posts :