Jumat, 03 Februari 2017

Mengenal Ketenaran Kucing Persia Peaknose

Bagi pencinta kucing hias yang ada di seluruh dunia agaknya sudah tidak asing lagi dengan kucing Persia yang berjenis Peaknose. Ya, kucing Persia Peaknose merupakan salah satu jenis kucing persia yang banyak dipelihara oleh para pencinta kucing yang di berbagai negara termasuk Indonesia. Di samping itu yang menjadi penanda bagi kucing Persia Peaknose yang dikenal luas para pencinta kucing hias adalah bentuk hidungnya yang menjorok ke dalam atau disebut pesek.


Gambar I: Kucing Persia Peaknose Anakan

Kucing Persia Peaknose merupakan kucing impor yang dikembangbiakkan di Amerika Serikat sebagai kucing hias bermuka datar (flat face). Disebutnya kucing Persia Peaknose sebagai kucing berhidung pesek tak terlepas dari bentuk wajahnya yang bulat dan terdapat kerutan pada bagian pipi dan depannya. Kerutan wajah yang ada pada kucing Persia Peaknose mampu menghasilkan hidung yang tidak tumbuh ke depan tapi menjorok ke dalam. Ukuran panjang tubuh kucing ini terbilang sedang yang sekitar 40 cm saja dan lazimnya memiliki ekor lumayan panjang serta berbulu lebat. Kucing Persia Peaknose mempunyai tubuh yang gemuk dengan bola mata tampak bulat dan besar. Bulu-bulu yang menyelimuti tubuh kucing lucu ini terdiri dari berbagai jenis mulai bulu berukuran panjang, sedang, dan pendek.


Gambar II: Kucing Persia Peaknose Dewasa

Selain membicarakan ciri-ciri kucing Persia Peaknose perlu juga diketahui mengenai karakter sifatnya. Kucing yang memiliki raut wajah seperti orang yang sedang marah ini berkarakter sebagai kucing yang lebih suka menyendiri dan sedikit pemalas serta jarang bersuara. Dengan karakter yang seperti itu membuat kucing Persia Peaknose sangat perlu mendapatkan perhatian dari pemiliknya dengan rutin mengajaknya bermain atau menyediakan mainan kucing di tempatnya. Adanya perhatian yang rutin diberikan kepada kucing yang agak pemalas ini menjadikannya tidak mudah stres ataupun bosan.

Perlu diketahui juga bahwa kucing Persia Peaknose ini mempunyai perawatan yang agak berbeda dari kucing persia lainnya. Tubuh kucing Persia Peaknose sangat rentan terkena penyakit yang dikarenakan kondisi cuaca atau bakteri yang menempel di sela-sela bulunya. Karenanya dalam perawatan kucing berhidung pesek ini sangat penting untuk selalu membersihkan bulu-bulu dan telinganya setiap hari. Penting juga disimak dalam pemeliharaan kucing Persia Peaknose dianjurkan untuk rutin memeriksakan kesehatan ke dokter hewan dan selalu memberikannya makanan bernutrisi tinggi serta multivitamin tambahan. Tujuannya agar tubuhnya yang memang terlahir dalam kondisi lemah tidak mudah terkena penyakit yang bisa memperpendek usianya.

Tenarnya kucing Persia Peaknose di berbagai belahan negara termasuk Indonesia membuat harganya pun menjadi sangat mahal. Untuk di Indonesia harga pada tiap ekor kucing Persia Peaknose dibandrol pada kisaran harga mulai dari 3 sampai dengan 10 juta rupiah. Mahalnya harga kucing Persia Peaknose dipengaruhi dari usia, tingkat kepesekan hidungnya, jenis bulu, bentuk fisik, dan sertifikatnya. Meskipun harga kucing Persia Peaknose terkenal mahal akan tetapi dengan memperhatikan bentuknya yang sangat lucu dan menggemaskan membuat siapapun yang membelinya tidak akan merasa rugi.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://okdogi.com/2015/12/mari-mengenal-kucing-persia-peaknose/
2. https://www.satwapedia.com/alasan-kenapa-kucing-persia-peaknose-paling-diminati/
Sumber Gambar:
1. http://scontent-a.cdninstagram.com/hphotos-xaf1/t51.2885-15/914370_673234029413721_6479777_n.jpg
2. http://www.globalpetxpo.org/wp-content/uploads/2016/11/white-Persian-Cat-wallpaper-hd-1024x576.jpg


Related Posts :