Senin, 06 Februari 2017

Norwegian Forest, Jenis Kucing Hias dari Benua Eropa

Berbicara mengenai ras kucing hias yang banyak berasal dari negara-negara di Eropa dan Amerika tentunya hampir keseluruhannya merupakan kucing hasil perkawinan silang atau telah mendapatkan sentuhan tangan manusia. Akan tetapi tidak semua kucing hias selalu mendapatkan bantuan tangan manusia dalam pengembangbiakannya karena terdapat satu ras kucing hias di Benua Eropa yang asalnya murni dari alam bebas. Adapun nama ras kucing tersebut adalah kucing Norwegian Forest.


Gambar I: Kucing Norwegian Forest Anakan

Kucing Norwegian Forest merupakan jenis kucing hias yang asalnya dari Benua Eropa di bagian Utara. Sesuai namanya bahwa kucing ini dikatakan berasal dari daerah yang memiliki nama Norwey di negara Norwegia. Disebutkan pula bahwa kucing berbadan tegap ini mempunyai sejarah panjang tentang asal usul keberadaannya. Keberadaan kucing Norwegian Forest ini diinformasikan telah ada pada ribuan tahun yang lalu dengan menempati hutan sebagai tempat tinggalnya. Ada pula yang menyebutkan sejarah dari kucing ini dengan merujuk pada kisah dongeng bahwa di zaman dahulu bangsa Viking telah memelihara kucing Norwegian Forest untuk berburu dan menjaga rumah. Begitu panjangnya kisah yang dimiliki oleh kucing Norwegian Forest ini membuatnya banyak digemari bagi para pencinta kucing hias di berbagai negara di Eropa dan Amerika.


Gambar II: Kucing Norwegian Forest Dewasa

Dikatakan bahwa kucing Norwegian Forest mempunyai ciri-ciri berbadan tegap atau besar mirip seperti kucing Maine Coon. Selain berbadan tegap yang merupakan ciri khas kucing asal Eropa diketahui juga bahwa kucing ini memiliki bulu-bulu yang panjang dan lebat. Wajah kucing Norwegian Forest terbilang lumayan besar yang berpola segitiga dengan mulut yang maju ke depan. Kaki kucing ini terbilang panjang dan memiliki tulang rangka yang kuat sehingga bentuknya agak besar. Adapun berat maksimal yang bisa dicapai oleh kucing Norwegian Forest sekitar 10 kg. Lebatnya bulu yang menyelimuti seluruh tubuh kucing Norwegian Forest ini mulai dari kepala sampai ujung ekornya tak lebih mengikuti kondisi alam yang ditempatinya. Umumnya kondisi alam hutan yang menjadi habitatnya sangatlah dingin saat salju menyelimutinya. Hal ini secara tidak langsung menjadikan kucing Norwegian Forest memiliki bulu yang lebat agar tubuhnya tetap hangat dan mampu bertahan hidup di hutan.

Adapun sifat dari kucing Norwegian Forest ini dikenal sebagai kucing yang penasaran sehingga saat berada di rumah biasanya ia akan pergi menjelajahi seisi rumah yang mencurigakan baginya. Selain itu kucing Norwegian Forest juga memiliki sifat yang setia dan sayang kepada pemiliknya. Perlu disimak pula bahwa kucing ini jarang sekali mengeluarkan suaranya dan lebih banyak memilih untuk diam serta sibuk dengan kegiatannya menjelajahi rumah pemiliknya.

Keberadaan kucing Norwegian Forest yang telah dikenal sebagai kucing hias peliharaan tentunya banyak orang-orang dari berbagai negara yang menjual dan memeliharanya. Tidak diketahui secara pasti apakah kucing Norwegian Forest juga telah resmi dijual di Indonesia. Akan tetapi yang perlu disimak bahwa harga kucing ini di luar negeri dibandrol sekitar 9 jutaan. Karenanya bila Anda tertarik dengan kucing ini dan terpikir untuk memelihara cobalah mencarinya di cattery resmi yang ada di kota Anda. Terimakasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.cattery.co.id/kucing-norwegian-forest/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Norwegian_Forest
Sumber Gambar:
1. http://www.cat-breeds-encyclopedia.com/images/xNorwegian-forest-three-kittens.jpg.pagespeed.ic.UA-w_Z3S0L.jpg
2. http://www.pets4homes.co.uk/images/breeds/22/30e85b732c58820b616a04f9370a428a.jpg


Related Posts :