Selasa, 07 Februari 2017

Resep Aneka Jajan Pasar [Part. 4]

Kue Pukis Empuk nan Menggoda

Kue pukis adalah salah satu cemilan yang masuk golongan kue basah. Aroma wangi yang dikeluarkan ketika proses memasak membuat air liur tumpah. Seketika perut berbunyi ketika hidung menghirup wanginya kue ini. Tekstur kue yang lembut membuatnya banyak diminati orang, semua umur. Bahan yang diperlukan untuk membuat kue ini pun cukup mudah di dapat. Proses pembuatannya juga tidak rumit. Bisa dihidangkan pada acara besar dan juga acara kecil-kecilan, misalnya pengajian, acara keluarga, arisan, atau sekedar kumpul-kumpul bersama teman.


Gambar kue pukis dengan topping meises dan keju

Bahan yang di butuhkan:
  1. 250 gram tepung terigu, diayak supaya tidak menggumpal
  2. 200 gram gula pasir
  3. 5 butir telur ayam
  4. 250 ml santan kental
  5. 1 sendok makan ragi instan
  6. Vanili secukupnya
  7. Margarin untuk olesan cetakan pukis

Bahan untuk topping:
  1. Meises
  2. Keju parut
  3. Kacang bubuk

Cara membuat:
  1. Ambil wadah besar, masukkan gula pasir dan telur ayam, aduk dengan mixer kecepatan sedang hingga mengembang. Terus aduk sampai menjadi berwarna putih, tekstur agak kaku.
  2. Masukkan tepung terigu, vanili, dan ragi instan sedikit demi sedikit.
  3. Yang terakhir masukkan santan, aduk perlahan sampai tercampur rata. Diamkan adonan kurang lebih 30 menit, sampai berbuih.
  4. Panaskan cetakan pukis, olessi dengan margarin. Tuang adonan pukis sampai ¾ cetakan. Sebelum menuang adonan ke cetakan sebaiknya adonan di aduk-aduk terlebih dahulu.
  5. Setelah setengah matang taburkan topping yang anda inginkan, sesuai selera. Tunggu sampai matang.
  6. Setelah matang angkat dan sajikan panas-panas. Nikmati dengan segelas teh manis atau kopi.

Mudahkan cara membuatnya, ayo segera praktekkan. Kue ini merupakan salah satu kue yang bisa anda modifikasi sesuai keinginan anda. Yang paling mudah adalah melakukan modifikasi di toppingnya. Anda bisa menggunakan kismis, kurma, atau buah-buahan untuk toppingnya. Hal lain yang bisa anda lakukan untuk memodifikasi kue pukis ini adalah merubah rasa atau warna adonan. Anda biasa menambahkan pewarna makanan, atau pewarna alami. Misalkan anda menginginkan warna hijau, untuk pewarna alami anda bisa menggunakan daun pandan atau daun suji.

Jika anda menggunakan daun pandan, vanili bisa di skip saja. Potong kecil-kecil daun pandan, hancurkan menggunakan blender tambahkan dengan sedikit air. Jika sudah ambil saringan, saring dan ambil airnya, campurkan di adonan. Adonan akan terasa semakin wangi, dan yang pasti aman, sehat, karena yang digunakan bahan alami. Kreasi lain yang bisa anda lakukan adalah menambahkan perisa buah di adonan, bisa menggunakan perisa buah sesuai dengan keinginan anda. Berkreasi dengan resep makanan itu tidak ada salahnya, supaya tidak bosan. Jika terjadi kegagalan tinggal kita ulangi lagi sampai berhasil. Selamat mencoba.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://resepmedia.com/wp-content/uploads/2016/12/Gambar-Kue-Pukis.jpg


Related Posts :