Selasa, 21 Februari 2017

Resep Aneka Jajan Pasar [Part. 5]

Kue lumpur termasuk salah satu kue basah yang sering kita jumpai. Kue ini bertekstur lembut dan memiliki rasa manis-manis gurih. Kue lumpur akan terasa lebih nikmat jika tidak terlalu manis, karena rasa manis yang berlebih akan membuat penikmatnya marasa eneg, terasa penuh di perut. Dan ini menimbulkan rasa tidak nyaman di lambung, alias sedikit mual. Akan tetapi kembali lagi kepada selera masing-masing orang ya, setiap orang memiliki ukuran rasa tingkat kemanisan sendiri. Rasa manis yang berlebih juga akan mengalahkan rasa gurih yang ditimbulkan si santan, lebih tepatnya mengganggu keseimbangan rasa.

Di sini saya akan membagikan resep kue lumpur kentang originalnya. Bagi anda yang suka memodifikasi resep, bisa juga melakukannya di sini. Misalnya anda tidak menggunakan kentang, untuk mendapatkan tekstur lembutnya bisa diganti dengan susu. Ingin penampilan kue yang berbeda, tinggal tambahkan sedikit pewarna makanan. Atau anda ingin sesuatu yang berbeda pada toppingnya. Kue lumpur yang ada pada umumnya memiliki topping kismis, tapi anda bisa mengganti toppingnya dengan coklat chip atau potongan buah yang anda sukai.

Resep Kue Lumpur Kentang


Gambar 1. Kue lumpur

Bahan yang dibutuhkan:
  1. 300 gram kentang
  2. 3 butir telur ayam ukuran besar
  3. 900 ml santan kental
  4. 250 gram tepung terigu
  5. 250 gram gula pasir
  6. 250 gram margarin, cairkan terlebih dahulu
  7. 2 sachet kecil vanili
  8. Garam secukupnya
  9. Kismis secukupnya untuk topping

Cara membuat:
  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah cuci bersih dan kupas kentang, kukus sampai matang, dan haluskan.
  2. Hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah merebus santan. Panaskan santan sambil terus di aduk-aduk, jangan sampai santan pecah, masukkan garam, jika sudah mendidih angkat dan sisihkan.
  3. Jika kentang dan santan sudah dingin, blender kedua bahan tersebut sampai lembut, tercampur rata. Sisihkan.
  4. Kocok telur dan gula sampai berwarna putih, tetapi usahakan jangan sampai berbuih atau mengembang.
  5. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sampai tercampur semua. Tambahkan cairan margarin dan vanili. Aduk-aduk sampai tercampur rata.
  6. Berikutnya masukkan adonan kentang dan santan, aduk sampai kedua adonan tercampur rata.
  7. Adonan untuk kue lumpur sudah siap, saatnya memasak.
  8. Tuang adonan kue ke cetakan sampai ¾ bagian cetakan, jangan terlalu penuh karena adonan ini nanti akan mengembang. Masukkan topping saat adonan sudah setengah matang, dan jangan lupa untuk menutupnya supaya matang merata.
  9. Jika sudah matang, keluarkan dari cetakan, siap dihidangkan. Nikmati saat masih hangat.

Cukup mudah ya proses pembuatan kue lumpurnya. Kue ini sangat nikmat ketika disajikan hangat bersama dengan satu gelas teh atau kopi, dijamin anda akan ketagihan. Selamat mencoba.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://2.bp.blogspot.com/-VrftmrvC0zk/VYp2ZNUj4BI/AAAAAAAAAh4/bNJgkO2dbQM/s1600/resep%2Bcara%2Bmembuat%2Bkue%2Blumpur.jpg


Related Posts :