Senin, 27 Februari 2017

Resep Aneka Jajan Pasar [Part. 6]

Satu lagi jajanan pasar yang akan saya bagi resepnya di sini, yaitu kue lapis tepung beras. Kue lapis tepung beras masuk dalam golongan kue basah dengan rasa manis. Kue yang bertekstur kenyal ini sering kita jumpai di pasar atau toko kue tradisional dengan penampilan warna-warni nan menggoda. Dari segi bahan dan cara pembuatannya kue ini terlihat sangat sederhana, tapi jangan salah, rasa yang dihasilkan dijamin bikin ketagihan.

Kue ini bisa digunakan untuk sajian acara besar dan kecil, contohnya pesta perkawinan, arisan, pengajian, kumpul keluarga, atau bahkan disajikan saat hari lebaran. Bagi anda yang memiliki keterbatasan dalam alat pembuat kue bisa mencoba untuk membuat kue ini. Tidak memerlukan mixer dan oven, hanya cukup menggunakan panci pengukus yang biasa anda gunakan sehari-hari.

Bagi anda yang suka berkreasi dengan rasa dan tampilan juga bisa anda praktekkan di sini. Warna yang digunakan bisa menggunakan warna apa saja, tergantung pada kreasi anda. Jika anda tidak suka menggunakan pewarna instan tinggal menggunakan daun suji untuk warna hijau, atau gunakan bubuk coklat murni untuk warna coklat. Anda bisa juga menggunakan kopi sebagai penambah rasa.

Resep Kue Lapis Tepung Beras



Bahan yang dibutuhkan:
  1. 250 gram tepung beras
  2. 125 gram tepung sagu (bisa juga menggunakan tepung kanji)
  3. 1 liter santan kelapa segar
  4. 250 gram gula pasir
  5. Garam secukupnya
  6. 3 lembar daun pandan, cuci bersih, simpulkan
  7. Beberapa pewarna makanan secukupnya

Cara membuat kue lapis tepung beras:
  1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan panci, panaskan santan. Masukkan daun pandan, garam, dan gula pasir, aduk terus sampai mendidih supaya tidak pecah santannya. Sisihkan. Saring jika sudah hangat.
  2. Siapkan wadah untuk adonan, masukkan tepung beras dan tepung sagu, aduk kedua tepung supaya tercampur. Masukkan kuah santan dan gula tadi, sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  3. Jika sudah tercampur rata, silahkan bagi adonan menjadi beberapa bagian, tergantung dari jumlah pewarna yang digunakan. Beri pewarna makanan yang berbeda pada setiap adonan.
  4. Siapkan panci pengukus, sambil menunggu panci pengukus panas siapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus.
  5. Siapkan alas plastik di atas loyang, olesi plastik dengan sedikit minyak goreng. Tuang adonan pertama di atas plastik, tipis-tipis saja, kukus dahulu sekitar 5 menit sampai tekstur kue lapis terbentuk. Angkat dan tuang lapisan kedua, kukus lagi, begitu seterusnya sampai adonan habis. Kukus lagi selama kurang lebih 30 menit supaya kue lapis matang sempurna.
  6. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Potong sesuai selera, kue lapis tepung beras siap disajikan bersama minuman hangat.

Selamat mencoba, semoga anda berhasil.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://resepnyakue.com/wp-content/uploads/2015/01/rahasia-kenikmatan-resep-kue-lapis-terbaru.jpg


Related Posts :