Kamis, 23 Maret 2017

Coloring book untuk dewasa

Coloring book atau buku mewarnai identik dengan buku yang biasa digunakan anak – anak ketika bersekolah di taman kanak –kanak. Mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak – anak. Selain menyenangkan, mewarnai juga memiliki manfaat diantaranya melatih kreativitas anak. Karena ketika sedang mewarnai sebuah gambar mereka akan berpikir bagaimana menyesuaikan warna dengan gambar yang ada.


Gambar 1. Buku mewarnai dewasa

"Coloring definitely has therapeutic potential to reduce anxiety, create focus or bring [about] more mindfulness," Marygrace Berberian, a certified art therapist and the Clinical Assistant Professor and Program Coordinator for the Graduate Art Therapy Program at NYU (Source: CNN) Sejak tahun lalu adult coloring book sedang menjadi trend. Coloring book dipercaya dapat meredakan stres. Baik untuk kesehatan dan juga terapi kesehatan. Bagi orang – orang yang setiap hari disibukkan dengan urusan kantor, urusan rumah tangga dan urusan – urusan lain yang tentu menjadi beban pikiran. Mewarnai buku dianggap sebagai alternatif terbaik pengalihan stres.

Setelah duduk dan mewarnai gambar beberapa orang menganggap hal itu dapat mengurangi stres sehingga tidur menjadi lebih nyenyak dan lebih siap menghadapi esok.

Dengan merebaknya buku mewarnai khusus dewasa di pasaran ampuh tidaknya buku ini untuk mengatasi stres mulai menjadi perdebatan. Dalam promosi buku mewarnai dewasa disebutkan bahwa buku ini membantu orang dewasa mengatasi stres dan mengekspresikan diri. Mewarnai terbukti mampu membantu seseorang mencapai kehati - hatian, menghilangkan kecemasan bahkan mengatasi trauma. Beberapa buku bahkan langsung dianggap sebagai terapi seni. Namun, bukan berarti buku ini mampu bermanfaat bagi semua orang karena tidak semua orang dapat menggunakannya dengan metode yang tepat nyatanya Diperlukan metode tertentu dalam memperlakukan buku mewarnai sebagai pengalihan dari rasa stres, sehingga metode ini belum tentu cocok untuk semua orang.

Cathy Malchiodi, seorang terapis seni, mengungkapkan kepada The Guardian mengenai buku mewarnai dewasa, dikutip Selasa (17/11/2015), "Beberapa orang yakin bahwa buku mewarnai merupakan jalan menuju kedamaian dalam pikiran, cara baru meditasi, dan sejenis nirwana psikologis. Saya menemukan sebagian besar pendukung datang dari pencipta buku mewarnai itu sendiri."

Namun, menurut Malchiodi, ia menganggap tren tersebut mengecewakan. "Tahun ini, ada beberapa penelitian yang mendukung mengenai mengapa orang-orang perlu mengikuti aktivitas kreatif, yang tidak meliputi kegiatan mewarnai desain orang lain," ungkapnya, mengutip studi dari Mayo Clinic yang dirilis musim semi tahun 2015.

"Kegiatan itu meliputi penciptaan karya seni buatan sendiri. Kegiatan itu bisa membantu kesehatan mental dan fisik orang-orang," katanya. Dari pendapat – pendapat di atas dapat disimpulkan bermanfaat atau tidaknya buku ini tergantung dengan bagaimana cara seseorang memberlakukan buku ini. Dan juga tidak semua orang dewasa menganggap bahwa kegiatan mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan. Ada berbagai cara untuk menghabiskan waktu senggang, biasanya cara itu disesuaikan dengan bakat dan minat seseorang.

Oleh : Run Away
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi gambar : 1. http://www.alodita.com/2016/09/adult-coloring-book.html


Related Posts :