Jumat, 24 Maret 2017

Mandi Uap Rempah

Setelah beraktivitas seminggu penuh terkadang kita merasa badan kita remuk semua pikiran enggak karuan dan keluhan – keluhan lainnya. Pernah mendengar istilah mandi uap rempah. Rempah – rempah identik dengan bumbu masakan atau penyedap suatu masakan. Selain itu, rempah – rempah adalah Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau perisa dalam masakan. Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering. Rempah-rempah merupakan barang dagangan paling berharga pada zaman pra kolonial. Banyak rempah-rempah dulunya digunakan dalam pengobatan, tetapi sekarang ini berkurang. Kalau kita mendengar kata rempah–rempah kita juga pasti teringat dengan penjajahan. Yap, rempah–rempah merupakan salah satu alasan bangsa barat datang ke Indonesia.

Mandi uap rempah tidak hanya dapat dilakukan di tempat–tempat seperti salon kecantikan maupun sauna. Jika anda malas pergi ke tempat itu anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah berikut langkah – langkahnya.


Gambar 1. Rempah - rempah

Bahan bahan yang diperlukan
  1. Tiga jari lengkuas,
  2. Dua Batang serai,
  3. Tujuh lembar daun sirih,
  4. Tiga jari jahe,
  5. Dua buah jeruk nipis,
  6. Sepuluh senti meter kayu manis,
  7. Satu bendel kecil akar-akaran/akar wangi (larasetu, yang bisa dibeli di penjual rempah-rempah).

atau jika anda malas membeli semua bahan di atas anda bisa membeli kantung yang sudah berisi rempah – rempah lengkap (biasa dijual di pasar). Setelah menyiapkan semua bahan – bahan tersebut rebuslah semua rempah tersebut bersama air hingga mendidih.

Penggunaan 1

Untuk penggunaan yang pertama anda bisa menuangkan cairan rempah yang sudah mendidih ke dalam ember lalu berdiri atau duduklah di samping ember tersebut biarkan uapnya mengenai tubuh dan wajah anda. Sambil menikmatinya anda bisa mengusap–usap lembut badan dan wajah anda menggunakan uap itu tadi. Lakukan hal ini sampai uapnya habis. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Penggunaan 2

Sebelum memulai mandi rempah terlebih dahulu bersihkan tubuh dengan cara mandi dengan sabun seperti mandi biasanya. Lalu berendamlah pada air hangat bercampur ramuan rempah-rempah yang telah disiapkan di atas selama kurang lebih 5 menit. Apabila telah selesai maka keringkan dengan handuk tanpa kita berbilas lagi. Maka tubuh akan terasa segar, bercahaya dan harum. Perawatan mandi rempah bisa dilakukan dua kali dalam satu minggu.

Selain berguna untuk merilekskan pikiran mandi uap rempah juga memiliki berbagai manfaat diantaranya.
  1. Menghilangkan bau badan
  2. Menetralisir lemak di tubuh
  3. Melancarkan peredaran darah
  4. Uap yang dihasilkan oleh air rempah dari air yang sudah mendidih dapat membuka pori–pori kulit dan memebersihkan kotoran–kotoran yang ada di dalamnya.

Bagaimana, tertarik mencoba ?.

Oleh : Run Away
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi gambar : https://oukupkaro.wordpress.com/


Related Posts :