Selasa, 07 Maret 2017

Resep Aneka Jajan Pasar [Part. 7]

Satu lagi jajanan tradisional yang akan saya bagi resepnya di sini, yaitu serabi. Serabi ini tergolong dalam jenis kue basah. Kue serabi ini sebenarnya ada dua macam, yaitu serabi bandung yang disajikan bersama saus gula merah, sementara serabinya sendiri memiliki rasa asin dan gurih khas santan. Dan yang kedua adalah serabi solo yang akan saya bagi resepnya saat ini. Rasanya yang manis-manis gurih dengan topping aneka rasa serta tekstur kue lembut di mulut ini pantas anda jadikan cemilan pendamping ketika menikmati satu gelas minuman favorit atau dijadikan penutup hidangan. Bisa juga disajikan untuk acara-acara besar atau acara sederhana. Kunci kenikmatan kue ini terletak pada santannya, jadi usahakan untuk menggunakan santan dari kelapa langsung, bukan santan kemasan. Serabi solo memiliki aroma khas yang sangat menggoda, wangi sekali. Dijamin pasti ngeces deh kalau sudah nyium bau serabi solo. Tidak perlu panjang lebar ya, mari kita langsung cek resepnya di sini.

Resep Serabi Solo



Bahan yang dibutuhkan:
  1. 250 gram tepung beras
  2. 2 sendok tepung terigu
  3. 1 liter santan dengan kekentalan sedang
  4. 1 butir kuning telur
  5. 100 gram gula pasir
  6. ½ sendok teh baking soda
  7. ½ sendok teh fermipan
  8. 1 sachet vanili
  9. 4 lembar daun pandan, simpulkan
  10. Sejumput garam
  11. Daun pisang secukupnya
  12. Nangka, meses, pisang, atau keju untuk topping

Cara membuat:
  1. Masukkan santan dan daun pandan ke dalam panci, panaskan sampai santan mendidih. Aduk-aduk terus supaya santan tidak pecah. Jika sudah mendidih sisihkan, tunggu sampai suhu santan turun, menjadi hangat.
  2. Jika sudah didiamkan maka santan yang kental akan naik, ambillah santan kental itu pelan-pelan. Sisihkan, ini yang nanti akan dijadikan areh.
  3. Ambil baskom besar untuk membuat adonan serabi. Masukkan tepung beras, tepung terigu, dan gula pasir, tuang santan sedikit, aduk-aduk sampai tercampur rata membentuk adonan kental, jangan sampai ada yang menggumpal.
  4. Masukkan baking soda, fermipan, vanili, dan garam. Aduk-aduk sambil tuang santan sedikit demi sedikit sampai habis semua santannya. Diamkan adonan kurang lebih 1 jam, sampai mengeluarkan buih.
  5. Jika adonan sudah mengeluarkan buih berarti adonan sudah siap untuk dimasak. Panaskan cetakan serabi dengan api sedang.
  6. Jika sudah panas cetakannya, aduk-aduk adonan, ambil satu sendok sayur dan tuang ke cetakan. Tekan-tekan ke bawah supaya ada adonan naik, menempel di dinding cetakan. Tunggu sampai setengah matang atau berongga. Jika sudah berongga tuangkan areh, beri topping sesuai keinginan anda, tutup adonan, tunggu sampai matang.
  7. Angkat serabi dan langsung letakkan pada daun pisang. Daun pisang yang terkena panas dari serabi nanti akan mengeluarkan aroma wangi khas daun pisang.

Cukup mudahkan membuat sendiri serabi solo. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://3.bp.blogspot.com/-wnqtTrBuWOs/VK_0RXm4bNI/AAAAAAAAAws/C9zGxdkeKew/s1600/srabi.jpg


Related Posts :