Senin, 20 Maret 2017

Resep Aneka Jajan Pasar [Part. 8]

Jajanan pasar berikutnya yang akan saya bagikan adalah kue klepon ketan. Kue yang tergolong dalam kelompok kue basah ini sering kita jumpai di pasar tradisional atau pada gerobak keliling tukang kue yang biasa dijual bersama kue putu, getuk lindri, dan sebagainya. Kadang juga kita jumpai di mba-mba penjual kue candil. Kue berbentuk bola-bola kecil berbalut kelapa parut ini jika dimakan akan mengeluarkan lava gula merah yang manis. Bahan apa saja yang anda butuhkan jika ingin membuat kue klepon ini? Mari kita lihat resep di bawah ini.

Resep Kue Klepon Ketan



Bahan yang dibutuhkan:
  1. 250 gram tepung ketan putih, diayak.
  2. 50 gram tepung beras putih, diayak.
  3. 2 sendok teh pasta pandan.
  4. Gula merah secukupnya untuk isian, disisir.
  5. Kelapa parut.
  6. Air putih secukupnya.
  7. Garam dapur secukupnya.
  8. 2 lembar daun pandan, cuci bersih, potong 10cm.
  9. Air kapur sirih.

Cara membuatnya:
  1. Pertama yang harus dilakukan adalah membuat air kapur sirih. Campurkan setengah sendok teh kapur sirih dengan 30 ml air putih, aduk-aduk sampai rata, endapkan. Ambil airnya saja.
  2. Siapkan wadah untuk membuat adonan kleponnya. Masukkan tepung ketan, tepung beras, dan garam, campur ketiga bahan. Masukkan pasta pandan dan air kapur sirih, aduk-aduk. Masukkan air putih sedikit demi sedikit sambil terus diuleni sampai dirasa adonan pas, mudah dibentuk.
  3. Ambil adonan, bulatkan, pipihkan dan beri isi irisan gula merah kemudian bulatkan kembali. Ulangi sampai semua adonan habis semua terbentuk menjadi bola-bola.
  4. Sambil membentuk bola-bola klepon anda bisa mengukus kelapa parutnya. Campur kelapa parut, daun pandan, dan sejumput garam. Kukus selama kurang lebih 20 menit.
  5. Siapkan air dalam panci, panaskan sampai mendidih. Jika sudah mendidih masukkan klepon, tunggu sampai bola-bola klepon mengambang, klepon yang mengambang berarti sudah matang.
  6. Guling-gulingkan klepon pada parutan kelapa sampai semua permukaannya tertutup. Klepon siap disajikan. Nikmati dengan secangkir minuman hangat favorit.

Penggunaan air kapur sirih di sini hanya opsional ya, kalau tidak ada kapur sirih bisa di skip. Penggunaan kapur sirih bertujuan supaya tekstur klepon lebih kenyal. Untuk mendapatkan rasa klepon yang lebih nikmat, ada hal lain lagi yang harus anda perhatikan, yaitu penggunaan kelapa parut. Pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua supaya rasanya lebih mantap, tidak sepa.

Mudah ya proses membuat klepon ternyata. Tunggu apa lagi, dari pada membeli di pinggir jalan yang belum tentu terjamin kebersihannya lebih baik membuatnya sendiri. Selain kebersihan yang terjamin membuat klepon sendiri juga lebih irit. Jika membuat sendiri juga tidak menutup kemungkinan untuk berkreasi. Warna klepon bisa diganti dengan warna lain supaya beda dengan yang lain.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://www.resepnasional.com/wp-content/uploads/2015/02/Cara-Membuat-Kue-Klepon-Pandan-Isi-Gula-Merah.jpg


Related Posts :