Selasa, 11 April 2017

Ikan Arwana, Si Ikan Hias Pembawa Keburuntungan

Membicarakan tentang ikan hias yang banyak dipelihara oleh para pencintanya di tanah air tidak selalu asalnya dari luar negeri. Akan tetapi beberapa jenis ikan hias yang populer dibudidayakan langsung dengan mengambil bibitnya di alam kita. Selain itu, ikan hias yang dipelihara oleh orang-orang tidak hanya dilihat dari bentuk dan corak warnanya yang indah saja. Melainkan dilihat juga bahwa ikan hias yang dipelihara tersebut juga mesti mengandung mitos pembawa keberuntungan atau hoki bagi si pemeliharanya. Sebab, unsur mitos pada ikan peliharaan turut membuat orang-orang berpikir dulu sebelum membeli dan memelihara ikan hias. Nah, salah satu jenis ikan hias yang menjadi perimadona orang-orang dan terdapat unsur mitos pembawa keberuntungannya adalah ikan Arwana.


Gambar I: Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana tergolong sebagai ikan air tawar yang keberadaannya ada di kawasan Indonesia tepatnya di daerah Kalimantan sampai dengan Papua. Orang-orang yang memelihara ikan Arwana biasanya ditaruh pada sebuah akuarium berukuran besar dengan menyesuaiakan ukuran tubuh ikan yang juga lumayan besar. Berdasarkan mitosnya bahwa ikan Arwana dipercaya dapat membawa keberuntungan dengan datangnya rezeki yang melimpah kepada si pemeliharanya. Selain itu, ikan berkumis ini pun diyakini dapat membawa nuansa kedamaian di rumah dengan mengusir roh-roh jahat yang bergentayangan. Dengan maraknya mitos yang berkembang tersebut membuat peminatnya terus bertambah setiap waktunya. Dampaknya tentu nilai jual ikan Arwana pun naik drastis dengan harga terendah di kisaran ratusan ribu dan tertinggi dapat mencapai ratusan juta rupiah.


Gambar II: Bibit Ikan Arwana

Melihat fisiknya bahwa ikan Arwana mempunyai ukuran tubuh yang lumayan besar dan panjang. Rata-rata panjang ikan Arwana sekitar 50 cm dan beberapa jenis lainnya dapat mencapai 3 meter dengan berat 100-an kilogram. Ikan Arwana tergolong primata air tawar yang bersisik tebal dengan sirip dekat insang untuk berenang dan dua sirip lainnya di bagian bawah perutnya. Bentuk kepala ikan ini datar dan tumbuh memanjang dengan bagian rahang bawahnya yang miring ke atas. Selain itu pada setiap jenis ikan Arwana terdapat dua selaput berukuran pendek tumbuh di depan mulutnya. Warna ikan Arwana berbeda-beda untuk tiap jenisnya dan terdiri dari warna keemasan, merah kekuningan, hijau muda, kecokelatan, merah muda, dan putih keabu-abuan.

Di berbagai tempat atau daerah penyebutan untuk nama ikan Arwana berbeda mulai dipanggil ikan Naga, Saratoga, Pla Tapad, Kelesa, Siluk, Barramundi, Peyang, Arowana, dan Keyangan. Selain itu, ikan bersisik keras ini pun terdiri dari beberapa jenis yang asalnya dari berbagai belahan negara di Asia Tenggara seperti ikan Arwana Super Red, Arwana Cross Back Golden, Arwana Red Tail Golden, Arwana Silver, Arwana Banjar, Arwana Jardini, Arwana Golden Pino, dan beberapa jenis lainnya. Banyaknya jenis ikan Arwana tak terlepas dari tingginya minat orang-orang untuk membudidayakannya sehingga menghasilkan jenis baru yang warnanya berbeda dengan ikan Arwana yang telah ada.

Bagi yang memelihara ikan Arwana tentunya harus tahu mengenai pakan yang biasanya disantapnya. Ikan Arwana dapat diberi berbagai jenis pakan seperti jangkrik, cacing darah beku, cacing biasa, udang kecil, ikan kecil, dan pellet. Akuarium yang dijadikan tempat bagi ikan Arwana tinggal perlu dipersiapkan dari ukurannya yang cukup besar dengan dilengkapi alat pemompa udara, penyaring air, lampu untuk menerangi akuarium, dan bisa dilengkapi dengan tanaman air, serta bebatuan kecil. Dengan bagusnya penataan akuarium yang diisi ikan Arwana dapat menghasilkan kesan mewah bagi orang-orang yang melihatnya. Karenanya bagi Anda yang tertarik dengan ikan hias mungkin tak salah melirik ikan Arwana untuk dipelihara ditambah pula ikan ini membawa mitos keberuntungan yang ternyata dapat membawa kedamaian bagi Anda. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://infosiana.net/jenis-ikan-arwana-termahal-dan-terbesar/
2. http://www.ikanhias-yuli.org/2014/02/ikan-arwana_12.html

Sumber Gambar:
1. http://cdn-4.satujam.com/wp-content/uploads/2016/04/mrtoto1.blogspot.com_.jpg
2. http://duniaq.com/success/wp-content/uploads/2015/04/Ekor-Anakan-Arwana.jpg


Related Posts :