Rabu, 12 April 2017

Ikan Mas Koki, Si Ikan Hias Bertubuh Mungil yang Populer

Bagi para penghobi ikan hias mungkin tidak asing dengan yang namanya ikan Mas Koki. Ya, ikan Mas Koki tergolong sebagai ikan hias populer atau banyak dipelihara oleh orang-orang karena bentuk keunikan bentuk fisiknya yang tidak ada pada jenis ikan hias lainnya. Selain itu ikan yang tubuhnya berukuran kecil ini ternyata mengandung mitos yang dipercaya dapat mendatangkan rezeki bagi si pemiliknya. Begitu pula dengan kepopuleran ikan Mas Koki yang ternyata juga pemeliharanya terdapat di seluruh negara.

Ikan Mas Koki bukanlah ikan hias air tawar yang dapat ditemukan di alam Indonesia karena ikan ini asalnya dari negeri tirai bambu atau Tiongkok. Kehadiran ikan Mas Koki yang dipelihara sebagai ikan hias sudah lama terjadi sejak ribuan tahun lalu di tanah Tiongkok. Selain itu, pemeliharaan ikan Mas Koki bukan seperti ikan Arwana yang hanya ditaruh satu ekor di akuarium. Akan tetapi ikan Mas Koki dipelihara dalam jumlah agak banyak sekitar tiga sampai sepuluh ekor yang disesuaikan dengan tempat akuariumnya.


Gambar I: Ikan Mas Koki Jenis Oranda Goldfish

Sesuai dengan judulnya bahwa ikan Mas Koki tergolong jenis ikan yang berukuran kecil atau mungil. Rata-rata di hampir semua jenisnya ukuran tubuh ikan Mas Koki hanya sekitar 10 sampai 15 cm saja. Tubuh ikan Mas Koki berbentuk bulat atau berukuran agak besar dengan ekor yang tumbuh menjuntai memanjang dari sisi atas dan bawahnya. Ikan ini mempunyai sirip yang berjumlah dua buah di bagian dekat insangnya dan dua lagi dekat perutnya yang ukurannya sedikit lebih panjang. Warna ikan Mas Koki berbeda-beda untuk tiap jenisnya dan rata-rata warnanya terdiri dari putih, merah, kuning orange, cokelat, hitam, abu-abu, dan kuning keemasan. Ciri fisik lainnya yang dapat dilihat dari ikan Mas Koki terdapat perbedaan di tiap jenisnya karena pada jenis tertentu ada yang matanya tumbuh ke arah vertikal atau ke atas dan ada pula bagian tertentu dari fisiknya seperti perut yang ukurannya sangat besar dan di bagian wajah ditumbuhi daging.

Ketenaran ikan Mas Koki yang banyak dipelihara orang-orang di seluruh negara ternyata tidak hanya terdiri dari satu jenis. Akan tetapi ikan Mas Koki terdiri dari banyak jenis yang masing-masing mempunyai ciri fisik dan warna yang berbeda-beda. Jenis-jenis ikan Mas Koki yang berkembang saat ini adalah ikan Mas Koki Black Teleskop, Bubble Eye, Celestial Eye atau Choten, Komet, Fantail Goldfish, Lionhead, dan masih banyak lagi. Ke semua jenis ikan Mas Koki tersebut juga mempunyai harga yang berbeda-beda tergantung dari jenis, warna, dan bentuk fisiknya. Selain itu, harga ikan Mas Koki tergolong terjangkau yang hanya sekitar 50 ribuan ke atas sampai satu jutaan untuk tiap ekornya.


Gambar II: Kumpulan Ikan Mas Koki yang dipelihara di Akuarium

Dalam memelihara ikan Mas Koki penting memperhatikan kondisi akuarium untuk tempatnya hidup. Akuarium yang dijadikan tempat tinggal bagi ikan Mas Koki umumnya berukuran agak besar dengan terdapat penyaring air, aerator untuk penyediaan oksigen di dalam air, dan lampu penerang. Selain itu, agar kondisi akuarium terlihat indah untuk mengimbangi cantiknya warna ikan Mas Koki dapat menambahkan bebatuan kecil berwarna-warni dan tanaman air. Dan penting pula diperhatikan bahwa ikan bertubuh kecil ini biasanya menyantap makanan berupa cacing beku dan pellet yang diberikan rutin setiap harinya.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.majalahikan.com/2016/02/cara-merawat-ikan-mas-koki.html
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_mas_hias
3. http://infosiana.net/ikan-mas-koki-koi/

Sumber Gambar;
1. http://aih-anekaikanhias.blogspot.co.id/2014/04/jenis-jenis-ikan-mas-koki.html
2. http://tankfishtips.com/wp-content/uploads//Goldfish_aquarium.jpg


Related Posts :