Rabu, 26 April 2017

Japanese Bobtail, Ras Kucing Hias Asal Jepang yang Berekor Pendek

Ras kucing hias yang ada saat ini sudah mengalami pertambahan jumlah dan jenis seiring telah diakui keberadaannya oleh organisasi pencinta kucing dunia dan banyaknya yang menggemarinya. Masing-masing ras kucing tersebut mempunyai keunikan dan kekhasan yang berbeda antara satu dengan lainnya dan disesuaikan dari bentuk tubuh ataupun perilakunya. Selain itu, yang tercatat mempunyai ras kucing hias tidak hanya berasal dari Eropa dan Amerika tapi ada pula yang termasuk di negara-negara Asia. Untuk itu pada kali ini sengaja diulas tentang satu jenis kucing hias yang ada di asia tepatnya berada di Jepang. Adapun nama kucing tersebut adalah kucing Japanese Bobtail.

Kucing Japanese Bobtail dikenal sebagai kucing domestik asal Jepang dengan keunikan bentuk ekor yang berukuran pendek. Kemiripan ekor pendek ini juga ada pada kucing asal Inggris yang bernama Manx. Hanya saja bedanya ekor kucing Japanese Bobtail masih jauh lebih panjang dibanding kucing Manx yang hampir tidak berekor. Keberadaan kucing Japanese Bobtail oleh masyarakat Jepang sudah berlangsung hampir seribu tahun lamanya sejak awal nenek moyang kucing ini konon katanya berasal dari kawasan negara di Asia Tenggara. Selain itu, kucing ini pun mengandung mitos yang terdapat kemiripan rupa dengan patung kucing Maneki Neko. Patung kucing Maneki Neko yang biasanya ditaruh di rumah ataupun tempat-tempat berjualan dianggap sebagai pembawa keberuntungan dengan naiknya salah satu kaki depannya. Bila yang naik kaki depan sebelah kanan diyakini akan mendatangkan uang dan saat kaki yang diangkat sebelah kiri dipercaya mampu mendatangkan pembeli.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/56/JapaneseBobtailBlueEyedMi-ke.JPG
Gambar: Kucing Japanese Bobtail

Walaupun kucing Japanese Bobtail telah lama ada di Jepang bukan berarti sudah lama pula kucing yang satu ini dikenal sebagai ras kucing hias untuk dipelihara. Sebab orang-orang mulai ramai memelihara kucing Japanese Bobtail tepat saat perang dunia ke dua telah usai dengan mulai terpikirnya untuk memisahkannya menjadi ras kucing tersendiri. Terlihat pada tahun 1960-an, kucing Japanese Bobtail sudah dilakukan program pembiakan dengan tercatatnya sepasang kucing dari ras tersebut. Selanjutnya di tahun 1971, kucing asal negeri matahari terbit ini mendapatkan pengakuan dari organisasi pencinta kucing dunia yang bernama Cat Fanciers’ Association dengan memberi status sementara.

Ciri fisik kucing Japanese Bobtail seringnya ditemui mempunyai tiga warna yang menyelimuti tubuhnya. Akan tetapi warna yang mendominasi tubuhnya adalah putih dengan diikuti dua warna lainnya seperti hitam dan kuning agak kecokelatan. Ukuran badannya tergolong sedang dan berotot serta mempunyai ekor yang pendek. Panjang ekornya biasanya maksimal sekitar 10 cm dan terkadang bentuknya mampu membuat pola melingkar ataupun membengkok. Telinganya berukuran agak lebar yang diikuti dengan bentuk mata yang tampak oval atau tidak bulat sepenuhnya. Kucing Japanese Bobtail mempunyai tulang pipi agak menonjol yang membuat wajahnya tampak sedikit kaku.

Adapun karakteristik sifatnya dikenal sebagai kucing yang aktif dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Dengan keaktifannya ini membuat kucing Japanese Bobtail terkenal senang bermain, mandiri, dan sering berada dekat pemiliknya. Untuk itu saat merawatnya dapat sesering mungkin memberikannya perhatian berupa mengelus kepala ataupun menyisir bulu-bulunya. Harga kucing Japanese Bobtail tergolong agak mahal berkisar diangka 7 jutaan yang disesuaikan dari umur, jenis kelamin, fisik, dan kelengkapan sertifikatnya. Selain itu saat hendak membelinya perhatikan pula bahwa kucing lucu ini sudah mendapatkan vaksin agar tidak mudah terjangkit dan terserang penyakit.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Japanese_Bobtail
2. http://www.kucingkita.com/ras-kucing/japanese-bobtail

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:JapaneseBobtailBlueEyedMi-ke.JPG


Related Posts :