Jumat, 21 April 2017

Manfaat Meminum Kopi Sebelum Memulai Aktivitas

Saat ini, sebagian orang terbiasa meminum kopi sebelum memulai aktivitas. Misalnya, meminum kopi saat pagi hari sebelum berangkat bekerja. Lalu, apakah meminum kopi sebelum beraktivitas akan mendatangkan manfaat? Mengacu kepada banyak penelitian, meminum kopi sebelum memulai aktivitas akan mendatangkan manfaat yang dapat menunjang aktivitas kita. Nah, apa sajakah manfaat-manfaat tersebut?


Gambar 1. Segelas Kopi

Memunculkan Rasa Lebih Bahagia Saat Beraktivitas
Meminum kopi pun dapat membuat kita merasa lebih bahagia. Lalu, mengapa? Gary Wenk, profesor psikologi dan ilmu saraf OhIo University, menyebutkan bahwa meminum kopi akan memacu kinerja hormon dopamine. Hormon ini berhubungan dengan rasa bahagia. Semakin baik kinerja hormon dopamine, maka secara konseptual dapat membuat kita lebih bahagia.

Meningkatkan Produktivitas Kerja
Produktivitas kerja pun akan meningkat, bila meminum kopi sebelum bekerja. Menurut suatu survei, produktivitas orang yang meminum kopi sebelum bekerja meningkat sebanyak 41 persen. Hal ini, menurut Gary Wenk, disebabkan meningkatnya kinerja hormon dopamine setelah meminum kopi. Seperti yang sudah disebutkan, meningkatnya kinerja hormon dopamine akan memunculkan rasa lebih bahagia. Dengan lebih merasakan rasa bahagia, akan diikuti meningkatnya produktivitas kerja.

Mengusir Rasa Gelisah
Terkadang, saat menjalankan aktivitas sehari-hari, kita merasa gelisah. Bila muncul rasa gelisah, tentunya kita akan kurang nyaman beraktivitas. Nah, untuk mengusir rasa gelisah, minumlah kopi sebelum beraktivitas. Menurut sejumlah penelitian, kopi pun mampu mengusir rasa gelisah. Menurut sejumlah penelitian, hal ini disebabkan karena kopi mengandung cukup banyak zat antioksidan seperti polyphenols dan asam hydrocinnamic. Terkait seberapa besar efek kopi mengusir rasa gelisah, efek tersebut lebih terasa bagi wanita dibandingkan pria.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi
Salah satu tema yang biasanya ‘diangkat’ tayangan iklan kopi yaitu kopi akan meningkatkan fokus dan konsentrasi. Ambil contoh, salah satu iklan merk kopi yang menggambarkan seorang arsitek yang ‘mentok’. Setelah meminum kopi, ia mampu membuat karya arsitek yang memukau. Nah, kopi yang mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi tersebut memang benar adanya. Sebabnya, kopi mengandung kafein. Saat kafein masuk ke dalam tubuh, menurut sejumlah penelitian, kafein akan memicu kinerja bagian otak yang mengolah fokus dan konsentrasi. Nah, dengan fokus dan konsentrasi yang lebih baik, akan lebih nyaman aktivitas menjalani sehari-hari.

Membunuh Rasa Kantuk
Kopi pun diyakini sebagian orang sebagai minuman yang mampu membunuh rasa kantuk. Nah, apakah hal tersebut benar adanya? Hal ini memang benar adanya. Sebabnya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kopi mengandung kafein. Saat kafein masuk ke dalam tubuh, secara kimiawi, kafein akan membuat otak selalu terjaga.

Demikian, manfaat-manfaat meminum kopi sebelum memulai aktivitas. Kesimpulannya, agar kita lebih nyaman dan optimal bekerja, kita dapat meminum kopi sebelum memulai aktivitas. Akan tetapi, tak lantas meminum kopi sebanyak-sebanyaknya sebelum memulai aktivitas. Sebabnya, bila tubuh terlalu banyak mengkonsumsi kopi, berisiko menyebabkan sakit perut. Tubuh yang terlalu banyak mengkonsumsi kopi berisiko menyebabkan muncul rasa gelisah.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://gethealthyu.com/wake-up-to-whats-healthy-your-cup-of-coffee/
2. https://www.tastingtable.com/drinks/national/coffee-happy-survey-morning-cup-joe-drinkers/

Sumber Gambar:
1.http://www.precisionnutrition.com/wordpress/wp-content/uploads/2013/02/coffee-black.jpg


Related Posts :