Senin, 24 April 2017

Melamun Pun Ada Manfaatnya

Memang, orang memandang melamun sebagai aktivitas yang kurang baik dan kurang bermanfaat. Melamun pun dipandang juga sebagai aktivitas yang hanya membuang-buang waktu saja. Akan tetapi, sesungguhnya melamun mendatangkan manfaat-manfaat positif. Lalu, bila kita melamun, apa saja manfaat-manfaat yang akan kita rasakan? Berikut manfaat-manfaat melamun, dilansir dari berbagai sumber.


Gambar 1. Melamun pun Ada Manfaatnya

Menjadi Lebih Kreatif
Banyak seniman menyebutkan bahwa melamun akan mendatangkan ide-ide kreatif. Salah satunya yaitu JK Rowling, penulis novel Harry Potter. Menurut penulis asal Inggris ini, melamun menjadi cara terbaik untuk mendapatkan ide-ide kreatif. Nah, apa kaitan antara melamun dengan munculnya ide-ide kreatif? Menurut suatu penelitian, saat melamun otak akan mengumpulkan seluruh informasi-informasi yang tersimpan di dalam otak. Lalu menghubungkan setiap informasi secara logis. Nah, karena setiap informasi dihubungkan secara logis, akan memunculkan ide-ide kreatif dalam benak. Dengan demikian, bila mentok saat mencari ide-ide kreatif, melamun dapat menjadi alternatif.

Melamun Menjadi Bagian Dari Jalan Menuju Kesuksesan Berkarir
Dr. Srini Pillay, seorang psikolog yang pernah meneliti hubungan antara melamun dengan kesuksesan, menyebutkan bahwa melamun akan membawa kesuksesan. ”Berimajinasi secara tak sadar menuntun kita menuju kesuksesan”, tuturnya. Lalu, apa kaitan antara melamun dengan kesuksesan? Saat asyik membayangkan sesuatu dalam lamunan, secara psikologis mendorong kita untuk mengerahkan seluruh kemampuan terbaik kita untuk mewujudkan apa yang dilamunkan.

Memunculkan Mood (Suasana Hati) yang Lebih Baik
Menurut suatu penelitian, saat melamun akan muncul ingatan-ingatan ‘happy memory’ (momen-momen yang indah dan membahagiakan) dalam benak. Misalnya, momen indah saat pertama kali merasakan jatuh cinta ataupun momen saat melangsungkan pernikahan. Nah, karena kemunculan ingatan-ingatan tersebut dalam benak, secara psikologi membuat mood kita menjadi lebih baik. Dengan mood yang lebih baik, tentunya akan lebih nyaman dan positif menjalani berbagai aktivitas. Nah, selain lebih nyaman dan lebih positif menjalani berbagai aktivitas, kita akan juga lebih produktif saat bekerja. Mengacu kepada penelitian Cornell University, melamun akan diikuti dengan meningkatnya performa kerja yang begitu signifikan.

Meredakan Stres dan Membuat Lebih Sehat
Melamun dapat menjadi obat untuk membunuh rasa stres. Menurut suatu penelitian, melamun akan menurunkan tingkat stres. Sebabnya, menurut penelitian tersebut, melamun kurang lebih sama dengan menghipnotis diri sendiri. Saat pikiran terhipnotis, frekuensi gelombang otak akan menurun sehingga akan merasa lebih rileks. Nah, dengan meredanya stres, akan membuat kita lebih sehat. Rasa stres berisiko memunculkan munculnya berbagai penyakit. Terlebih, bila sedang mengalami stres berat.

Demikian, manfaat-manfaat melamun. Kesimpulannya, melamun bukanlah aktivitas yang kurang baik, kurang bermanfaat, ataupun aktivitas yang hanya membuang-buang waktu saja seperti anggapan orang pada umumnya Melamun merupakan aktivitas yang positif. Akan tetapi, tak lantas kita melamun sepanjang hari.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Referensi:
1. http://www.lifehack.org/279770/10-benefits-daydreaming
2. http://www.mostinside.com/5-surprising-benefits-of-daydreaming/

Sumber Gambar:
1. http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/02406/daydreaming_2406219b.jpg


Related Posts :