Jumat, 07 April 2017

Mengenal Ikan Koi Sebagai Ikan Hias Populer di Indonesia

Ikan hias yang berkembang di Indonesia tergolong sangat banyak sekali jenisnya mulai dari ikan Louhan, Arwana, Discus, Cupang, Guppy, sampai dengan ikan hias Koi. Ragamnya ikan hias yang beredar di tanah air bukanlah asalnya dari alam kita melainkan di impor melalui negara-negara Asia dan Eropa. Salah satunya adalah ikan hias Koi yang tergolong sebagai ikan hias populer dan banyak dipelihara oleh para pencinta ikan hias di Indonesia. Apalagi diketahui bahwa ikan Koi yang ramai dipelihara saat ini merupakan ikan impor dari negara Jepang sebagai negara pertama yang mengembangkan jenis ikan Koi.


Gambar I: Ikan Koi jenis Sanke

Ikan Koi yang bernama latin Cyprinus Carpio L merupakan ikan hias impor yang sudah cukup lama dikenal luas masyarakat kita. Dalam sejarahnya, ikan Koi mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1990-an dengan diimpornya lima jenis ikan Koi hasil persilangan ikan hias lokal. Semenjak masuknya ikan Koi di tanah air mulai banyak orang-orang yang memeliharanya yang diletakkan dalam akuarium dan kolam yang berada di pekarangan rumah. Terus meningginya minat orang-orang untuk memelihara ikan hias Koi tak bisa dilepaskan dari mitos yang dibawa ikan berwarna cerah ini. Mitos yang ada pada ikan Koi dikatakan dapat membawa keberuntungan atau hoki bagi yang memeliharanya. Selain itu, di negara asalnya yakni Jepang ada kepercayaan bahwa ikan Koi dianggap sebagai simbol keharmonisan akan cinta dan persahabatan. Dengan mitos yang mengandung nilai-nilai positif tersebut tentunya siapapun akan tertarik memeliharanya.


Gambar II: Ikan Koi jenis Hi Utsuri

Adapun ciri-ciri ikan Koi mempunyai ukuran tubuh terbilang sedang atau sekitar 40 cm dan badannya besar. Ikan hias Koi terdiri dari beberapa warna seperti merah, putih, kuning keemasan, bintik-bintik hitam, abu-abu, krem, dan biru. Untuk tiap jenis ikan Koi biasanya diselimuti oleh dua atau tiga macam corak warna cerah. Mata ikan Koi tergolong agak besar dengan terdapat dua kumis di kanan dan kiri mulutnya. Ikan Koi juga mempunyai sirip yang cukup lebar di bagian dekat insangnya dan dua sirip lagi di bagian bawah perutnya yang berukuran agak kecil. Perlu diketahui bahwa ikan Koi terdiri dari puluhan jenis yang ke semua namanya berasal dari huruf kanji Jepang. Adapun beberapa nama jenis ikan Koi yang terkenal di antaranya Kohaku, Taisho Sanke, Showa Sanshoku, Shiro Utsuri, Ki Utsuri, Asagi, Shusui, Ai Goromo, dan masih banyak lagi.

Dalam memelihara ikan Koi perlu diperhatikan mengenai airnya yang mesti jernih dan terus diputar untuk menciptakan oksigen buatan bagi ikan. Selain itu, bila merawat ikan Koi di sebuah kolam usahakan kedalamannya tidak lebih dari 90 cm dan jangan terlalu mengarahkan posisi kolam ke arah terik matahari. Ikan Koi yang sifatnya tenang atau tidak saling serang dengan ikan lain dapat dipelihara lebih dari satu jenis ikan dalam satu tempat. Sedari itu, agar kolam yang ditempati ikan Koi tidak kosong dapat menghiasinya dengan menambahkan tanaman teratai untuk tempat bermain ikan. Perlu juga disimak bahwa kondisi air bagi ikan Koi dirawat mesti selalu dalam keadaan bersih karenanya bila melihat air kolam sudah terlihat keruh dan kotor maka segera diganti atau disaring. Tujuannya agar sisik ikan Koi tidak sampai ditumbuhi lumut yang dapat menyebabkan sakit dan berujung kematian.

Selain membicarakan mengenai cara merawatnya, ikan Koi tergolong sebagai ikan hias yang tidak pernah surut peminatnya. Hal ini terlihat dari sejak tahun 1990-an awal ikan ini muncul di tanah air hingga sekarang ini masih tetap banyak yang memelihara dan mengembangbiakannya. Ikan Koi yang banyak digemari ini dapat dikatakan sebagai ikan mewah dengan harga termahalnya sampai jutaan per ekornya. Sedangkan bibit ikan Koi yang masih kecil dihargai puluhan ribu rupiah. Mahalnya harga ikan Koi disesuaikan dengan variasi corak warna, usia, dan jenisnya. Karenanya, bila Anda tertarik melihat ikan Koi yang sudah banyak dipelihara maka tak ada salahnya untuk mencoba memeliharanya agar nuansa rumah Anda lebih terlihat elegan dan mewah.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
  1. http://carabudidayaikanlelenilamujair.blogspot.com/2015/08/cara-memelihara-ikan-koi-di-kolam-rumah.html
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Koi
  3. http://www.duniaq.com/24-jenis-dan-gambar-ikan-koi/
Sumber Gambar:
  1. http://cara.pro/wp-content/uploads/2015/09/Jenis-Ikan-Koi-Sanke.jpg
  2. https://i2.wp.com/gizikita.net/wp-content/uploads/2016/05/Gambar-Ikan-Koi-Hi-Utsuri.jpg?resize=800%2C536


Related Posts :