Senin, 24 April 2017

Mengenal Keindahan Ikan Hias Oscar

Jenis ikan yang dijadikan sebagai hewan peliharaan yang diletakkan dalam sebuah akuarium ataupun kolam sudah cukup banyak jenisnya. Masing-masing dari jenis ikan hias tersebut punya daya tariknya tersendiri untuk digemari oleh orang-orang. Akan tetapi dengan memelihara ikan hias membuat tampilan interior rumah terlihat lebih indah dan enak di pandang. Nah, dari sekian banyaknya jenis ikan hias yang ada sekarang ini mungkin hanya beberapa saja yang dikenal luas oleh orang-orang seperti ikan Arwana, ikan Louhan, ikan Mas Koki, dan ikan Koi. Padahal terdapat satu jenis ikan hias lainnya yang dapat dijadikan hewan peliharaan untuk menambah kesan keindahan di rumah. Adapun nama ikan hias tersebut adalah ikan Oscar.

Mendengar nama ikan Oscar mungkin belum semuanya akrab dengan nama tersebut sebab ikan ini merupakan ikan impor yang habitat aslinya berada di aliran sungai Amazon sekitaran Amerika Selatan. Karakter ikan Oscar dikenal sebagai ikan dengan pembawaan yang tenang saat berenang di perairan bersama kawanan kelompoknya. Selain itu, ikan Oscar bukanlah tipikal ikan yang dapat hidup bersama dengan jenis ikan lainnya karena makanan dasarnya adalah ikan kecil. Sehingga saat ikan Oscar diletakkan dalam satu tempat bersama ikan jenis yang berbeda jenis dapat menyebabkan konflik dan berujung pada pemangsaan oleh ikan Oscar.

File:Astronotus ocellatus RED OSCAR 1.jpg
Gambar I: Ikan Hias Oscar

Orang-orang yang memelihara ikan Oscar sebagai ikan hias tak terlepas dari penampilan warna di tubuhnya yang indah. Tubuh ikan Oscar ukurannya mirip seperti ikan louhan ataupun ikan gurami. Hanya saja pada ikan Oscar tidak terdapat benjolan di daerah kening mukanya. Selain warna yang menghiasi tubuhnya mempunyai corak warna yang agak gelap dengan warna dasarnya adalah cokelat. Akan tetapi terdapat warna lainnya yang biasanya berpadu dengan warna dasarnya seperti putih, oranye kemerahan, hitam, dan kuning. Warna yang terdapat pada tubuh ikan asal sungai Amazon ini biasanya membentuk pola garis yang tak beraturan seperti garis bintik-bintik yang agak mirip dengan ikan louhan. Ukuran tubuhnya pun tergolong agak besar dengan mampu mencapai panjang sekitar 30 cm. Tampilan matanya berukuran lumayan besar dan terlihat menonjol ke depan seperti hendak keluar.

Dalam memelihara ikan Oscar perlu diperhatikan bahwa sebaiknya meletakkan di satu akuarium yang tidak diisi oleh ikan jenisnya. Sebab tingkahnya bisa sangat agresif saat melihat ada jenis ikan lain berada di wilayah dan mencoba untuk memburunya. Ataupun dapat menggabungkan ikan Oscar dengan sesama jenisnya untuk membantunya agar tidak stres. Akuarium yang baik untuk memeliharanya setidaknya berukuran sekitar satu meteran dan siapkan pula alat pembersih air dan penghasil udara untuk memastikan kondisi akuarium terjaga kebersihannya. Selain itu dapat pula menambah bebatuan kecil yang berwarna putih krim dan akar-akaran. Tujuannya agar ikan Oscar merasa nyaman dan membuatnya lebih aktif untuk memainkan batu dan bersembunyi dibalik akar tersebut.

Sedangkan pakan ikan Oscar dapat diberikan pelet atau hewan air berukuran lebih kecil seperti ikan kecil dan udang. Dapat pula memberikannya makanan lain seperti jangkrik ataupun cacing. Rutinnya pemberian makanan untuk ikan Oscar dapat membantunya tetap sehat dan sisik di tubuhnya akan terlihat semakin indah saat disinari lampu akuarium. Jadi, bagi Anda yang tertarik dengan ikan Oscar dapat mencarinya ditempat penjualan ikan hias dengan harga yang tidak terlampau mahal. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://tasikoi.com/mengenal-ikan-hias-oscar-dan-panduan-memeliharanya/
2. http://www.ikanhias-yuli.org/2014/11/cara-memelihara-ikan-hias-oscar-agar.html

Sumber Gambar:
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Astronotus_ocellatus_RED_OSCAR_1.jpg


Related Posts :