Kamis, 27 April 2017

Mengenal Kepopuleran Kucing Sphynx

Ras kucing hias yang cukup populer dengan banyaknya yang memelihara tidak hanya didominasi oleh kucing yang berbulu panjang dan berbadan gemuk saja. Sebab terdapat satu jenis ras kucing hias yang dilihat dari bentuk fisiknya hampir tidak ditemui bulu yang menempel. Selain itu postur tubuhnya pun tidak terlalu gemuk dan hanya tinggi besar saja. Akan tetapi kucing tersebut cukup diperhitungkan dengan melihat keunikan bentuk tubuhnya yang tidak dimiliki oleh kucing lainnya dan dipelihara oleh orang-orang dari berbagai negara termasuk Indonesia. Adapun nama kucing tersebut adalah kucing Sphynx.

Kucing Sphynx bukanlah kucing yang tidak mempunyai bulu sama sekali di tubuhnya. Hanya saja bulu yang tumbuh terdapat di beberapa area tubuhnya seperti ekor, kaki, telinga, dan organ dekat kelaminnya. Bulu yang tumbuh itu pun berukuran sangat pendek dan halus yang tentunya tidak akan tampak jelas saat melihatnya dari jarak yang agak jauh. Rupa kucing Sphynx yang hampir tanpa bulu ini sedikit mirip dengan patung kucing yang terdapat di kerajaan Mesir kuno. Karenanya dalam pengambilan namanya sengaja dirujuk dengan melihat patung kucing raksasa yang bernama patung Sphinx di Giza, Mesir.


Gambar I: Kucing Sphynx Anakan

Walaupun kucing Sphynx diambil namanya dari patung Sphynx yang ada di Mesir bukan berarti pula asalnya pun dari sana. Sebab kucing Sphynx merupakan hewan yang terlahir dari rekayasa genetik di negara Kanada. Pada sejarahnya, rekayasa genetik yang dilakukan untuk mendapatkan kucing hampir tanpa bulu terbilang cukup panjang dengan banyaknya percobaan perkawinan yang dilakukan. Tepatnya perkawinan kucing untuk menghasilkan anakan yang hampir tanpa bulu berlangsung sejak tahun 1960 dengan diadakannya proses pengembangbiakannya. Selanjutnya, di tahun 1975 terdapat satu anak kucing yang lahir tanpa bulu diikuti dengan lahirnya kucing yang berciri sama pada tahun berikutnya. Kedua anak kucing yang terlahir tanpa bulu itu pun coba dikembangbiakkan kembali dengan melakukan perkawinan silang bersama kucing lain. Percobaan untuk mendapatkan ras kucing Sphynx terus dilakukan dengan kembali dilakukannya perkawinan dari keturunan anak kucing tanpa bulu tersebut dengan dikawinkan bersama kucing jenis ras Devon Rex.

Seperti sudah dibicarakan bahwa ciri fisik yang paling mudah dikenali dari kucing Sphynx adalah sangat sedikitnya bulu-bulu yang terdapat di tubuhnya. Selain itu, terdapat kerutan kulit di bagian kepala, dada, badan, dan kakinya yang tampak jelas saat dilihat dari jarak agak jauh. Ukuran fisik kucing Sphynx tergolong lumayan besar dengan mempunyai ekor yang panjang dan terdapat bulu halus di bagian ujungnya. Kepalanya berbentuk segitiga dengan sedikit agak melonjong ke bawah di bagian pipi ke mulutnya. Begitu pula dengan telinganya yang juga tegak ke atas dan berbentuk segitiga dengan ukuran lumayan besar di bagian bawahnya. Saat disentuh tekstur kulit kucing Sphynx yang hanya ditumbuhi beberapa bulu terasa cukup halus dan lembut.

File:Sphynx Fond Blanc.jpg
Gambar II: Kucing Sphynx Dewasa

Adapun karakter yang dapat dikenali dari kucing Sphynx tergolong hewan peliharaan yang bisa manja dengan pemiliknya. Sifat lainnya yang penting juga diketahui bahwa kucing satu ini sangat senang diajak bermain, ramah, dan tidak agresif pada pemilik dan hewan lain yang ada di dekatnya. Untuk itu kucing Sphynx sangat cocok dijadikan hewan peliharaan sekaligus teman bermain di rumah. Yang terpenting untuk diperhatikan terkait soal perawatannya yang agak lebih berat dibanding kucing berbulu panjang ataupun pendek. Ini dikarenakan kucing Sphynx rentan mengalami sakit yang mengganggu sistem pernapasan dan pencernaan. Untuk itu sebelum membelinya di cattery resmi dipastikan dahulu bahwa kita sudah mengetahui tentang tata cara perawatannya. Tujuannya agar kucing yang dirawat tidak rentan terserang penyakit dan sigap mengambil langkah yang tepat sewaktu kucing didera sakit ataupun alergi.

Untuk harganya bahwa kucing Sphynx dibandrol dengan nominal di atas 10 jutaan untuk yang sudah mulai dewasa di usia enam bulan. Mahalnya kucing Sphynx disesuaikan tidak hanya dari segi usia tapi dilihat pula tentang jenis, bentuk fisik, telah atau belum mendapatkan vaksinasi, dan kelengkapan sertifikatnya. Karenanya, bagi Anda yang tertarik dengan kucing Sphynx dapat mencarinya di cattery resmi sekaligus bertanya terkait tata cara perawatannya yang dianjurkan. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
http://okdogi.com/2016/04/kucing-sphynx/
http://www.kucingkita.com/ras-kucing/sphynx

Sumber Gambar:
https://pixabay.com/en/cats-sphinx-kittens-629066/
https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Sphynx_Fond_Blanc.jpg


Related Posts :