Selasa, 25 April 2017

Mengenal Lebih Dekat Kucing Abyssinian

Berbicara tentang ras kucing hias tentunya tidak hanya selalu terkait dengan kucing yang berasal dari Eropa dan Amerika saja. Sebab terdapat jenis ras kucing hias lainnya yang berasal dari negara-negara di Asia tapi jarang dikenal luas oleh para pencinta kucing hias. Untuk itu pada artikel ini sengaja diulas tentang salah satu ras kucing hias yang terdapat di Asia yang dianggap sebagai salah satu jenis kucing tertua di dunia dan mempunyai sejarah cukup panjang dengan kerajaan di Mesir kuno. Adapun nama kucing tersebut adalah kucing Abyssinian.

Kucing Abyssinian dikatakan sebagai salah satu ras kucing tertua di dunia yang dinilai terdapat kemiripan rupa dengan lukisan di dinding dan patung yang ada di kerajaan Mesir kuno. Selain itu, jasad kucing mirip Abyssinian yang dimumifikasi terdapat di makam-makan orang Mesir kuno. Karenanya, ras kucing Abyssinian dilarang untuk diperjualbelikan oleh bangsa Mesir dan bahkan dalam rangka bentuk penghormatannya sengaja dibangun kuil yang diperuntuhkan bagi kucing ini.

Walaupun rupa kucing Abyssinian terdapat kemiripan dengan lukisan dan patung yang ada di Mesir bukan berarti asalnya dari negara tersebut. Sebab terdapat bukti lainnya tentang asal kucing Abyssinian yang dikatakan pernah dibeli pedagang kucing dari India. Sehingga terdapat perdebatan terkait dengan kebenaran pastinya tentang asal kucing yang melegenda ini. Akan tetapi kucing Abyssinian mengalami perbaikan genetika untuk dijadikan kucing ras terjadi di Inggris. Selain itu pula pada tahun 1870-an, ras kucing ini telah mengikuti kontes kucing hias di Inggris yang membuatnya juga semakin dikenal luas oleh masyarakat sebagai kucing hias.


Gambar I: Kucing Abyssinian yang masih kecil

Adapun ciri fisk kucing Abyssinian terbilang berbeda dari kucing hias asal Eropa dan Amerika. Terlihat dari tubuhnya yang tidak terlalu gemuk dan ukuran tubuhnya cukup panjang. Warna bulunya yang berukuran pendek adalah cokelat kemerahan yang menutupi hampir semua bagian tubuhnya. Bentuk telinganya tampak seperti segitiga dengan ukuran yang agak besar dan meruncing ke atas. Begitu pula dengan kepalanya sedikit mengarah ke bentuk segitiga karena moncong atau mulut runcing ke arah bawah. Kucing ini pun mempunyai ekor yang cukup panjang dan pada bagian ujungnya terlihat warna kehitaman yang bercampur dengan warna cokelat kemerahan. Kakinya tampak tegap dan besar yang menimbulkan kesan penampilannya menjadi terlihat kekar.


Gambar II: Kucing Abyssinian Dewasa

Terkait dengan karakteristikannya dikatakan bahwa kucing Abyssinian tergolong hewan yang manja dan dekat dengan pemiliknya. Selain juga kucing ini pun memiliki sifat pendiam, cerdas, dan tinggi akan keingintahuan dari aktivitas yang dilakukan pemiliknya di rumah. Begitu manja dan dekatnya kepada pemilik tampak dari suara yang dikeluarkan terdengar cukup lembut dan pelan. Untuk itu dengan perilaku yang bersahabat dengan pemeliharanya membuat siapapun yang memelihara kucing Abyssinian dijamin tidak akan mudah bosan dan terhibur dengan tingkah lucunya.

Sedangkan harga yang ditawarkan terhadap kucing Abyssinian tergolong agak mahal yang sekitar di atas 10 jutaan. Mahalnya harga kucing Abyssinian tentunya dipengaruhi oleh bentuk fisik, tingkat usia, jenis kelamin, dan kelengkapan sertifikatnya. Sedari itu, sewaktu hendak membelinya mesti pula dipastikan kesehatannya dengan telah mendapatkan vaksinasi agar kucing tidak mudah terserang penyakit. Sehingga kucing Abyssinian yang Anda pelihara telah dipastikan kesehatan dan keasliannya agar terhindar dari penipuan. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Abyssinian_(kucing)
2. http://www.kucingkita.com/ras-kucing/abyssinian

Sumber Gambar:
1. https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Abyssinian_cat_02.jpg
2. https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Gustav_chocolate.jpg


Related Posts :