Selasa, 09 Mei 2017

Clownfish, Si Ikan Hias Air Asin yang Banyak Dipelihara

Mengenal jenis ikan hias yang biasa dipelihara orang-orang tidak hanya ikan jenis air tawar saja seperti Arwana ataupun Guppy. Tapi ikan yang berasal dari air asin pun banyak yang mempunyai tampilan fisik yang menarik dan kaya akan corak warna. Penggemar ikan hias air asin juga lumayan banyak dan beberapa jenis di antaranya telah dibudidayakan secara mandiri tanpa harus menangkap ikan hias tersebut di laut lepas. Salah satu jenis ikan air asin yang ada di lautan cukup digemari orang-orang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebab ikan hias tersebut telah dijadikan sebagai tokoh utama dalam film animasi hollywood. Adapun nama ikan hias dari air asin tersebut adalah Clownfish.

Clownfish merupakan ikan hias air asin yang tempat hidupnya berada di hampir seluruh negara termasuk Indonesia yang kondisi lautnya berair jernih dan dipenuhi terumbu karang. Biasanya ikan Clownfish akan menghuni tempat di sekitar laut Samudera Pasifik sampai dengan ke Samudera Hindia. Selain laut yang menjadi habitat hidupnya berair jernih dan ada terumbu karang perlu diketahui pula bahwa ikan Clownfish menghuni perairan laut yang bersuhu agak hangat atau tidak pula terlalu dingin.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/48/Amphiprion_percula_3d.jpg
Gambar: Ikan Clownfish atau yang disebut dengan nama ikan Badut

Terkenalnya ikan Clownfish sebagai ikan hias air asin yang telah banyak dibudidayakan dan dipelihara orang-orang mungkin dipengaruhi kehadiran film animasi hollywood yang berjudul “Finding Nemo” yang dirilis pada tahun 2003. Di film tersebut yang menjadi peran utamanya adalah ikan jenis Clownfish yang bernama latin Amphiprion percula. Sejak film tersebut tayang dan ditonton jutaan pasang mata di berbagai negara termasuk Indonesia membuat siapapun tertarik dengan ikan Clownfish. Apalagi nama ikan yang bertubuh mungil ini cukup banyak mulai dari ikan Badut, Kakure-kumanomi (penyebutan di Jepang), Klovnfisk (penyebutan di Denmark), ikan Giru, dan ikan Anemon.

Ciri fisik yang bisa dikenali pada ikan Clownfish adalah corak warna di tubuhnya hanya terdiri dari warna orange, putih, dan hitam. Ketiga corak warna tersebut membentuk pola seperti garis tebal melingkar secara vertikal mengelilingi tubuhnya. Warna yang mendominasi di tubuhnya hanyalah warna putih dan orange. Sedangkan warna hitam sifatnya hanya seperti garis tipis sebagai pembatas antara kedua warna lainnya. Ukuran fisik ikan Clownfish tergolong kecil yakni hanya sekitar 10 sampai 18 cm saja. Pada bagian bawah insangnya terdapat sirip kecil yang agak pendek dan polanya berbentuk oval. Di bagian bawah perutnya pun terdapat sirip yang agak lebar tapi ukurannya cukup pendek. Tampak pula dua sirip yang terputus di bagian atas tubuhnya.

Saat hidup di dalam laut lepas biasanya ikan Clownfish ini akan bersembunyi atau tidak berenang jauh dari terumbu karang yang ditumbuhi jenis tanaman air laut dan binatang yang rupanya mirip seperti rumput laut. Selain itu, ikan Clownfish akan membentuk kerjasama dengan binatang yang mirip tumbuhan laut yang bernama Anemon Laut. Kerjasama tersebut sifatnya saling melindungi dari mangsa yang mengintai ikan Clownfish dan Anemon Laut. Karenanya saat berenang ke dasar laut yang ada tumbuhan terumbu karang dan binatang Anemon Laut maka dengan mudah pula akan menemukan ikan Clownfish yang pasti ada di sekitarnya.

Memelihara ikan Clownfish di akuarium mungkin akan mengalami sedikit kerumitan karena air yang dipakai tentunya tidak boleh menggunakan air tawar. Biasanya untuk memperoleh air asin yang dibutuhkan dalam memelihara ikan Clownfish bisa membelinya di tempat Anda mencari ikan air asin ini. Selain itu, perlu juga menyediakan beberapa peralatan pendukung yang diletakkan pada akuariumnya seperti lampu, skimmer untuk menyaring kotoran, refugium untuk menyaring air agar tetap bersih, dan calcium reactor untuk menambah kadar kalsium di akuarium. Ikan Clownfish yang dipelihara dalam sebuah akuarium sebaiknya memelihara lebih dari dua ekor. Hal ini mengingat sifat ikan Clownfish bukanlah tipikal yang suka menyerang sesama kawannya ataupun ikan lain yang berada di dekatnya.

Adapun makanan ikan Clownfish bisa dengan memberikan pellet yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu harganya pun tergolong terjangkau mulai dari 20 ribuan sampai ratusan ribu yang disesuaikan dengan jenis, bentuk fisik, dan usia. Untuk itu, bila Anda ada keinginan memelihara ikan air asin mungkin dapat melirik ikan Clownfish. Sebab secara penampilan tak kalah menarik dari ikan hias jenis lainnya dan ikan Clownfish cukup mudah mencarinya di pasar ikan hias yang biasa menjual ikan hias air asin. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.ilmuhewan.com/teknik-dan-cara-budidaya-ikan-nemo-aatau-clownfish/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_giru
3. https://www.amazine.co/39150/wajib-tahu-14-fakta-menarik-tentang-ikan-badut-clownfish/

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/48/Amphiprion_percula_3d.jpg


Related Posts :