Rabu, 10 Mei 2017

Cornish Rex, Si Kucing yang Berbulu Keriting dari Inggris

Kalau ditanya tentang kucing hias yang bernama Cornish Rex mungkin belum banyak yang mengenalnya. Apalagi saat ditanya tentang ciri-cirinya yang paling mudah untuk dikenali. Mungkin juga hanya sedikit yang mengenal secara mendalam tentang kucing Cornish Rex yang mempunyai ciri khas bulu keriting. Untuk itu pada artikel ini sengaja ditulis mengenai kucing Cornish Rex yang keberadaannya berasal dari Inggris. Tujuannya agar kita semakin mengenal beragam jenis ras kucing hias yang masing-masing punya keunikannya tersendiri.

Ya, kucing Cornish Rex dikatakan sebagai kucing yang mempunyai bulu di hampir seluruh tubuhnya berbentuk keriting kecuali di bagian kepala dan wajahnya. Ukuran bulu kucing asal Inggris ini pun terbilang cukup pendek sehingga keriting yang terbentuk seperti gelombang. Selain itu ukuran tubuh kucing Cornish Rex tergolong sedang dan agak tegap seperti kucing ras lainnya. Saat kucing ini duduk terlihat agak menonjol bagian punggung belakangnya dan ekornya pun terlihat cukup panjang serta berbulu tipis. Melihat telinganya tampak berukuran lumayan besar dan lebar dibanding kucing biasanya dan matanya juga mempunyai ukuran yang besar dengan bentuk oval. Warna tubuh kucing Cornish Rex terdiri dari beberapa jenis warna seperti putih, tabby, hitam, cokelat, biru, krim, smoke, dan warna lainnya.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3b/CRX_cleopatra.jpg
Gambar: Kucing Cornish Rex

Sejarah ditemukannya kucing Cornish Rex sebagai kucing yang berbulu keriting terjadi di tahun 1950-an. Pada saat itu, ditemukannya seekor anak kucing yang lahir di area pertanian di daerah Cornwall, Inggris. Ciri anakan kucing yang diketemukan tersebut memiliki bulu yang amat pendek dan bulu-bulunya berbentuk keriting. Setelah anakan kucing tersebut menginjak usia dewasa maka dilakukan perkawinan dengan indukannya untuk melihat tipe anakan yang dihasilkan. Ternyata anakan kucing yang lahir juga mempunyai ciri bulu keriting mengikuti indukannya. Selanjutnya, dalam penyempurnaan gen maka anak kucing tadi dibawa pergi ke Amerika dengan mengkawinsilangkannya dengan ras kucing Siamese.

Adapun kucing Cornish Rex dikatakan mempunyai usia yang cukup panjang dibanding jenis ras lainnya. Jika kucing Cornish Rex mendapatkan perawatan baik semasa hidupnya maka usianya bisa mencapai 15 tahun. Selain itu, pernah ada salah satu ekor kucing Cornish Rex yang mencapai usia sekitar 33 tahun. Tentunya sangat jarang sekali ada kucing dari ras manapun yang mampu bertahan hidup selama itu. Nah, untuk karakter atau sifatnya bahwa kucing yang berbulu keriting ini terkenal periang dan mudah diajak bermain sama pemiliknya. Kucing ini juga tergolong mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan mencoba untuk menjelajahi tempat barunya tersebut sebagai rasa ingin tahu. Kemampuan lainnya dari kucing Cornish Rex adalah cukup mudah dilatih untuk mematuhi beberapa perintah dari pemiliknya seperti melompat, menangkap benda yang dilempar, dan lari.

Yup, demikianlah ulasan tentang kucing Cornish Rex yang secara ciri fisik mempunyai keunikan dari ras kucing lainnya. Tentunya bagi Anda yang tertarik dengan kucing berbulu keriting yang satu ini dapat mencarinya di cattery resmi yang ada di kota Anda dan jangan lupa memastikan bahwa kucing yang dibeli telah mendapatkan vaksin serta memiliki kelengkapan sertifikat yang jelas. Selain itu, melihat dari karakternya bahwa kucing Cornish Rex memang cocok dijadikan kucing peliharaan yang mudah jinak dan ramah dengan pemiliknya. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Cornish_Rex
2. http://kucinggue.blogspot.co.id/2013/02/mengenal-kucing-cornish-rex.html

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3b/CRX_cleopatra.jpg


Related Posts :