Selasa, 09 Mei 2017

Ikan Guppy, Si Ikan Kecil Air Tawar yang Cantik

Bila berbicara tentang ikan hias agaknya tidak hanya terkait dengan ikan Arwana ataupun ikan Koi yang sudah lama dikenal dan banyak yang memeliharanya. Sebab terdapat jenis ikan hias lainnya yang secara penampilan tak kalah menarik dengan adanya perpaduan warna yang beragam dan bentuk sirip yang lebar. Jenis ikan hias yang dibicarakan tersebut mungkin sudah banyak yang mengenalnya dengan ukuran badan yang kecil. Ya, nama ikan hias tersebut adalah ikan Guppy.

Ikan Guppy agaknya sudah lama dikenal sebagai ikan hias yang banyak dipelihara oleh orang-orang di berbagai negara termasuk Indonesia. Ciri khas dari ikan Guppy adalah ukuran fisiknya yang cukup kecil atau seukuran dengan ikan Cupang. Selain itu jenisnya sekarang ini telah mencapai puluhan yang dihasilkan dari kawin silang untuk mendapatkan jenis baru yang tidak dimiliki oleh indukkan atau jenis lainnya. Adapun jenis-jenis ikan Guppy yang cukup populer di antaranya ikan Guppy Green Red Dragon, Blue Moscow, Black Moscow, Guppy Mozaic, Japan Blue, Full Black Thailand, dan banyak lagi yang tidak mungkin dituliskan pada artikel ini.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/df/Guppy_male_moscow.jpg
Gambar: Ikan Guppy

Ciri fisik yang tampak pada ikan Guppy secara umum adalah ukuran badannya yang tergolong kecil. Panjang tubuhnya tak lebih dari 10 cm mulai dari pangkal moncong hingga ujung ekornya. Pada bagian badan sampai dengan pangkal ekornya ditutupi sisik yang tampak jelas bagi ikan dengan silver ataupun putih. Sirip ikan Guppy berukuran cukup panjang menjuntai di bagian dekat insangnya. Selain itu terdapat satu sirip yang ukurannya juga tak kalah panjang dan lebar di bagian atas tubuhnya. Ekornya pun terlihat sangat lebar dan panjangnya sama dengan sirip di bagian atas tubuhnya. Warna tubuh ikan Guppy terdiri dari beberapa macam seperti merah, putih, silver, biru, kuning, dan hitam. Masing-masing jenisnya ada yang mempunyai lebih dari satu warna dan ada juga hanya terdapat satu warna saja. Begitu juga dengan corak yang tampak menghiasi tubuh ikan Guppy pun cukup beragam mulai dari loreng, bintik-bintik hitam, garis horizontal disepanjang tubuh, dan garis-garis pendek yang ada di bagian ekor dan badannya.

Sifat ikan Guppy dikenal sebagai ikan koloni yang hidup bergerombol dalam jumlah banyak. Ikan kecil ini pun tidak suka saling mengganggu dengan sesama jenisnya maupun ikan kecil lainnya yang satu tempat dengannya. Untuk itu ikan Guppy biasanya dipelihara lebih dari dua ekor dalam satu akuarium. Dalam perawatannya yang penting menyediakan penyaring air dan Aerator untuk menghasilkan oksigen di dalam air. Makanan yang biasa disantap ikan Guppy pun cukup beragam mulai dari pelet, cacing tanah, dan cacing merah beku yang berukuran kecil.

Sebagai ikan hias bertubuh kecil yang banyak dipelihara orang-orang membuat harga ikan Guppy di pasaran pun bermacam-macam. Adapun harga ikan Guppy yang paling murah di tiap ekornya sekitar 2000-an dan termahal dapat menyentuh ratusan ribu rupiah. Semakin mahalnya ikan Guppy biasanya dipengaruhi oleh jenis, corak warna, dan usianya. Untuk itu bagi Anda yang tertarik dengan penampilan ikan Guppy yang sangat cantik agaknya tidak perlu berpikir panjang untuk membelinya di pasar ikan hias. Sebab selain fisiknya yang memang tidak diragukan lagi kecantikannya bahwa harganya pun tergolong terjangkau. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.suherlin.com/ikan-guppy/
2. http://carabudidayaikanlelenilamujair.blogspot.com/2015/09/cara-memelihara-ikan-guppy-si-ikan-hias.html

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/df/Guppy_male_moscow.jpg


Related Posts :