Selasa, 02 Mei 2017

Inilah 10 Sarkofagus Paling Misterius yang Pernah Ditemukan Manusia (Bagian 1)

Apakah Anda sudah mengetahui tentang Sarkofagus? Jika belum, sudah tepat Anda membaca artikel yang satu ini. Pasalnya, bukan hanya pengetahuan secara umum dari Sarkofagus saja diberikan, tetapi Anda akan mengenal 10 Sarkofagus misterius yang pernah ditemukan di dunia. Sudah penasaran, bukan? Jika begitu, silakan simak informasi di bawah ini.

Perlu Anda ketahui bahwa Sarkofagus berasal dari bahasa Yunani yang berarti “pemakan daging’. Ungkapan pemakan tersebut memang sangat tepat karena fungsi utama dari Sarkofagus itu sendiri adalah peti mati atau tempat menyimpan mayat, baik mayat manusia atau hewan. Bukan sembarangan peti mati karena terbuat dari batu yang dipahat dan diukir oleh manusia-manusia pada zaman tersebut. Beberapa Sarkofagus yang terkenal dan berhasil ditemukan, antara lain pada zaman Mesir kuno, zaman Helenistik, dan di zaman kekaisaran Romawi. Bahkan, penggunaannya terus dipertahankan hingga di era Kristen.

Sarkofagus merupakan peti mati yang khusus diperuntukkan bagi raja, kaisar, dan orang penting di zaman kuno. Selanjutnya, Sarkofagus masih dipakai oleh orang-orang kaya di zaman berikutnya. Pada bagian permukaannya, dipahat dan diukir berbagai gambar yang berkaitan dengan harapan, impian, maupun ketakutan dari orang yang meninggal serta dimasukkan ke dalam Sarkofagus tersebut. Gambar yang terukir juga berbeda sesuai budaya masing-masing zaman dan bangsa.

Lalu, Sarkofagus seperti apa yang termasuk misterius dan pernah ditemukan? Berikut informasi 10 Sarkofagus tersebut selengkapnya.

Flesh Eating Sarcophagi
Sarkofagus yang satu ini ditemukan di reruntuhan kota kuno Turki, Assos. Disebut Sarkofagus pemakan daging karena mayat manusia yang dimasukkan ke dalamnya dapat menghancurkan tubuhnya dalam waktu 40 hari saja. Padahal tubuh manusia yang telah mati akan membusuk hingga hancur secara alami dalam rentang waktu 50 hingga 200 tahun. Para peneliti menemukan Sarkofagus Assos ini terbuat dari batuan Andesit. Namun demikian, belum diketahui apakah jenis batu tersebut yang membuat proses dekomposisi lebih cepat atau tidak. Peneliti pun menyimpulkan bahwa adanya kandungan aluminium yang mungkin menjadi penyebabnya.

assos-necropolis
Gambar 1. Flesh Eating Sarcophagi

Mystery Pharaoh of Tomb KV55
Pada tahun 1907, sebuah tim arkeolog menemukan Sarkofagus misterius di posisi Tomb KV55 atau di Lembah Para Raja, Mesir. Hingga sekarang, identitas penghuni di Sarkofagus masih misteri. Peneliti yang masuk di dalam kuburannya menemukan beberapa peninggalan, seperti empat guci kanopik, kuil berlapis emas, furniture, dan tentunya sebuah Sarkofagus tunggal. Pada saat ditemukan, Sarkofagus itu telah cacat karena di bagian topeng sudah dirobek. Beberapa peneliti menyatakan pemilik Sarkofagus itu adalah Ratu Tiye. Ada juga yang berpendapat milik Raja Smenkhkare. Namun, teori mengatakan bahwa kuburan yang ditemukan itu merupakan peristirahatan terakhir Akhenaten.

mystery-pharaoh
Gambar 2. Mystery Pharaoh of Tomb KV55


Child Star Sarcophagus
Pada tahun 1888, British Museum mendatangkan Sarkofagus yang berisi seorang anak yang diketahui seorang bintang. Dia bernama Tjayasetimu yang berusia 7 tahun dan merupakan anggota paduan suara kerajaan Mesir Kuno. Dia memiliki tinggi sekitar 122 cm, dibungkus perban yang sudah dicat, serta wajahnya ditutupi kerudung dan masker emas sebelum penguburan. Peneliti dari museum memperkirakan penyanyi kecil itu meninggal karena penyakit Kolera. Sementara itu, tubuh Tjayasetimu dimasukkan ke dalam Sarkofagus yang terlalu kecil. Hal ini menunjukkan proses penguburan yang terburu-buru.

tjayasetimu
Gambar 3. Child Star Sarcophagus

3000 Year Old Fingerprints]
Pada tahun 2005, peneliti di museum Fitzwilliam, Cambridge menemukan sidik jari kuno di sebuah tutup Sarkofagus yang diperkirakan berusia 3000 tahun. Peneliti percaya sidik jari tersebut milik pembuat Sarkofagus tersebut yang memegang tutupnya sebelum lapisan pernis mengering. Sementara itu, Sarkofagus yang ditemukan merupakan milik seorang pendeta Mesir Kuno yang diketahui sekitar 923 SM.

sarcophagus-fingerprints
Gambar 4. 3000 Year Old Fingerprints

Inconnenient Sarcophagus
Pada tahun 2015, Antiquities Authority Iserael melaporkan telah memiliki sebuah Sarkofagus yang diperkirakan berusia sekitar 1800 tahun. Sarkofagus tersebut berukuran 2,4 meter yang berdesain di penutupnya bergambar kepala Gorgon, itik, kepala banteng, karangan bunga, dan gambar seorang pemuda. Pemuda pada gambar itu dipercaya sebagai pemilik peti mati tersebut. Pemuda berlengan pendek, memakai kemeja bordiran, serta memiliki rambut keriting. Menurut pihak otoritas, Sarkofagus tersebut salah satu yang paling langka pernah ditemukan di Israel.

hidden-ashkelon-sarcophagus
Gambar 5. Inconnenient Sarcophagus

Itulah kelima Sarkofagus yang misterinya masih belum terpecahkan hingga sekarang. Masih ada lima Sarkofagus lagi yang perlu Anda ketahui informasinya. Oleh karena itu, silakan membaca kelanjutan tulisan ini.

Oleh: Arifin Totok
(Kirim pesan ke penulis

Referensi tulisan :
http://listverse.com/2017/01/14/10-secrets-of-the-sarcophagi/

Sumber gambar:
  1. http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2017/01/Assos-Necropolis.jpg
  2. http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2017/01/Mystery-Pharaoh.jpg
  3. http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2017/01/Tjayasetimu.jpg
  4. http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2017/01/Sarcophagus-Fingerprints.jpg
  5. http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2017/01/Hidden-Ashkelon-Sarcophagus.jpg


Related Posts :