Selasa, 02 Mei 2017

Inilah 10 Sarkofagus Paling Misterius yang Pernah Ditemukan Manusia (Bagian 2) - Habis

Pada bagian 2 ini, masih ada lima Sarkofagus misterius yang berhasil ditemukan manusia. Beberapa Sarkofagus tersebut memang masih dalam selimut misteri. Hal itu dikarenakan sosok mayat, kerangka, atau mumi yang berada di dalam Sarkofagus itu masih menjadi tanda tanya besar. Selain itu, Sarkofagus atau peti mati tempat penemuan mayat atau kerangka manusia beserta pernak-perniknya juga masih menjadi misteri. Penemuan Sarkofagus misteri tersebut ditemukan di berbagai pelosok dunia. Dengan kenyataan seperti itu, para ahli bisa mempelajari dan diharapkan bisa memecahkan misterinya. Secara umum, penemuan Sarkofagus-Sarkofagus tersebut semakin membuka sejarah peradaban manusia pada zaman dulu.. Peradaban yang melahirkan generasi-generasi manusia yang hidup dan berkembang hingga sekarang.

Lalu, apa saja lima Sarkofagus misteri berikutnya yang berhasil ditemukan? Agar Anda tidak semakin penasaran, silakan membaca uraian di bawah ini.

Silk Road Sarcophagus
Pada tahun 1999, tim arkeolog menemukan sebuah Sarkofagus marmer putih yang diketahui sebagai perwujudan interaksi lintas budaya di sepanjang Jalur Sutra. Sarkofagus tersebut ditemukan di provinsi Shanxi, Tiongkok yang merupakan milik Yu Hong dan istrinya. Mereka dimakamkan sekitar tahun 592 hingga 598. Sarkofagus yang ditemukan menyerupai sebuah rumah khas Cina yang beratap. Terdapat panel seberat 4200 kilogram. Diketahui bahwa Yu Hong merupakan seorang diplomat Asia di abad keenam.

silk-road-sarcophagus
Gambar 1. Silk Road Sarcophagus

Tabnit Sarcophagus
Pada tahun 1887, seorang menteri dari Amerika Serikat menemukan sebuah Sarkofagus yang menurutnya dianggap sebagai salah satu artefak yang paling menarik dari budaya Fenisia yang misterius. Sarkofagus itu milik Tabnit, yaitu seorang imam dari Astarte dan penguasa Sidon di abad kelima SM. Isi Sarkofagus berminyak dan terdapat cairan berwarna cokelat yang digunakan untuk mengawetkan tubuh Tabnit. Beberapa organ tubuh, seperti bibir, hidung, dan tenggorokan telah membusuk. Penelitian mengungkapkan bahwa Tabnit meninggal dunia pada usia sekitar 50 tahun disebabkan penyakit cacar.

tabnit-sarcophagus
Gambar 2. Tabnit Sarcophagus

High Priest Hieroglyphics
Pada tahun 2015, tim arkeolog menemukan sebuah Sarkofagus seorang pendeta tingga Amn Ra dengan tanda huruf hieroglif suci. Sarkofagus itu digali di tepi barat Luxor dengan tertanda dinasti 22 atau sekitar tahun 943 – 716 SM. Nama jenazahnya adalah Ankh-f-n-Khonsu. Di depan Sarkofagus yang ditemukan, dia digambarkan mengenakan mahkota bunga dan pita, kalung, serta wig dengan janggut palsu. Dia hidup pada masa pemerintahan Firaun Amenhotep III pada tahun 1391 – 1353 SM.

ankh-f-n-khonsu
Gambar 3. High Priest Hieroglyphics

Untouched Etruscan Sarcophagus
Pada tahun 2015, tim arkeolog dari Italia menggali sebuah akam tak tersentuh dan menemukan dua Sarkofagus. Kedua Sarkofagus itu seakan menjelaskan peradaban Etruscan yang masih misterius. Sarkofagus pertama terbuat dari alabaster dan marmer yang berisi kerangka seorang pria yang bernama Lars seperti yang diketahui dari identitas prasasti yang ditemukan. Sementara itu, Sarkofagus kedua terbuat dari plester yang dicat.

etruscan-tomb-artifact
Gambar 4. Untouched Etruscan Sarcophagus

Mystery of The Bearded Man
Sebuah gambar mumi melekat pada sebuah Sarkofagus Romawi-Mesir telah membuat penasaran para arkeolog. Tertanda tahun 170 dan 180, penggambarannya terlepas dari Sarkofagus yang ditemukan, tetapi identitasnya masih menjadi misteri. Beberapa literatur mencatat bahwa dia muncul di wilayah Bizantium. Peneliti berharap dengan menganalisis pigmen di Sarkofagus dapat mengetahui lebih dekat dengan identitas misteri tersebut.

bearded-man
Gambar 5. Mystery of The Bearded Man

Itulah kelima Sarkofagus misteri yang sangat menarik sejarahnya. Secara keseluruhan, ada sepuluh Sarkofagus misteri yang diinformasikan pada tulisan ini. Tidak menutup kemungkinan di kemudian hari ditemukan lagi Sarkofagus yang masih belum terungkap cerita dan sejarahnya.

Oleh: Arifin Totok
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan :
http://listverse.com/2017/01/14/10-secrets-of-the-sarcophagi/

Sumber gambar:
  1. http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2017/01/Silk-Road-Sarcophagus.jpg
  2. http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2017/01/Tabnit-Sarcophagus.jpg
  3. http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2017/01/Ankh-f-n-khonsu.jpg
  4. http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2017/01/Etruscan-Tomb-Artifact.jpg
  5. http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2017/01/Bearded-Man.jpg


Related Posts :