Kamis, 04 Mei 2017

Mengenal Keanggunan Ikan Cupang

Ikan Cupang salah satu jenis ikan hias yang sudah lama sekali dikenal oleh masyarakat kita karena memiliki corak warna yang indah dan bentuk sirip yang unik. Keterkenalan ikan Cupang tidak hanya bagi masyarakat di negeri kita saja melainkan sudah merambah ke berbagai negara Asia lainnya. Keindahan warna dan bentuk sirip yang dimiliki oleh ikan Cupang sering dijadikan sebagai ikan hias yang diletakkan pada akuarium kecil maupun sedang. Selain itu, ikan Cupang mempunyai karakter yang cukup garang terhadap ikan lain yang ada di hadapannya. Karenanya orang-orang pun banyak pula yang menjadikan ikan Cupang sebagai ikan laga.

Ketenaran ikan Cupang yang merambah ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara karena habitat hidupnya berada di situ. Di alam bebas, ikan Cupang biasanya menghuni tempat-tempat yang berisikan air tawar berarus tenang seperti danau, rawa, area persawahan, kubangan air yang jernih, dan tempat lainnya. Selain hidup alam liar, ikan Cupang juga telah banyak dibudidayakan orang-orang karena bernilai ekonomi tinggi yang diperdagangkan di pasar ikan hias dengan harga mulai puluhan ribu sampai jutaan untuk tiap ekornya.


Gambar: Ikan Cupang

Ciri ikan Cupang yang paling mudah dikenali dengan melihat ukuran tubuhnya sekitar 10 cm saja. Sirip ikan Cupang umumnya berukuran agak panjang terutama di bagian dekat insangnya yang dapat mencapai 2 cm. Terdapat juga sirip lainnya di bagian atas dan bawah tubuhnya yang bentuknya lebar dan panjang. Sama halnya pula dengan ekornya yang tampak lebar dan panjang. Karenanya saat berenang dan terkena oksigen di akuarium maka semua sirip dan ekornya seperti melambai ke kanan dan kiri. Warna ikan Cupang terbilang cukup banyak yang disesuaikan dari masing-masing jenisnya mulai dari merah, biru, putih, jingga, kuning, dan hitam. Pada bagian tubuhnya tampak berwarna kekilatan yang tampak menyelimuti semua area sisiknya.

Jenis ikan Cupang yang ada saat ini tergolong lumayan banyak yang tercipta dari hasil perkawinan silang antar jenisnya. Tujuan pengkawinan silang ini agar terdapat jenis ikan Cupang baru yang secara fisik dan warna berbeda dari yang sudah lama ada. Adapun jenis ikan Cupang yang cukup terkenal terdiri dari Plakat Harfmoon, Crown Tail, Halfmoon, Double Tail, dan Giant Betta. Harga ikan Cupang di pasaran berbeda untuk tiap jenisnya yang dilihat dari bentuk fisik, sirip, dan warna tubuhnya. Semakin indah perawakan fisik ikan Cupang maka harganya pun sudah tidak lagi di kisaran puluhan ribu melainkan bisa mencapai ratusan bahkan jutaan rupiah.

Sewaktu memelihara ikan Cupang dalam sebuah akuarium sebenarnya tidak terlalu diperlukan alat penghasil oksigen atau yang disebut Aerator. Yang terpenting hanya membersihkan air nya agar terlihat jernih dan bisa menambahkan hiasan akuarium seperti bebatuan kecil berwarna putih susu. Memelihara ikan Cupang tidak juga harus diletakkan pada akuarium yang berukuran sangat besar sebab tempat kaca yang sebesar toples pun bisa dijadikan wadah dalam merawatnya. Selain itu, pakan ikan Cupang bisa apa saja seperti nyamuk, jentik-jentik, pelet ikan, ataupun cacing merah beku.

Dalam memelihara ikan Cupang yang perlu diperhatikan agar jangan menyatukan dua ikan dalam satu tempat. Hal ini bisa membuat mereka saling bertarung satu sama lainnya sampai ada yang kalah dengan pergi meninggalkan lawannya. Untuk itu pada akuarium atau wadah kaca yang dijadikan tempat hidupnya hanya boleh diisi satu ekor saja. Dan yang penting disimak juga agar tidak perlu sampai melagakan ikan Cupang yang karakternya memang mudah terpancing untuk berkelahi. Sebab hal tersebut dapat melukai fisiknya dan bahkan membuat tampilannya tidak lagi enak dilihat. Karenanya dalam memelihara ikan Cupang memang ditujukan untuk menikmati anggunnya gerakan tubuh saat berenang dan melihat indahnya warna dan corak siripnya yang tidak dimiliki oleh ikan kecil jenis lainnya. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://regional.kompas.com/read/2017/02/24/13044391/ikan.cupang.si.cantik.yang.gemar.bertarung.hingga.basmi.jentik
2. http://infosiana.net/jenis-jenis-harga-foto-ikan-cupang-cupan-hias-aduan-laga-termahal-di-dunia/

Sumber Gambar:
https://static.pexels.com/photos/314960/pexels-photo-314960.jpeg


Related Posts :